BAHASA INGGRIS XII RPP21
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 21
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
INDIKATOR | Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan Mampu menjawab pertanyaan terkait teks dialog antara Frances, Ricky, dan Mum Mampu mengidentifikasi ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya Mampu mengidentifikasi ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks rumpang, teks lisan, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait tentang a world with no animals Teks tertulis dan lisan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum Teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya, daftar pertanyaan |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang pelestarian hewan di Indonesia Siswa berdiskusi tentang penyebab kepunahan hewan langka |
INTI | Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait Siswa mendengarkan teks lisan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum dan menjawab pertanyaan terkait Siswa mendengarkan pembacaan teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan mengidentifikasi ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting Siswa mendengarkan pembacaan teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan mengidentifikasi ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa melakukan dialog dengan menggunakan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting, planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 109, 110, 111, 121, 122, 127, 128, 129, 130 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
Observasi Kinerja / Demonstrasi | ||
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog Pertanyaan tentang ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting, planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dalam teks lisan | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah, Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian,Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan, Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Pertanyaan tentang ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting, planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dalam teks lisan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment