BAHASA INGGRIS XII RPP32
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 32
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review | |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan | |
INDIKATOR | Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang sources of power Mampu mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan ‘method’ dari dialog lisan antara Mr Johns, Budi, dan Andria | |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks rumpang, teks lisan tentang sources of power, pilihan jawaban, daftar pertanyaan Teks lisan dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’ Budi: What do they do with the hydro-electric and geothermal power? Andria: They make electricity from hydro-electric power by using water to turn the blades of turbines. Geothermal power produces electricity by using steam to turn the turbine blades. Etc. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang sumber-sumber energi Siswa berdiskusi tentang sumber energi alternatif |
INTI | Siswa mendengarkan teks lisan tentang sources of power seraya melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia, kemudian menjawab pertanyaan terkait Siswa mendengarkan teks dialog lisan antara Mr Johns, Budi, dan Andria dan mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan ‘method’ |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membuat dan menyampaikan kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan ‘method’ Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 171, 172, 173, 182, 183 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
Observasi Kinerja / Demonstrasi | ||
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan ‘method’ | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan ‘method’ | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment