BAHASA INGGRIS XII RPP22
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 22
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan tentang hewan secara lisan Mampu menjawab pertanyaan dan menyatakan pendapat tentang laut Mampu mempraktekkan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum Mampu mempraktekkan ungkapan persuading, preventing, criticizing, expressing hope, giving support dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya Mampu mempraktekkan ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya Mampu menceritakan kembali secara lisan isi / garis besar teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar pertanyaan · What types of animals can you find in the area where you live? · What do you think life would be like without animals? Daftar pertanyaan · How many times have you been to a beach? · How many species of animals do you think live in the sea? · Do you think fish are safer in the sea, or in a public aquarium? Instruksi, teks tertulis dialog Frances: There aren’t any monsters in the forest, silly. They’re only in the programmes you watch on TV. Mum: Hey, you two. I’ve warned you about arguing with each other. Why can’t you just get on with each others like normal brothers and sisters? Ricky: Sorry, mum. It’s not me, it’s Franny. She started it. Etc. Teks tertulis narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya Teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang kehidupan bawah laut Siswa berdiskusi tentang penyebab kerusakan terumbu karang |
INTI | Siswa menjawab pertanyaan tentang hewan secara lisan Siswa menjawab pertanyaan dan menyatakan pendapat tentang laut Siswa membaca instruksi dan mempraktekkan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum Siswa membaca dan mempraktekkan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting dari teks lisan narrative Siswa membaca dan mempraktekkan ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dari teks lisan narrative Siswa mendengarkan pembacaan / membaca teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan menceritakan kembali isinya |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membuat dialog dan mempraktekkan di depan kelas dengan menggunakan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting, planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 109, 114, 121, 127, 128, 129, 130, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang pelestarian laut dan keanekaragaman satwa Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah, Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian, Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis,Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang pelestarian laut dan keanekaragaman satwa | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog tidak lengkap / buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog tidak lengkap / buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment