BAHASA INGGRIS XII RPP27
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 27
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis tentang industri tekstil di Indonesia dan Inggris Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang customer sevice industries Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis tentang call centre staff named Gunjan Mampu menjodohkan frase untuk menyusun kalimat yang menyatakan reason dan purpose Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang produk dari The Royal Doulton Company Mampu menyusun huruf-huruf acak menjadi serangkaian kata |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tertulis tentang industri tekstil di Indonesia dan Inggris, daftar pertanyaan Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan tentang customer sevice industries Teks tertulis tentang call centre staff named Gunjan, daftar pertanyaan Teks penjelasan, contoh tentang cara menyatakan reason dan purpose, tabel frase Teks tertulis tentang produk dari The Royal Doulton Company, daftar pertanyaan Instruksi, huruf-huruf acak Rearrange the letters in the following sentence to find out where Royal Doulton makes its products. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang perkembangan industri garmen di Indonesia Siswa berdiskusi tentang customer service industries |
INTI | Siswa membaca teks tertulis tentang industri tekstil di Indonesia dan Inggris dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia kemudian menjawab pertanyaan terkait teks Siswa membaca teks tertulis tentang call centre staff named Gunjan dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca teks penjelasan dan contoh tentang cara menyatakan reason dan purpose dan menjodohkan frase dalam tabel dengan pasangan yang tepat Siswa membaca teks tentang produk dari The Royal Doulton Company dan menjawab pertanyaan terkait Siswa menyusun huruf-huruf acak menjadi serangkaian kata |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa berdiskusi tentang skills dan qualities yang harus dimiliki call centre staff Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 136, 137, 138, 139, 140, 141, 142, 144, 145, 146, 147 |
Material: VCD, kaset, poster | | ||
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia Paragraf-paragraf acak untuk diurutkan Menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi ungkapan yang menyatakan reason dan purpose | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Paragraf-paragraf acak untuk diurutkan | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi ungkapan yang menyatakan reason dan purpose | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment