17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 26



BAHASA INGGRIS XII RPP26
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 26


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut
Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang industri dan produknya
Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang Customer Service
Mampu mempraktekkan dialog antara Tony dan Desi yang mengandung ungkapan reason dan purpose
Mampu mempraktekkan dialog antara Paul dan customer yang mengandung ‘phonetic alphabet’
Mampu mengeja kata-kata dengan menggunakan ‘phonetic alphabet’
Mampu menguji pemahaman satu sama lain untuk mengeja kata-kata sendiri menggunakan ‘phonetic alphabet’
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan
·         Do you live in an agricultural or industrial area?
·         What type of products do you buy?
·         Etc.
Daftar pertanyaan
·         Do you know if many Indonesian companies have Customer Service department that people can phone for help and advice?
·         Have you ever phoned a company’s Customer Service department?
·         Etc.
Teks tulis dialog antara Tony dan Desi
Teks dialog antara Paul dan customer
B: Yes, I am. I’d like a Prince William Plate, code L-I-M-C-O-M-1-4-0-2-8 and a Queen Elizabeth Coronation figure, code 1-4-0-2-7-A.
A: OK, madam. Let me just repeat that. You want a Prince William Plate, code Lima, India, Mike, Charlie, Oscar, Mike, one, four, zero, two, eight. And you also want a Queen Elizabeth figure code one, four, sero, two, seven, Alpha. Have I got that right?
Etc.
Tabel daftar phonetic alphabet, daftar kata-kata
Instruksi
Now, test your partner’s understanding of the phonetic alphabet by spelling some words of your own


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang pendapat mereka tentang perkembangan industri di Indonesia
Siswa berdiskusi tentang reason dan purpose perusahaan asing menanamkan modal di Indonesia
INTI
Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang industri dan produknya
Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang Customer Service
Siswa mempraktekkan dialog antara Tony dan Desi yang mengandung ungkapan reason dan purpose
Siswa mempraktekkan dialog antara Paul dan customer yang mengandung ‘phonetic alphabet’
Siswa mengeja kata-kata dengan menggunakan ‘phonetic alphabet’
Siswa secara bergantian menguji pemahaman satu sama lain untuk mengeja kata-kata sendiri menggunakan ‘phonetic alphabet’
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membuat dan mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan reason dan purpose
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 133, 138, 143, 146, 147
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang industri
Isian singkat tentang phonetic alphabet
Pertanyaan tentang ungkapan reason dan purpose
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan reason dan purpose
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ‘phonetic alphabet’
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah, Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian, Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang industri
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Isian singkat tentang phonetic alphabet
Jawaban benar
Jawaban salah / Tidak menjawab
1
0
Pertanyaan tentang ungkapan reason dan purpose
Jawaban benar
Jawaban salah / Tidak menjawab
1
0
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan reason dan purpose
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog tidak lengkap
8-10
6-7

4-5
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ‘phonetic alphabet’
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7

4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: