BAHASA INGGRIS XII RPP35
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 35
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu membuat dan menuliskan kalimat-kalimat tentang produk-produk yang dibuat dari minyak mentah berdasarkan informasi dari teks dan diagram Mampu menulis paragraf sederhana yang menggambarkan cara menghasilkan listrik dengan energi geotermal Mampu membuat dan menuliskan lima kalimat yang menunjukkan beragam aktivitas harian orang-orang |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks, diagram, instruksi Now, make up some sentences of your own about products that are made from crude oil. Write your sentences on the lines below. Teks informasi, contoh, instruksi Now using ideas from the paragraph above and the words below, write a simple paragraph which describes how to make electricity with geothermal power. Instruksi Now, make up five sentences of your own which show how people can do different everyday activities. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang produk-produk yang dihasilkan dari minyak Siswa berdiskusi tentang cara membuat / menghasilkan sesuatu |
INTI | Siswa membuat dan menuliskan kalimat-kalimat tentang produk-produk yang dibuat dari minyak mentah berdasarkan informasi dari teks dan diagram Siswa membuat dan menuliskan paragraf sederhana yang menggambarkan cara menghasilkan listrik dengan energi geotermal berdasarkan informasi yang ada Siswa membuat dan menuliskan lima kalimat yang menunjukkan beragam aktivitas harian orang-orang |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa menulis dan menyampaikan cara membuat sesuatu di depan kelas Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 175, 176, 183, 184 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Teks informasi tentang cara menghasilkan sesuatu sebagai bahan untuk menulis ulang dengan versi siswa sendiri Instruksi dan outline untuk menulis satu paragraf sederhana tentang cara membuat sesuatu Gambar / poster untuk dibuat kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan method untuk menghasilkan / melakukan sesuatu | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Teks informasi tentang cara menghasilkan sesuatu sebagai bahan untuk menulis ulang dengan versi siswa sendiri | Tulisan sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Tulisan tidak lengkap | 8-10 6-7 4-5 |
Instruksi dan outline untuk menulis satu paragraf sederhana tentang cara membuat sesuatu | Paragraf sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Paragraf tidak sesuai outline | 8-10 6-7 4-5 |
Gambar / poster untuk dibuat kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan method untuk menghasilkan / melakukan sesuatu | Kalimat sesuai gambar, kaidah kebahasaan sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Kalimat tidak sesuai gambar | 2 1 ½ |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment