Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 35



BAHASA INGGRIS XII RPP35
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 35


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu membuat dan menuliskan kalimat-kalimat tentang produk-produk yang dibuat dari minyak mentah berdasarkan informasi dari teks dan diagram
Mampu menulis paragraf sederhana yang menggambarkan cara menghasilkan listrik dengan energi geotermal
Mampu membuat dan menuliskan lima kalimat yang menunjukkan beragam aktivitas harian orang-orang
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks, diagram, instruksi
Now, make up some sentences of your own about products that are made from crude oil. Write your sentences on the lines below.
Teks informasi, contoh, instruksi
Now using ideas from the paragraph above and the words below, write a simple paragraph which describes how to make electricity with geothermal power.
Instruksi
Now, make up five sentences of your own which show how people can do different everyday activities.



KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang produk-produk yang dihasilkan dari minyak
Siswa berdiskusi tentang cara membuat / menghasilkan sesuatu
INTI
Siswa membuat dan menuliskan kalimat-kalimat tentang produk-produk yang dibuat dari minyak mentah berdasarkan informasi dari teks dan diagram
Siswa membuat dan menuliskan paragraf sederhana yang menggambarkan cara menghasilkan listrik dengan energi geotermal berdasarkan informasi yang ada
Siswa membuat dan menuliskan lima kalimat yang menunjukkan beragam aktivitas harian orang-orang
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa menulis dan menyampaikan cara membuat sesuatu di depan kelas
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 175, 176, 183, 184
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks informasi tentang cara menghasilkan sesuatu sebagai bahan untuk menulis ulang dengan versi siswa sendiri
Instruksi dan outline untuk menulis satu paragraf sederhana tentang cara membuat sesuatu
Gambar / poster untuk dibuat kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan method untuk menghasilkan / melakukan sesuatu
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks informasi tentang cara menghasilkan sesuatu sebagai bahan untuk menulis ulang dengan versi siswa sendiri
Tulisan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Tulisan tidak lengkap
8-10
6-7
4-5
Instruksi dan outline untuk menulis satu paragraf sederhana tentang cara membuat sesuatu

Paragraf sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Paragraf tidak sesuai outline
8-10
6-7
4-5
Gambar / poster untuk dibuat kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan method untuk menghasilkan / melakukan sesuatu
Kalimat sesuai gambar, kaidah kebahasaan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Kalimat tidak sesuai gambar
2
1
½

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: