BAHASA INGGRIS XII RPP30
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 30
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang Kim Phuc sebagai Goodwill Ambassador UNESCO Mampu melengkapi teks narrative rumpang tentang Kim Phuc Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang gempa bumi di kota Bam Iran Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tulis pendek tentang International Rescue Team (IRC) Mampu menjodohkan logo dengan deskripsi yang tepat Mampu menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menyatakan urutan Mampu melengkapi isian singkat tentang menyatakan urutan Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang International Rescue yang mengandung pernyataan contrast Mampu melengkapi isian singkat tentang cara menyatakan contrast Mampu menjawab pertanyaan terkait teks review tentang Thunderbirds |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tentang Kim Phuc sebagai Goodwill Ambassador UNESCO, daftar pertanyaan Teks narrative rumpang tentang Kim Phuc, pilihan jawaban Teks rumpang tentang gempa bumi di kota Bam Iran, pilihan jawaban, daftar pertanyaan Teks tulis pendek dan daftar pertanyaan tentang International Rescue Team (IRC) Instruksi, logo, deskripsi Match the following logos with the descriptions Instruksi, soal Match the phrases on the left with phrases on the right. Teks penjelasan untuk menyatakan urutan, isian singkat · The soldiers had lived at home with their families ..... the war started. · Ida has to study really hard .... she can become a doctor. · Etc. Teks tertulis pendek tentang International Rescue yang mengandung pernyataan contrast, daftar pertanyaan In spite of the fact that the world is still not at peace, arich man called Jeff Tracy decided to set up International Rescue.... Although it only started operations two years ago in 1065, International rescue has already carried out more than thirty daring rescues. Etc. Teks penjelasan tentang cara menyatakan contrast, isian singkat · They managed to get lost, ..... they had a map. · ..... the weather, they still decided to go. · Etc. Teks review tentang Thunderbirds, daftar pertanyaan |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang tugas-tugas badan PBB UNESCO Siswa berdiskusi tentang tugas-tugas PMI |
INTI | Siswa membaca teks tentang Kim Phuc sebagai Goodwill Ambassador UNESCO dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca dan melengkapi teks narrative rumpang tentang Kim Phuc dengan pilihan jawaban yang tersedia Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang tentang gempa bumi di kota Bam Iran dengan pilihan jawaban yang tersedia dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca teks tulis pendek tentang International Rescue Team (IRC) dan menjawab pertanyaan terkait Siswa menjodohkan logo dengan deskripsi yang tepat Siswa menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menyatakan urutan Siswa membaca teks penjelasan untuk menyatakan urutan dan melengkapi isian singkat Siswa membaca teks tertulis pendek tentang International Rescue yang mengandung pernyataan contrast dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca teks penjelasan tentang cara menyatakan contrast dan melengkapi isian singkat Siswa membaca teks review tentang Thunderbirds dan menjawab pertanyaan terkait |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membuat kalimat dengan menggunakan ungkapan yang menyatakan contrast Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 151, 152, 153, 154, 155, 156, 157, 158, 161, 162, 163, 164, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek / narrative Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia Isian singkat tentang ungkapan yang menyatakan contrast Daftar pertanyaan terkait teks review | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis,Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek / narrative | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / Jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Isian singkat tentang ungkapan yang menyatakan contrast | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Daftar pertanyaan terkait teks review | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / Jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment