BAHASA INGGRIS XII RPP23
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 23
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks tertulis tentang orang-utan Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban yang tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang coral reefs Mampu menyusun kata-kata acak menjadi kalimat terkait teks tertulis pendek tentang benefits of coral reefs Mampu menjodohkan frase yang tepat untuk menjadi kalimat peringatan (warning) menggunakan conditional sentences Mampu menjawab pertanyaan terkait teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tertulis tentang orang-utan dan daftar pertanyaan Teks rumpang tentang coral reefs, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan Teks tertulis pendek tentang benefits of coral reefs, daftar kalimat dengan susunan kata-kata acak Teks penjelasan tentang warning menggunakan conditional sentence, tabel soal Teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya, daftar pertanyaan |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya tentang satwa khas Indonesia dan pelestariannya Siswa berdiskusi tentang |
INTI | Siswa membaca teks tertulis dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang orang-utan Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang, kemudian menjawab pertanyaan terkait teks coral reefs Siswa membaca teks tertulis pendek tentang benefits of coral reefs dan menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang bermakna Siswa membaca teks penjelasan tentang warning menggunakan conditional sentence dan menjodohkan frase yang tepat untuk menjadi suatu kalimat peringatan (warning) Siswa membaca teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan menjawab pertanyaan terkait |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa berdialog menggunakan ungkapan warning Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 112, 113, 114, 115, 116, 117, 118, 122, 127, 128 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek Isian tentang ungkapan warning dengan menggunakan conditional sentence Paragraf-paragraf acak untuk diurutkan Daftar pertanyaan tertulis terkait teks narrative | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Isian tentang ungkapan warning dengan menggunakan conditional sentence | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Paragraf-paragraf acak untuk diurutkan | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks narrative | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment