BAHASA INGGRIS XII RPP23
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 23
|     MATA   PELAJARAN  |        Bahasa   Inggris  |   
|     KELAS   /SEMESTER  |        XII   (dua belas) / 2 (dua)  |   
|     PROGRAM  |        Umum  |   
|     ALOKASI   WAKTU  |        4 x 45   menit  |   
|     TEMA  |        |   
|     STANDAR   KOMPETENSI  |        Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative   dan review  |   
|     KOMPETENSI   DASAR  |        Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan   tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog   yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan   review  |   
|     ASPEK   PEMBELAJARAN  |        Membaca  |   
|     INDIKATOR  |        Mampu   menjawab pertanyaan berdasarkan teks tertulis tentang orang-utan Mampu   melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban yang tersedia dan menjawab   pertanyaan terkait teks tentang coral reefs Mampu   menyusun kata-kata acak menjadi kalimat terkait teks tertulis pendek tentang   benefits of coral reefs Mampu   menjodohkan frase yang tepat untuk menjadi kalimat peringatan (warning)   menggunakan conditional sentences Mampu   menjawab pertanyaan terkait teks narrative tentang persiapan Frances untuk   liburan petualangannya  |   
|     MATERI   POKOK PEMBELAJARAN  |        Teks   tertulis tentang orang-utan dan daftar pertanyaan Teks   rumpang tentang coral reefs, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan Teks   tertulis pendek tentang benefits of coral reefs, daftar kalimat dengan   susunan kata-kata acak Teks   penjelasan tentang warning menggunakan conditional sentence, tabel soal Teks   narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya, daftar   pertanyaan  |   
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|     TAHAP  |        KEGIATAN   PEMBELAJARAN  |   
|     PEMBUKA   (Apersepsi)  |        Siswa   ditanya tentang satwa khas Indonesia dan pelestariannya Siswa   berdiskusi tentang   |   
|     INTI  |        Siswa   membaca teks tertulis dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang orang-utan Siswa   membaca dan melengkapi teks rumpang, kemudian menjawab pertanyaan terkait   teks coral reefs Siswa   membaca teks tertulis pendek tentang benefits of coral reefs dan menyusun   kata-kata acak menjadi kalimat yang bermakna Siswa   membaca teks penjelasan tentang warning menggunakan conditional sentence dan   menjodohkan frase yang tepat untuk menjadi suatu kalimat peringatan (warning) Siswa   membaca teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya   dan menjawab pertanyaan terkait  |   
|     PENUTUP   (Internalisasi dan persepsi)  |        Siswa   ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa   berdialog menggunakan ungkapan warning Menyimpulkan   materi pelajaran  |   
METODE DAN SUMBER BELAJAR
|     Sumber Belajar  |        √  |        Pustaka rujukan  |         Peter James.   2008. Real English for Senior High   School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 112, 113, 114, 115, 116, 117,   118, 122, 127, 128  |   
|     √  |        Material: VCD, kaset,   poster  |        |   |
|     √  |        Media cetak dan   elektronik  |        |   |
|     √  |        Website internet  |        |   |
|     Narasumber  |        |   ||
|     Model peraga  |        |   ||
|     Lingkungan  |        |   ||
|     Metode  |        √  |        Presentasi  |        |   
|     √  |        Diskusi kelompok  |        |   |
|     |        Inquari  |        |   
PENILAIAN
|     TEKNIK DAN BENTUK  |        |        Tes Lisan  |   
|     √  |        Tes Tertulis  |   |
|     √  |        Observasi Kinerja /   Demonstrasi  |   |
|     √  |        Tagihan Hasil Karya /   Produk: tugas, projek, portofolio  |   |
|     |        Pengukuran Sikap  |   |
|     |        Penilaian Diri  |   |
|     INSTRUMEN SOAL  |   ||
|     Daftar pertanyaan tertulis   terkait teks / esai pendek Isian   tentang ungkapan warning dengan menggunakan conditional sentence Paragraf-paragraf   acak untuk diurutkan Daftar   pertanyaan tertulis terkait   teks narrative  |   ||
|     RUBRIK KRITERIA   PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI  |   ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
|     Instrumen soal  |        Uraian  |        Skor  |   
|     Daftar pertanyaan tertulis   terkait teks / esai pendek  |        Jawaban   sempurna Kesalahan   kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak   menjawab   |        2 1 0  |   
|     Isian   tentang ungkapan warning dengan menggunakan conditional sentence  |        Jawaban   benar Tidak menjawab   / jawaban salah  |        1 0  |   
|     Paragraf-paragraf   acak untuk diurutkan  |        Jawaban   benar Tidak menjawab   / jawaban salah  |        1 0  |   
|     Daftar   pertanyaan tertulis terkait   teks narrative  |        Jawaban   sempurna Kesalahan   kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak   menjawab  |        2 1 0  |   
Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:


No comments:
Post a Comment