17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 23



BAHASA INGGRIS XII RPP23
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 23


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks tertulis tentang orang-utan
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban yang tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang coral reefs
Mampu menyusun kata-kata acak menjadi kalimat terkait teks tertulis pendek tentang benefits of coral reefs
Mampu menjodohkan frase yang tepat untuk menjadi kalimat peringatan (warning) menggunakan conditional sentences
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tertulis tentang orang-utan dan daftar pertanyaan
Teks rumpang tentang coral reefs, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan
Teks tertulis pendek tentang benefits of coral reefs, daftar kalimat dengan susunan kata-kata acak
Teks penjelasan tentang warning menggunakan conditional sentence, tabel soal
Teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya, daftar pertanyaan

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya tentang satwa khas Indonesia dan pelestariannya
Siswa berdiskusi tentang
INTI
Siswa membaca teks tertulis dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang orang-utan
Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang, kemudian menjawab pertanyaan terkait teks coral reefs
Siswa membaca teks tertulis pendek tentang benefits of coral reefs dan menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang bermakna
Siswa membaca teks penjelasan tentang warning menggunakan conditional sentence dan menjodohkan frase yang tepat untuk menjadi suatu kalimat peringatan (warning)
Siswa membaca teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan menjawab pertanyaan terkait
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa berdialog menggunakan ungkapan warning
Menyimpulkan materi pelajaran

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 112, 113, 114, 115, 116, 117, 118, 122, 127, 128
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Isian tentang ungkapan warning dengan menggunakan conditional sentence
Paragraf-paragraf acak untuk diurutkan
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks narrative
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Isian tentang ungkapan warning dengan menggunakan conditional sentence
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Paragraf-paragraf acak untuk diurutkan
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks narrative
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: