BAHASA INGGRIS XII RPP31
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 31
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review |
| KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
| INDIKATOR | Mampu menuliskan deskripsi tentang gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam Mampu menulis review berdasarkan ketentuan yang diberikan |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi, gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam Write a few ideas on the lines below each picture. Teks penjelasan tentang review, instruksi Write a review of your own using the following ideas: · Your review should be about a film you have watched recently · The review should use the structure shown in task K · You should find ways to express ideas of contrast |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa diperlihatkan foto-foto tentang penanganan bencana tsunami di Aceh dari media cetak / internet dan ditanyai pendapatnya |
| INTI | Siswa menuliskan deskripsi tentang gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam Siswa menulis review berdasarkan ketentuan yang diberikan |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa menyampaikan isi review yang ditulisnya di depan kelas Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 159, 165 |
| √ | Material: VCD, kaset, poster | | |
| √ | Media cetak dan elektronik | | |
| √ | Website internet | | |
| Narasumber | | ||
| Model peraga | | ||
| Lingkungan | | ||
| Metode | √ | Presentasi | |
| √ | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| | Pengukuran Sikap | |
| | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam untuk dideskripsikan Instruksi dan outline untuk menulis review Gambar / poster untuk dibuat kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan contrast | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| Gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam untuk dideskripsikan | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
| Instruksi dan outline untuk menulis review | Review sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Review tidak sesuai outline | 8-10 6-7 4-5 |
| Gambar / poster untuk dibuat kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan contrast | Kalimat sesuai gambar, kaidah kebahasaan sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Kalimat tidak sesuai gambar | 2 1 ½ |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:


No comments:
Post a Comment