BAHASA INGGRIS XII RPP31
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 31
| MATA   PELAJARAN | Bahasa   Inggris | 
| KELAS   /SEMESTER | XII   (dua belas) / 2 (dua) | 
| PROGRAM | Umum | 
| ALOKASI   WAKTU | 4 x 45   menit | 
| TEMA |  | 
| STANDAR   KOMPETENSI | Mengungkapkan makna    dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review | 
| KOMPETENSI   DASAR | Mengungkapkan   makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara   akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks   berbentuk: narrative dan review | 
| ASPEK   PEMBELAJARAN | Menulis | 
| INDIKATOR | Mampu   menuliskan deskripsi tentang gambar / foto tentang evakuasi / penanganan   bencana alam Mampu   menulis review berdasarkan ketentuan yang diberikan | 
| MATERI   POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi,   gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam Write a few ideas on the lines below each   picture. Teks   penjelasan tentang review, instruksi Write a review of your own using the   following ideas: ·           Your review should   be about a film you have watched recently ·           The review should   use the structure shown in task K ·           You should find ways   to express ideas of contrast | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN   PEMBELAJARAN | 
| PEMBUKA   (Apersepsi) | Siswa   diperlihatkan foto-foto tentang penanganan bencana tsunami di Aceh dari media   cetak / internet dan ditanyai pendapatnya | 
| INTI | Siswa   menuliskan deskripsi tentang gambar / foto tentang evakuasi / penanganan   bencana alam Siswa   menulis review berdasarkan ketentuan yang diberikan | 
| PENUTUP   (Internalisasi dan persepsi) | Siswa   ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa   menyampaikan isi review yang ditulisnya di depan kelas Menyimpulkan   materi pelajaran | 
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan |  Peter James.   2008. Real English for Senior High   School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 159, 165 | 
| √ | Material: VCD, kaset,   poster |  | |
| √ | Media cetak dan   elektronik |  | |
| √ | Website internet |  | |
| Narasumber |  | ||
| Model peraga |  | ||
| Lingkungan |  | ||
| Metode | √ | Presentasi |  | 
| √ | Diskusi kelompok |  | |
| √ | Inquari |  | 
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK |  | Tes Lisan | 
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja /   Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya /   Produk: tugas, projek, portofolio | |
|  | Pengukuran Sikap | |
|  | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Gambar   / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam untuk dideskripsikan Instruksi dan outline   untuk menulis review Gambar / poster untuk   dibuat kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan contrast | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN   / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
| Instrumen soal | Uraian | Skor | 
| Gambar   / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam untuk dideskripsikan | Deskripsi   sempurna Kesalahan   kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Deskripsi   buruk | 8-10 6-7 4-5 | 
| Instruksi dan outline   untuk menulis review | Review   sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna Kesalahan   kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Review   tidak sesuai outline | 8-10 6-7 4-5 | 
| Gambar / poster untuk   dibuat kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan contrast | Kalimat   sesuai gambar, kaidah kebahasaan sempurna Kesalahan   kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Kalimat   tidak sesuai gambar | 2 1 ½  | 
Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

 
 
 
 Posts
Posts
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:
Post a Comment