BAHASA INGGRIS XII RPP36
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 36
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
INDIKATOR | Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan narrative tentang kisah hidup Lady Diana dan menjawab pertanyaan terkait Mampu mengidentifikasi ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence dalam teks dialog antara Mr James dan para siswanya |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks rumpang, teks lisan narrative tentang kisah hidup Lady Diana, pilihan jawaban, daftar pertanyaan Teks lisan dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence · She would only have been called ‘Princess Diana’ if she’d been born into the royal family · Maybe if she’d spent more time studying and less time talking to her friends, she’d have got better results. · She would have a happier life, if she had been born into a poor family like mine. · Etc. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang profil Lady Diana Siswa berdiskusi tentang apa yang akan mereka lakukan jika menjadi Lady Diana |
INTI | Siswa mendengarkan teks lisan narrative tentang Lady Diana seraya melengkapi teks rumpang, kemudian menjawab pertanyaan terkait teks Siswa mendengarkan antara Mr James dan para siswanya dan mengidentifikasi ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membuat dan mempraktekkan dialog yang menggunakan ungkapan‘imaginary / unreal situations’ menggunakan third conditional sentence Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 191, 192, 193, 204, 205 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
Observasi Kinerja / Demonstrasi | ||
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan ungkapan‘imaginary / unreal situations’ menggunakan third conditional sentence | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan, Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan ungkapan‘imaginary / unreal situations’ menggunakan third conditional sentence | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment