17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP36



BAHASA INGGRIS XII RPP36
UNIT 10                                                THE ROLE OF WOMEN                                                                    (halaman 190 s.d 209)
 
 


RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 36

MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan narrative tentang kisah hidup Lady Diana dan menjawab pertanyaan terkait
Mampu mengidentifikasi ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence dalam teks dialog antara Mr James dan para siswanya
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks rumpang, teks lisan narrative tentang kisah hidup Lady Diana, pilihan jawaban, daftar pertanyaan
Teks lisan dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
·         She would only have been called ‘Princess Diana’ if she’d been born into the royal family
·         Maybe if she’d spent more time studying and less time talking to her friends, she’d have got better results.
·         She would have a happier life, if she had been born into a poor family like mine.
·         Etc.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang profil Lady Diana
Siswa berdiskusi tentang apa yang akan mereka lakukan jika menjadi Lady Diana
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan narrative tentang Lady Diana seraya melengkapi teks rumpang, kemudian menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa mendengarkan antara Mr James dan para siswanya dan mengidentifikasi ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membuat dan mempraktekkan dialog yang menggunakan ungkapan‘imaginary / unreal situations’ menggunakan third conditional sentence
Menyimpulkan materi pelajaran

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 191, 192, 193, 204, 205
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis

Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan ungkapan‘imaginary / unreal situations’ menggunakan third conditional sentence
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan, Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan ungkapan‘imaginary / unreal situations’ menggunakan third conditional sentence
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: