17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 29



BAHASA INGGRIS XII RPP29
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 29


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang United Nations
Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang gempa bumi
Mampu mendiskusikan apa yang terlihat dalam gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam
Mampu mempraktekkan dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan
Mampu menceritakan kembali secara lisan isi review dari Thunderbirds
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan tentang United Nations
·         What do you know about the United Nations?
·         How many different organisations work with the UN?
·         Etc.
Daftar pertanyaan tentang gempa bumi
·         When is the last time that there was an earthquake in Indonesia?
·         Have you ever experienced a bad earthquake?
·         Etc.
Instruksi, gambar/ foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam
Look at the pictures carefully and discuss what you can see.
Teks dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan
Adhi: I’m afraid it’s not as simple as that. We don’t live in a stable and peaceful world these days.
Sonya: No, I guess not. A lot of things would have to happen before we could have peace around the world. ...
Etc.
Teks review Thunderbirds


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang penanganan bencana alam di Indonesia
Siswa berdiskusi tentang PBB dan badan-badannya
INTI
Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang United Nations
Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang gempa bumi
Siswa mencermati gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam dan mendiskusikan apa yang mereka lihat dalam gambar itu
Siswa mempraktekkan dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan
Siswa mendengarkan pembacaan dan membaca review Thunderbirds, kemudian menceritakan kembali isi review tersebut
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa menyampaikan di depan kelas hasil diskusi tentang gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 149, 154, 159, 160, 163, 164
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang hubungan internasional
Foto / gambar penanganan bencana alam untuk dideskripsikan secara lisan dan singkat
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan yang menyatakan urutan
Pertanyaan tentang isi dan struktur dalam suatu teks review
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :


Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang hubungan internasional
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Foto / gambar penanganan bencana alam untuk dideskripsikan secara lisan dan singkat
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7

4-5
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan yang menyatakan urutan
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog tidak lengkap
8-10
6-7

4-5
Pertanyaan tentang isi dan struktur dalam suatu teks review
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab/ Jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: