BAHASA INGGRIS XII RPP29
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 29
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang United Nations Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang gempa bumi Mampu mendiskusikan apa yang terlihat dalam gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam Mampu mempraktekkan dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan Mampu menceritakan kembali secara lisan isi review dari Thunderbirds |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar pertanyaan tentang United Nations · What do you know about the United Nations? · How many different organisations work with the UN? · Etc. Daftar pertanyaan tentang gempa bumi · When is the last time that there was an earthquake in Indonesia? · Have you ever experienced a bad earthquake? · Etc. Instruksi, gambar/ foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam Look at the pictures carefully and discuss what you can see. Teks dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan Adhi: I’m afraid it’s not as simple as that. We don’t live in a stable and peaceful world these days. Sonya: No, I guess not. A lot of things would have to happen before we could have peace around the world. ... Etc. Teks review Thunderbirds |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang penanganan bencana alam di Indonesia Siswa berdiskusi tentang PBB dan badan-badannya |
INTI | Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang United Nations Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang gempa bumi Siswa mencermati gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam dan mendiskusikan apa yang mereka lihat dalam gambar itu Siswa mempraktekkan dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan Siswa mendengarkan pembacaan dan membaca review Thunderbirds, kemudian menceritakan kembali isi review tersebut |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa menyampaikan di depan kelas hasil diskusi tentang gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 149, 154, 159, 160, 163, 164 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang hubungan internasional Foto / gambar penanganan bencana alam untuk dideskripsikan secara lisan dan singkat Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan yang menyatakan urutan Pertanyaan tentang isi dan struktur dalam suatu teks review | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang hubungan internasional | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Foto / gambar penanganan bencana alam untuk dideskripsikan secara lisan dan singkat | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan yang menyatakan urutan | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog tidak lengkap | 8-10 6-7 4-5 |
Pertanyaan tentang isi dan struktur dalam suatu teks review | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab/ Jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment