BAHASA INGGRIS XII RPP34
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 34
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek tentang minyak sebagai bahan bakar fosil Mampu melengkapi isian kalimat berdasarkan teks dan diagram tentang produk-produk penyulingan minyak Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang renewable dan non renewable energy sources dan menjawab pertanyaan terkait teks Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek tentang wind power Mampu mengurutkan paragraf tentang proses menghasilkan listrik dari kincir angin dan memberi label bagian-bagian dari kincir angin Mampu menggarisbawahi pernyataan yang menyatakan ‘method’ dari teks dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria Mampu menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat tentang ungkapan ‘method’ dalam situasi sehari-hari |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tertulis pendek tentang minyak sebagai bahan bakar fosil, daftar pertanyaan Teks, diagram tentang produk-produk penyulingan minyak, isian singkat · In an oil refinery, they make gas by heating ..... to between 20°C and 40°C. · They make petrol by heating crude oil to ..... · Etc. Teks rumpang tentang renewable dan non renewable energy sources, pilihan jawaban, daftar pertanyaan Teks tertulis pendek tentang wind power, daftar pertanyaan Paragraf-paragraf acak tentang proses menghasilkan listrik dari kincir angin dan gambar kincir angin Teks penjelasan tentang ‘method’ dan teks tertulis dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’ Instruksi, soal Match the phrases on the left with phrases on the right to make sentences about everyday situations. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang jenis-jenis bahan bakar fosil Siswa berdiskusi tentang bagaimana cara menghasilkan sumber energi |
INTI | Siswa membaca teks tertulis pendek tentang minyak sebagai bahan bakar fosil dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca teks dan diagram tentang produk-produk penyulingan minyak dan melengkapi isian singkat Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang tentang renewable dan non renewable energy sources dan menjawab pertanyaan terkait teks Siswa membaca teks tertulis pendek tentang wind power dan menjawab pertanyaan terkait teks Siswa membaca dan mengurutkan paragraf proses dengan urutan yang kronologis, kemudian memberi label bagian-bagian kincir angin Siswa membaca teks penjelasan tentang ‘method’ dan membaca cepat teks dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria dan menggarisbawahi ungkapan yang menyatakan ‘method’ Siswa menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat tentang ungkapan ‘method’ dalam situasi sehari-hari |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membuat dan menyampaikan kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan ‘method’ Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 173, 174, 175, 176, 177, 178, 179, 180, 181, 182, 183, 184 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
Observasi Kinerja / Demonstrasi | ||
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia Menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi kalimat yang menyatakan method Paragraf acak untuk diurutkan yang menyatakan method | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / Jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi kalimat yang menyatakan method | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Paragraf acak untuk diurutkan yang menyatakan method | Jawaban benar Tidak menjawab / Jawaban salah | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment