17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP34



BAHASA INGGRIS XII RPP34
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 34


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek tentang minyak sebagai bahan bakar fosil
Mampu melengkapi isian kalimat berdasarkan teks dan diagram tentang produk-produk penyulingan minyak
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang renewable dan non renewable energy sources dan menjawab pertanyaan terkait teks
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek tentang wind power
Mampu mengurutkan paragraf tentang proses menghasilkan listrik dari kincir angin dan memberi label bagian-bagian dari kincir angin
Mampu menggarisbawahi pernyataan yang menyatakan ‘method’ dari teks dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria
Mampu menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat tentang ungkapan ‘method’ dalam situasi sehari-hari
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tertulis pendek tentang minyak sebagai bahan bakar fosil, daftar pertanyaan
Teks, diagram tentang produk-produk penyulingan minyak, isian singkat
·         In an oil refinery, they make gas by heating ..... to between 20°C and 40°C.
·         They make petrol by heating crude oil to .....
·         Etc.
Teks rumpang tentang renewable dan non renewable energy sources, pilihan jawaban, daftar pertanyaan
Teks tertulis pendek tentang wind power, daftar pertanyaan
Paragraf-paragraf acak tentang proses menghasilkan listrik dari kincir angin dan gambar kincir angin
Teks penjelasan tentang ‘method’ dan teks tertulis dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’
Instruksi, soal
Match the phrases on the left with phrases on the right to make sentences about everyday situations.



KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang jenis-jenis bahan bakar fosil
Siswa berdiskusi tentang bagaimana cara menghasilkan sumber energi
INTI
Siswa membaca teks tertulis pendek tentang minyak sebagai bahan bakar fosil dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca teks dan diagram tentang produk-produk penyulingan minyak dan melengkapi isian singkat
Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang tentang renewable dan non renewable energy sources dan menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa membaca teks tertulis pendek tentang wind power dan menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa membaca dan mengurutkan paragraf proses dengan urutan yang kronologis, kemudian memberi label bagian-bagian kincir angin
Siswa membaca teks penjelasan tentang ‘method’ dan membaca cepat teks dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria dan menggarisbawahi ungkapan yang menyatakan ‘method’
Siswa menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat tentang ungkapan ‘method’ dalam situasi sehari-hari
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membuat dan menyampaikan kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan ‘method’
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 173, 174, 175, 176, 177, 178, 179, 180, 181, 182, 183, 184
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis

Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia
Menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi kalimat yang menyatakan method
Paragraf acak untuk diurutkan yang menyatakan method
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :



Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / Jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi kalimat yang menyatakan method
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Paragraf acak untuk diurutkan yang menyatakan method
Jawaban benar
Tidak menjawab / Jawaban salah
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: