BAHASA INGGRIS XII RPP38
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 38
| MATA   PELAJARAN | Bahasa   Inggris | 
| KELAS   /SEMESTER | XII   (dua belas) / 2 (dua) | 
| PROGRAM | Umum | 
| ALOKASI   WAKTU | 4 x 45   menit | 
| TEMA |  | 
| STANDAR   KOMPETENSI | Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative   dan review | 
| KOMPETENSI   DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan   tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog   yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan   review | 
| ASPEK   PEMBELAJARAN | Membaca | 
| INDIKATOR | Mampu   menjawab pertanyaan terkait teks tulis narrative tentang Prince Charles dan   Lady Diana Mampu   menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang logis dan menentukan gambar yang   tepat untuk tiap kalimat berdasarkan informasi dari teks narrative tentang   kematian Lady Diana Mampu   melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab   pertanyaan terkait teks tentang peran perempuan di dunia Mampu   menjodohkan teks profil dengan foto tokoh pemimpin perempuan dunia yang tepat   dan menuliskan nama dan asal negara di bawah foto yang tepat  Mampu   menjawab pertanyaan terkait teks profil tokoh pemimpin perempuan dunia Mampu   menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi third conditional   sentence yang benar | 
| MATERI   POKOK PEMBELAJARAN | Teks   tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana, daftar pertanyaan Teks   tulis narrative tentang kematian Lady Diana, daftar pertanyaan, gambar Teks   rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan tentang peran perempuan di dunia Teks   profil, foto tokoh pemimpin perempuan dunia Teks   profil, daftar pertanyaan Teks   penjelasan tentang third conditional sentence, daftar pertanyaan | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN   PEMBELAJARAN | 
| PEMBUKA   (Apersepsi) | Siswa   ditanyai tentang para pemimpin perempuan dunia Siswa   berdiskusi tentang peran tokoh pemimpin perempuan dunia | 
| INTI | Siswa   membaca teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana dan   menjawab pertanyaan terkait teks Siswa   membaca teks narrative tentang kematian Lady Diana, lalu menyusun kata-kata   acak menjadi kalimat yang logis dan menentukan gambar yang tepat untuk tiap   kalimat berdasarkan informasi dari teks Siswa   membaca dan melengkapi teks rumpang tentang peran perempuan di dunia dan   menjawab pertanyaan terkait teks Siswa   menjodohkan teks profil dengan foto tokoh pemimpin perempuan dunia yang tepat   dan menuliskan nama dan asal negara di bawah foto yang tepat Siswa   menjawab pertanyaan terkait teks profil tokoh pemimpin perempuan dunia Siswa   menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi third conditional   sentence yang benar | 
| PENUTUP   (Internalisasi dan persepsi) | Siswa   ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa   menyebutkan nama tokoh perempuan favorit masing-masing dan alasan mereka   mengagumi tokoh tersebut Menyimpulkan   materi pelajaran | 
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan |  Peter James.   2008. Real English for Senior High   School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 194, 195, 196, 197, 198, 199,   200, 201, 202, 206, 207 | 
| √ | Material: VCD, kaset,   poster |  | |
| √ | Media cetak dan   elektronik |  | |
| √ | Website internet |  | |
| Narasumber |  | ||
| Model peraga |  | ||
| Lingkungan |  | ||
| Metode | √ | Presentasi |  | 
| √ | Diskusi kelompok |  | |
| √ | Inquari |  | 
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK |  | Tes Lisan | 
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja /   Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya /   Produk: tugas, projek, portofolio | |
|  | Pengukuran Sikap | |
|  | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Daftar pertanyaan tertulis   terkait teks / esai pendek Teks   rumpang dengan pilihan jawaban tersedia Menjodohkan   frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi third conditional sentence   yang benar Paragraf   narrative acak untuk diurutkan secara kronologis | ||
| RUBRIK KRITERIA   PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
| Instrumen soal | Uraian | Skor | 
| Daftar pertanyaan tertulis   terkait teks / esai pendek  | Jawaban   sempurna Kesalahan   kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak   menjawab / Jawaban salah | 2 1 0 | 
| Teks   rumpang dengan pilihan jawaban tersedia  | Jawaban   benar Tidak menjawab   / jawaban salah | 1 0 | 
| Menjodohkan   frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi third conditional sentence   yang benar | Jawaban   benar Tidak menjawab   / jawaban salah | 1 0 | 
| Paragraf   narrative acak untuk diurutkan secara kronologis | Jawaban   benar Tidak   menjawab / Jawaban salah | 1 0 | 
Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

 
 
 
 Posts
Posts
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:
Post a Comment