BAHASA INGGRIS XII RPP38
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 38
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana Mampu menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang logis dan menentukan gambar yang tepat untuk tiap kalimat berdasarkan informasi dari teks narrative tentang kematian Lady Diana Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang peran perempuan di dunia Mampu menjodohkan teks profil dengan foto tokoh pemimpin perempuan dunia yang tepat dan menuliskan nama dan asal negara di bawah foto yang tepat Mampu menjawab pertanyaan terkait teks profil tokoh pemimpin perempuan dunia Mampu menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi third conditional sentence yang benar |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana, daftar pertanyaan Teks tulis narrative tentang kematian Lady Diana, daftar pertanyaan, gambar Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan tentang peran perempuan di dunia Teks profil, foto tokoh pemimpin perempuan dunia Teks profil, daftar pertanyaan Teks penjelasan tentang third conditional sentence, daftar pertanyaan |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang para pemimpin perempuan dunia Siswa berdiskusi tentang peran tokoh pemimpin perempuan dunia |
INTI | Siswa membaca teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana dan menjawab pertanyaan terkait teks Siswa membaca teks narrative tentang kematian Lady Diana, lalu menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang logis dan menentukan gambar yang tepat untuk tiap kalimat berdasarkan informasi dari teks Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang tentang peran perempuan di dunia dan menjawab pertanyaan terkait teks Siswa menjodohkan teks profil dengan foto tokoh pemimpin perempuan dunia yang tepat dan menuliskan nama dan asal negara di bawah foto yang tepat Siswa menjawab pertanyaan terkait teks profil tokoh pemimpin perempuan dunia Siswa menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi third conditional sentence yang benar |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa menyebutkan nama tokoh perempuan favorit masing-masing dan alasan mereka mengagumi tokoh tersebut Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 194, 195, 196, 197, 198, 199, 200, 201, 202, 206, 207 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia Menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi third conditional sentence yang benar Paragraf narrative acak untuk diurutkan secara kronologis | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / Jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi third conditional sentence yang benar | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Paragraf narrative acak untuk diurutkan secara kronologis | Jawaban benar Tidak menjawab / Jawaban salah | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment