BAHASA INGGRIS XII RPP37
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 37
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang peran perempuan Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang hak-hak perempuan Mampu mendiskusikan pertanyaan terkait teks tulis pendek dan ilustrasi kartun ‘glass ceilling’ bagi perempuan Mampu mempraktekkan dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence Mampu menceritakan kembali secara lisan isi narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana Mampu menceritakan kembali secara lisan isi teks narrative tentang kematian Lady Diana |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar pertanyaan tentang peran perempuan · What role do you think a woman should have in a family? · Do you think a woman should stay at home, or go out to work? · Etc. Daftar pertanyaan tentang hak-hak perempuan · Do you think girls should be given the same opportunities as boys? · What jobs do you think women should do? · Etc. Teks tulis pendek dan ilustrasi kartun ‘glass ceilling’ bagi perempuan, daftar pertanyaan · How many women can you name who have managed to get to the top of their professions? · Do you think that it’s right that most of the top jobs go to men? · Etc. Teks tulis dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence · She would only have been called ‘Princess Diana’ if she’d been born into the royal family · Maybe if she’d spent more time studying and less time talking to her friends, she’d have got better results. · She would have a happier life, if she had been born into a poor family like mine. · Etc. Teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana Teks tulis narrative tentang kematian Lady Diana |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang peran perempuan di Indonesia Siswa berdiskusi tentang perlunya pendidikan bagi perempuan |
INTI | Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang peran perempuan Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang hak-hak perempuan Siswa mendiskusikan bersama teman pertanyaan tentang ‘glass ceiling’ bagi perempuan Siswa mempraktekkan dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence Siswa membaca teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana dan menceritakan kembali isi teks Siswa membaca teks narrative tentang kematian Lady Diana, dan menceritakan kembali isi teks |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membuat dan mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 191, 197, 200, 204, 205 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang perempuan dan hak-haknya Teks narrative untuk diceritakan kembali isinya secara lisan Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan yang menyatakan ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang perempuan dan hak-haknya | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Teks narrative untuk diceritakan kembali isinya secara lisan | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Jawaban tidak lengkap / buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan yang menyatakan ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog tidak lengkap / buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment