17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 28



BAHASA INGGRIS XII RPP28
UNIT 8                  INTERNATIONAL RELATIONS                                                                       (halaman 148 s.d 169)
 
 



RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 28


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna  dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah
Merespon makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait
Mampu mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan urutan dalam dialog antara Sonya dan Adhi
Mampu mengidentifikasi struktur review dari teks review yang diperdengarkan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks rumpang, teks lisan, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait tentang United Nations
Dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan
Adhi: I’m afraid it’s not as simple as that. We don’t live in a stable and peaceful world these days.
Sonya: No, I guess not. A lot of things would have to happen before we could have peace around the world. ...
Etc.
Teks lisan review tentang Thunderbirds


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang PBB dan tugas-tugasnya
Siswa berdiskusi untuk mengulas satu film yang baru-baru ini mereka tonton
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan tentang United Nations seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan dialog antara Sonya dan Adhi dan mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan urutan
Siswa mendengarkan pembacaan review tentang Thunderbirds dan mengidentifikasi struktur review dari teks review yang diperdengarkan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa memberikan ulasan tentang satu film yang disukainya di depan kelas
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 149, 150, 151, 160, 163, 164
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis

Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan
Pertanyaan tentang teks lisan review
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah, Merespon makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian,Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan, Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :


Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Pertanyaan tentang teks lisan review
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: