BAHASA INGGRIS XII RPP28
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 28
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
INDIKATOR | Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait Mampu mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan urutan dalam dialog antara Sonya dan Adhi Mampu mengidentifikasi struktur review dari teks review yang diperdengarkan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks rumpang, teks lisan, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait tentang United Nations Dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan Adhi: I’m afraid it’s not as simple as that. We don’t live in a stable and peaceful world these days. Sonya: No, I guess not. A lot of things would have to happen before we could have peace around the world. ... Etc. Teks lisan review tentang Thunderbirds |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang PBB dan tugas-tugasnya Siswa berdiskusi untuk mengulas satu film yang baru-baru ini mereka tonton |
INTI | Siswa mendengarkan teks lisan tentang United Nations seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait Siswa mendengarkan dialog antara Sonya dan Adhi dan mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan urutan Siswa mendengarkan pembacaan review tentang Thunderbirds dan mengidentifikasi struktur review dari teks review yang diperdengarkan |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa memberikan ulasan tentang satu film yang disukainya di depan kelas Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 149, 150, 151, 160, 163, 164 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
Observasi Kinerja / Demonstrasi | ||
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan Pertanyaan tentang teks lisan review | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah, Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian,Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan, Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Pertanyaan tentang teks lisan review | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment