Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 33



BAHASA INGGRIS XII RPP33
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 33


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang sources of power
Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang renewable dan non renewable energy sources
Mampu mempraktekkan dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan tentang sources of power
·         Look around the room. How many things can you see that use electricity, either through cables or from batteries?
·         In addition to electricity, what other types of power sources can you think of?
·         Etc.
Daftar pertanyaan tentang renewable dan non renewable energy sources
·         What types of energy sources can not be renewed?
·         What types of energy sources are renewable?
·         Etc.
Teks tertulis dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’
Budi: What do they do with the hydro-electric and geothermal power?
Andria: They make electricity from hydro-electric power  by using water to turn the blades of turbines. Geothermal power produces electricity by using steam to turn the turbine blades.
Etc.



KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang sumber-sumber energi
Siswa berdiskusi tentang keuntungan dan kerugian energi nuklir
INTI
Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang sources of power
Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang renewable dan non renewable energy sources
Siswa mempraktekkan dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membuat dan mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan ‘method’
Menyimpulkan materi pelajaran

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 171, 177, 182, 183

Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang sumber energi
Foto / gambar cara membuat / menghasilkan sesuatu untuk dideskripsikan secara singkat menggunakan ungkapan yang menyatakan ‘method’
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan yang menyatakan ‘method’
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang sumber energi
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Foto / gambar cara membuat / menghasilkan sesuatu untuk dideskripsikan secara singkat menggunakan ungkapan yang menyatakan ‘method’
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7

4-5
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan yang menyatakan ‘method’
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog tidak lengkap / buruk
8-10
6-7

4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: