BAHASA INGGRIS XII RPP24
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 24
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menuliskan deskripsi berdasarkan gambar orang-utan Mampu menentukan kalimat mana yang mendeskripsikan gambar yang tepat dan menuliskan kalimat untuk mendeskripsikan gambar coral reefs Mampu mendesain publicity campaign tentang Indonesian coral reefs Mampu memilih dan menuliskan kalimat peringatan (warning) yang tepat dari tabel untuk setiap gambar / tanda peringatan Mampu menuliskan peringatan berdasarkan gambar / poster dan situasi tertentu Mampu menulis narrative berdasarkan ketentuan yang diberikan dan menggunakan ungkapan warning, regret, aim, goal, purpose, predicting, planning, speculating, judging, persuading, supporting, critising, hoping, preventing |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi, gambar orang-utan Instruksi, gambar, daftar kalimat Instruksi, peta, gambar penyelam di dasar laut, contoh Instruksi, poster / gambar tanda peringatan Instruksi, outline dan teks penjelasan tentang narrative |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | |
INTI | Siswa menuliskan beberapa kalimat untuk mendeskripsikan gambar orang-utan Siswa menentukan kalimat mana yang mendeskripsikan gambar yang tepat dan menuliskan kalimat untuk mendeskripsikan gambar coral reefs Siswa membaca instruksi dan mendesain publicity campaign tentang Indonesian coral reefs Siswa memilih dan menuliskan kalimat peringatan (warning) yang tepat dari tabel untuk setiap gambar / tanda peringatan Siswa membaca penjelasan tentang peringatan (warning) dan menuliskan peringatan berdasarkan gambar / poster dan situasi tertentu Siswa membaca teks penjelasan tentang narrative dan menulis narrative-nya sendiri berdasarkan instruksi yang diberikan |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 113,117, 118, 119, 120, 122, 123, 124, 125, 126, 131 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Gambar / poster tentang situasi tertentu untuk dibuat peringatannya Gambar / foto satwa langka untuk dideskripsikan Instruksi dan outline untuk membuat publicity campaign Instruksi dan outline untuk menulis narrative | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Gambar / poster tentang situasi tertentu untuk dibuat peringatannya | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Gambar / foto satwa langka untuk dideskripsikan | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Instruksi dan outline untuk membuat publicity campaign | Publicity campaign sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Publicity campaign tidak sesuai outline | 8-10 6-7 4-5 |
Instruksi dan outline untuk menulis narrative | Narrative sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Narrative tidak sesuai outline | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment