01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VIII RPP 1



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     1.   Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar             :     1.1 Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara.
·         Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara;
2.      menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara;
3.      menuliskan rumusan Pancasila dalam Piagam Jakarta;
4.      menuliskan rumusan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945.

B.     Materi Pembelajaran

1.      Pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara.
2.      Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

C.    Metode Pembelajaran

  1. Telaah referensi
  2. Diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


  1. Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.      Ceramah bervariasi tentang pemahaman konsep ideologi dan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa.
b.      Kajian pustaka dan diskusi tentang proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Penutup
a.       Mengumpulkan hasil diskusi.
b.      Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit








60 menit





10 menit


  1. Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain menanggapi.
b.      Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.

 Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.      Melakukan refleksi.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit







60 menit





10 menit



E.     Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 1—19.
  2. Buku atau tulisan tentang Pancasila
  3. Media internet


F.     Penilaian


  1. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 3, 19)
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerja sama















     
      Keterangan: nilai maksimal 20

2.      Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 10, 18)
3.      Mencari infomasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 7)
4.      Isian singkat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 11)
5.      Tes pilihan ganda
Contoh:
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1.      Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan ....
a.       menjadi bangsa yang kuat
b.      memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan*
c.       mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain
d.      mampu mempertahankan kelangsungan hidup bangsanya
2.      Pancasila sebagai dasar negara secara yuridis disahkan pada ...
a.       tanggal 1 Juli 1945
b.      tanggal 17 Agustus 1945
c.       tanggal 18 Agustus 1945
d.      tanggal 17 Agustus 1950
3.      Rumusan Pancasila sebagai ideologi yang benar dan sah tercantum
dalam ...
a.       Piagam Jakarta
b.      UUD 1945
c.       Pembukaan UUD 1945
d.      undang-undang
4.      Ideologi negara Indonesia berasal dari ...
a.       ideologi bangsa lain yang dianggap baik
b.      nilai-nilai kehidupan dan kebudayaan bangsa sendiri
c.       pandangan para pendiri bangsa
d.      pandangan seseorang yang dihormati      
                 
5.      Berdasarkan Undang-Undang No.10 Tahun 2004, Pancasila berkedudukan sebagai ....
a.       pandangan hidup bangsa
b.      kepribadian bangsa
c.       perjanjian luhur bangsa
d.      sumber dari segala sumber hukum

6.      Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa!
2.      Tuliskan rumusan Pancasila yang tercantum dalam Piagam Jakarta
3.      Tuliskan rumusan pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945!




________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

No comments: