PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                                         : 
Mata Pelajaran                           :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                          :       VII/I
Standar kompetensi                 :       2.      Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi Dasar                    :       2.1.  Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.
Indikator                                      :       ·      Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
·         Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa.
·         Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
Alokasi waktu                            :       4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A.    Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.       Menjelaskan secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan.
2.       Menjelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
3.       Mendeskripsikaan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
B. Materi Pembelajaran
1.       Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2.       Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
C.    Metode
        Tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan.
D.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran (Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar)
1.       Pertemuan I
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   |
|     1. 2.  |        Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b.     Memotivasi Melakukan   penjajakan kesiapan belajar   siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.  c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan  dicapai. Kegiatan Inti a.        Tanya jawab dan   penjelasan tentang bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia dan   sifat-sifat perjuangan bangsa sebelum dan sesudah tahun 1908. b.        Kajian pustaka   dengan menelaah berbagai sumber (buku) yang berisi tentang peristiwa   sekitar proklamasi kemerdekaan. c.         Membagi siswa   menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang. d.        Masing-masing   kelompok membahas pertanyaan yang berbeda berdasarkan masalah yang telah   disiapkan guru. e.         Masing-masing   kelompok mendiskusikan masalah yang temanya adalah peristiwa sekitar   proklamasi dan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia. f.          Masing-masing   kelompok melaporkan secara tertulis hasil diskusi.      |        10  menit 60 menit  |        |   |
|     3.  |        Penutup a.        Siswa dengan   bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi. b.        Post test sebagai   unpan balik. c.         Tindak lanjut dnegan   pemberian tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya.  |        10 menit  |        |   |
2.       Pertemuan II
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b.     Memotivasi Melakukan   penjajakan kesiapan belajar   siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.  c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan  dicapai. Kegiatan  Inti a. Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan         dilaksanakan, dilanjutkan   dengan pembagian kelompok         (menjadi   5 kelompok).      b.  Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan          pertanyaan   yang berkaitan dengan pewarisan semangat             peroklamasi kemerdekaan.      c. Setiap   kelompok memperesentasikan hasil diskusinya,             sementara itu   kelompok lain menanggapi. Penutup a. Siswa dan guru membuat kesimpulan.      b. Post   test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk          mewawancarai saksi hidup Pahlawan    Kemerdekaan.   |        10  menit 70 menit 10 menit  |        |   
E.    Sumber Pembelajaran
- Buku teks Pendidikan      Kewarganegaraan:      untuk SMP dan MTs Kelas VII      (ESIS, 2007), hlm. 30—38 
 - Buku-buku teks resmi tentang Proklamasi
 - Artikel-artikel, teks Proklamasi
 - Naskah Pidato sidang PPKI
 - Narasumber (saksi sejarah yang masih hidup)
 - UUD 1945
 
F.     Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sementara itu, untuk pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-3, penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan pengerjaan tugas-tugas. Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian berstruktur.
Contoh:
1. Soal-Soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
a.    Jelaskan secara singkat tentang persitiwa-perisitiwa penting yang terjadi sekitar proklamasi kemerdekaan!
b.    Jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia!
c.     Mengapa pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan itu sangat penting bagi generasi muda? 
2. Berikut ini contoh soal-soal tes lisan dalam proses pembelajaran.
1.       Siapakah tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan yang berjasa dalam peristiwa detik-detik proklamasi?
2.       Semangat atau nilai-nilai-nilai perjuangan apa yang diwariskan oleh pahlawan kemerdekaan kepada kita?
3.       Bagaimana keadaan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan?
                              ............,     Juli  2007
                                    Mengetahui,                                                                                                                    
                                    Kepala SMP                                                                                                Guru Mata Pelajaran                                                        Guru Mata Pelajaran PK
                           __________________                                                                                     ___________________                                                      Guru Mata Pelajaran PK


No comments:
Post a Comment