01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VII RPP 4



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VII RPP 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                         :
Mata Pelajaran                           :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                          :       VII/I
Standar kompetensi                 :       2.     Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi Dasar                    :       2.1. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.
                                                       
Indikator                                      :       ·      Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
·         Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa.
·         Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.

Alokasi waktu                            :       4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.    Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.       Menjelaskan secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan.
2.       Menjelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
3.       Mendeskripsikaan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.

B. Materi Pembelajaran
1.       Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2.       Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

C.    Metode
        Tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan.

D.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran (Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar)
1.       Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.








2.













Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan  dicapai.

Kegiatan Inti
a.      Tanya jawab dan penjelasan tentang bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia dan sifat-sifat perjuangan bangsa sebelum dan sesudah tahun 1908.
b.      Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber (buku) yang berisi tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan.
c.       Membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang.
d.      Masing-masing kelompok membahas pertanyaan yang berbeda berdasarkan masalah yang telah disiapkan guru.
e.       Masing-masing kelompok mendiskusikan masalah yang temanya adalah peristiwa sekitar proklamasi dan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.
f.        Masing-masing kelompok melaporkan secara tertulis hasil diskusi.   
10  menit








60 menit











3.
Penutup
a.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi.
b.      Post test sebagai unpan balik.
c.       Tindak lanjut dnegan pemberian tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya.

10 menit



2.       Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.








2.









3.
Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan  dicapai.

Kegiatan  Inti
     a. Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan
        dilaksanakan, dilanjutkan dengan pembagian kelompok
        (menjadi 5 kelompok).
     b.  Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan
         pertanyaan yang berkaitan dengan pewarisan semangat
         peroklamasi kemerdekaan.
     c. Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusinya,
         sementara itu kelompok lain menanggapi.

Penutup
     a. Siswa dan guru membuat kesimpulan.
     b. Post test
     c. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk 
         mewawancarai saksi hidup Pahlawan  Kemerdekaan.

10  menit








70 menit









10 menit


E.    Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS, 2007), hlm. 30—38
  • Buku-buku teks resmi tentang Proklamasi
  • Artikel-artikel, teks Proklamasi
  • Naskah Pidato sidang PPKI
  • Narasumber (saksi sejarah yang masih hidup)
  • UUD 1945

F.     Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sementara itu, untuk pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-3, penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan pengerjaan tugas-tugas. Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian berstruktur.

Contoh:
1. Soal-Soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
a.    Jelaskan secara singkat tentang persitiwa-perisitiwa penting yang terjadi sekitar proklamasi kemerdekaan!
b.    Jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia!
c.     Mengapa pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan itu sangat penting bagi generasi muda?

2. Berikut ini contoh soal-soal tes lisan dalam proses pembelajaran.
1.       Siapakah tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan yang berjasa dalam peristiwa detik-detik proklamasi?
2.       Semangat atau nilai-nilai-nilai perjuangan apa yang diwariskan oleh pahlawan kemerdekaan kepada kita?
3.       Bagaimana keadaan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan?



                              ............,     Juli  2007
                                    Mengetahui,                                                                                                                   
                                    Kepala SMP                                                                                                Guru Mata Pelajaran                                                        Guru Mata Pelajaran PK
                                               
                                               

                           __________________                                                                                     ___________________                                                      Guru Mata Pelajaran PK

No comments: