Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VIII RPP 19



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 19
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     5.   Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     5.3 Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.
Indikator                           :     ·    Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat.
·         Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)



A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat;
  2. menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia.

B.     Materi Pokok

1.      Sikap positif terhadap kedaulatan rakyat.
2.      Sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia.

C.    Metode
  1. Analisis kasus
  2. Diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.













3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan. 
c.       Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.


Kegiatan Inti
a.       Siswa diberikan tugas untuk mendiskusikan:
  • kasus tentang pelaksanaan kedaulatan rakyat dan pelaksanaan pemerintahan Indonesia;
  • memberikan tanggapan terhadap pelaksanaan kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia;
  • mengiventarisasi contoh sikap positif terhadap pelaksanaan kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.
b.      Siswa berdiskusi kasus tersebut dalam kelompok.

Penutup
a.       Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya untuk dipresentasikan.
b.      Siswa merefleksi kegiatan belajar yang telah dilakukannya.

10 Menit









60 Menit













10 menit


2.         Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.






2.







3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi.
c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi yang berupa tanggapan mereka terhadap pelaksanaan kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.
b.      Siswa dalam kelompok lainnya memberikan tanggapan atau sanggahan.

Penutup
a.       Guru membimbing siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.

 10 Menit






60 Menit







10 Menit


E.     Sumber Pembelajaran
  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 145—146
  2. Artikel/berita kasus media massa/media internet/perpustakaan


F.     Penilaian
  1. Penugasan: pengamatan dan penulisan laporan (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 146)
  2. Tes uraian
Contoh:
1.      Apa yang kalian lakuka jika kalian memiliki hak pilih dalam PEMILU?
2.      Bagaimana sikap kalian jika di daerahmu ada kegiatan pemilihan kepala desa, tetapi kalian belum boleh memilih?
3.      Bagaimana sikap kalian terhadap peraturan yang telah ditetapkan kepala desa?
4.      Setujukah kamu jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu dengan alasan penghematan keuangan negara! Berikan alasanmu!
5.      Setujukah kamu dengan pendapat bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak wajib mematuhi kebijakan pemerintah. Berikan alasanmu!

________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

No comments: