01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VII RPP 5



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VII RPP 5

                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                         :       SMP
Mata Pelajaran                           :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                          :       VII/I
Standar kompetensi                 :       2.     Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi Dasar                    :       2.2. Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama.
Indikator                                      :                Menjelaskan suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945.
                                                                         Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
 Menjelaskan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.

Alokasi waktu                            :       2 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.    Tujuan  Pembelajaran
        Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menjelaskan dengan singkat suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945;
2. menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945;
3. menguraikan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.

B.    Materi Pembelajaran
1.     Suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945
2.     Hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
3.     Pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945

C.    Metode
        Tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan belajar)
1.       Pertemuan I 

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.










3



Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan  Inti
a.       Tanya jawab dan penjelasan tentang suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945.
b.       Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber belajar (buku, artikel, naskah pidato) tentang suasana sidang BPUPKI tahun 1945 dan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.
c.        Melakukan simulasi yang menggambarkan suasana sidang BPUPKI , hasil sidang, dan pokok pikiran pembukaan UUD 1945.
d.       Mendiskusikan bagaimana jalannya simulasi yang telah dilakukan dan memberikan laporan tertulis.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.       Post test sebagai umpan balik bagi guru.
c.       Memberikan tugas-tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya sebagai tindak lanjut.
10  menit







60 menit










10 menit





2.       Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1








2









3.

Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

   Kegiatan  Inti
    a. Kajian pustaka dengan menelaah buku sumber (buku teks siswa) tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
    b.  Bertanya jawab tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
    c.  Dengan difasilitasi guru, siswa berusaha mengklarifikasi tentang hasil-hasil tanya jawab yang telah dilakukan sebelumnya.
    d. Siswa mengerjakan tugas-tugas individu.

Penutup
    a. Dengan bimbingan dan difasilitasi guru, siswa membuat rangkuman materi tentang suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 dan hasil-hasilnya.
     b. Mengadakan post test.
     c. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan  dipelajari pada minggu berikutnya.

10  menit





60 menit






10 menit


E.    Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS, 2007), hlm. 39—49
  • UUD 1945
  • Buku-buku litelatur yang berisi tentang Proklamasi
  • Artiel-artikel, teks Proklamasi
  • Narasumber (saksi hidup)

F.     Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sementara itu, untuk pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-3, penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan pengerjaan tugas-tugas. Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian berstruktur.


Contoh:
1.       Soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut dengan dengan benar, singkat, dan jelas!
1.    Jelaskan bagaimana gambaran suasana sidang BPUPKI!
2.    Sebutkan pokok pikiran Pembukaan UUD 1945!
3.    Uraikan bagaimana hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945!
2.       Contoh soal lisan selama proses pembelajaran
1.       Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki pemimpin (presiden)?
2.       Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki konstitusi ?
3.       Apa yang kalian ketahui tentang konstitusi?
4.       Apa nama konstitusi negara Indonesia?

                                                                                                                                                              ............,    ..........2007
                                    Mengetahui,                                                                                                                   
                                    Kepala SMP                                                                                                Guru Mata Pelajaran                                                        Guru Mata Pelajaran PK
                                               



                           __________________                                                                                     ___________________


No comments: