Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP IX RPP 7



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IX RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 7


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     IX/I
Standar Kompetensi         :     3.   Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat,
                                                      berbangsa, dan bernegara negara.
Kompetensi Dasar             :     3.3 Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan hakikat politik luar negeri bebas aktif.
·         Menjelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia.
·         Menjelaskan peranan Indonesia dalam percaturan internasional.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)


A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menjelaskan arti politik luar negeri yang bebas dan aktif;
  2. menunjukkan dasar hukum politik luar Indonesia yang bebas aktif;
  3. menyebutkan tujuan politik luar negeri RI;
  4. menjelaskan arti pentingnya hubungan internasional;
  5. menyebutkan peranan Indonesia dalam perdamaian dunia.

B.     Materi Pembelajaran

  1. Politik luar negeri Indonesia.
  2. Peran Indonesia dalam hubungan intrnasional pada era globalisasi.

C.    Metode Pembelajaran

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Ceramah bervariasi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


  1. Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.










2.










3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.


Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan hakikat politik luar negeri bebas aktif secara umum.
b.      Siswa melakukan studi pustaka untuk mencari pengertian, dasar hukum, tujuan  politik luar negeri bebas aktif.
c.       Siswa dibagi dalam 6 kelompok.
d.      Setiap kelompok diberi tugas yang berbeda.
e.       Kemudian, masing-masing kelompok melakukan presentasi.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa.
b.      Post test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit










60 menit










10 menit



  1. Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.







3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan peranan Indonesia dalam hubungan internasional secara umum.
b.      Siswa melakukan studi pustaka dan mendiskusikan peranan Indonesia dalam hubungan internasional.
c.       Siswa mempresentasikan hasil kajiannya di depan kelas.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa.
b.      Post test.
c.       Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit









60 menit







10 menit



 

E.     Sumber Pembelajaran

1.      Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78
2.      Artikel surat kabar
3.      Buku-buku (sumber) lain yang relevan


F.     Penilaian
  1. Mengemukakan pendapat (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 73)
  2. Diskusi (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 73). Format penilaian diskusi dapat dilihat pada Lampiran 1.
  3. Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan politik luar negeri Indonesia!
2.      Sebutkan contoh peranan Indonesia dalam hubungan internasional!




________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

No comments: