PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     5.   Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     5.1 Menjelaskan makna kedaulatan rakyat.
Indikator                           :     ·    Merumuskan pengertian kedaulatan rakyat.
·         Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan.
Alokasi Waktu                  :     8 x 40 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menyebutkan pengertian kedaulatan;
2.      membedakan kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar;
3.      mengemukakan 5 (lima  ) jenis teori kedaulatan;
4.      menjelaskan makna kedaulatan rakyat;
5.      menyebutkan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat;
6.      mengemukakan tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen;
7.      mengemukakan tugas dan kewajiban DPR;
8.      menyebutkan hak-hak DPR;
9.      menjelaskan peranan DPR dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat;
10.  mengemukakan tugas dan kewajiban DPD.
B. Materi Pokok
1.      Pengertian kedaulatan.
2.      Kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar.
3.      Jenis teori kedaulatan.
4.      Makna kedaulatan rakyat.
5.      Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.
C. Metode
- Telaah buku
 - Tanya jawab
 - Diskusi
 
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Pertemuan I
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan  a.       Siswa menyimak penjelasan guru tentang   indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran b.      Siswa membentuk kelompok diskusi dengan   topik yang telah ditentukan.   c.       Siswa menyiapkan bahan yang akan   didiskusikan.  Kegiatan Inti a.       Siswa mencermati materi dalam buku yang   berkaitan dengan kedaulatan rakyat. b.      Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya   dengan kelompok-kelompok yang telah dibentuk. c.       Siswa menyiapkan hasil diskusi   kelompoknya; kelompok lain menyimak dan memberi tanggapan. d.      Siswa memperhatikan klarifikasi yang   diberikan guru. Penutup  a.       Dibimbing guru, siswa membuat rangkuman   yang telah mendapat klarifikasi.  b.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan   guru berkaitan dengan materi kedaulatan rakyat.  |        10 Menit 60 Menit  10 menit  |        |   
2.         Pertemuan II
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan  a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai   indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran. b.      Siswa membentuk kelompok diskusi. c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi. Kegiatan Inti a.       Siswa melakukan kajian referensi dan kegiatan diskusi tentang lembaga-lembaga   pelaksana kedaulatan rakyat. b.        Siswa   menginventarisasi tugas dan   kewajiban lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat. c.         Siswa   membuat rangkuman hasil diskusi kelompoknya. Penutup a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan mengenai   lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat. b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai   bahan pendalaman materi.   |         10 Menit  60 Menit 10 Menit  |        |   
3.         Pertemuan III
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan  a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai   indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran. b.      Siswa membentuk kelompok diskusi. c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi. Kegiatan Inti a.         Siswa   mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya. Siswa menyimak klarifikasi dari guru tentang hasil diskusi. b.        Siswa   mermbuat simpulan hasil diskusi yang telah mendapat klarifikasi. Penutup a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan   sekitar tugas dan kewajiban MPR, DPR, dan DPD. b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai   bahan pendalaman materi.   |         10 Menit  60 Menit 10 Menit  |        |   
4.      Pertemuan IV
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan  a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai   indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran. b.      Siswa membentuk kelompok diskusi. c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi. Kegiatan Inti  a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi   kelompoknya.  b.      Siswa menyimak klarifikasi dari guru   tentang hasil diskusi. c.       Siswa mermbuat simpulan hasil diskusi   yang telah mendapat klarifikasi. Penutup  a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan   sekitar tugas dan kewajiban DPR Tingkat I, DPRD Tingkat II, dan BPD. b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai   bahan pendalaman materi.  |        10 Menit  60 menit  10   menit  |        |   
E.     Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS,      2007), hlm. 126—134.
 - Artikel/berita media massa/media internet
 - Foto tokoh pemerintahan
 - UUD 1945
 
F.     Penilaian
      Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan keempat.
- Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007,      hlm. 127, 134). Untuk format,      lihat Lampiran 1
 - Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls      VIII-Esis, 2007, hlm. 133)
 - Tes uraian
 
      Contoh:
- Jelaskan pengertian kedaulatan!
 - Bedakan makna kedaulatan ke dalam       dan kedaulatan ke luar!
 - Berdasarkan teori kedaulatan negara, apa teori yang       digunakan oleh Indonesia?       Tunjukan landasan hukumnya!
 - Jelaskan makna kedaulatan rakyat!
 - Sebutkan lembaga-lembaga pelaksana       kedaulatan rakyat!
 - Sebutkan tugas dan wewenang MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen!
 - Sebutkan tugas dan wewenang DPR!
 - Sebutkan hak-hak DPR!
 - Jelaskan fungsi dan peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang berasas       kedaulatan rakyat!
 - Sebutkan tugas DPD!
 
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn
______________                                                                          __________________


No comments:
Post a Comment