01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VIII RPP 17



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     5.   Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     5.1 Menjelaskan makna kedaulatan rakyat.
Indikator                           :     ·    Merumuskan pengertian kedaulatan rakyat.
·         Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan.
Alokasi Waktu                  :     8 x 40 menit (4 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menyebutkan pengertian kedaulatan;
2.      membedakan kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar;
3.      mengemukakan 5 (lima) jenis teori kedaulatan;
4.      menjelaskan makna kedaulatan rakyat;
5.      menyebutkan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat;
6.      mengemukakan tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen;
7.      mengemukakan tugas dan kewajiban DPR;
8.      menyebutkan hak-hak DPR;
9.      menjelaskan peranan DPR dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat;
10.  mengemukakan tugas dan kewajiban DPD.


B.     Materi Pokok

1.      Pengertian kedaulatan.
2.      Kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar.
3.      Jenis teori kedaulatan.
4.      Makna kedaulatan rakyat.
5.      Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.

C.    Metode

  1. Telaah buku
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


1.      Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.








2.











3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan.  
c.       Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan kedaulatan rakyat.
b.      Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok-kelompok yang telah dibentuk.
c.       Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya; kelompok lain menyimak dan memberi tanggapan.
d.      Siswa memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru.

Penutup
a.       Dibimbing guru, siswa membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi.
b.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan materi kedaulatan rakyat.

10 Menit








60 Menit











10 menit


2.         Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.






2.








3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi.
c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
a.       Siswa melakukan kajian referensi dan kegiatan diskusi tentang lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.
b.      Siswa menginventarisasi tugas dan kewajiban lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.
c.       Siswa membuat rangkuman hasil diskusi kelompoknya.

Penutup
a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan mengenai lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.
b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.

 10 Menit







60 Menit








10 Menit



3.         Pertemuan III

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.






2.








3.
Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi.
c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya. Siswa menyimak klarifikasi dari guru tentang hasil diskusi.
b.      Siswa mermbuat simpulan hasil diskusi yang telah mendapat klarifikasi.



Penutup
a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan sekitar tugas dan kewajiban MPR, DPR, dan DPD.
b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.

 10 Menit






60 Menit








10 Menit



4.      Pertemuan IV
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.






2.







3.

Pendahuluan
a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Siswa membentuk kelompok diskusi.
c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
b.      Siswa menyimak klarifikasi dari guru tentang hasil diskusi.
c.       Siswa mermbuat simpulan hasil diskusi yang telah mendapat klarifikasi.

Penutup
a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan sekitar tugas dan kewajiban DPR Tingkat I, DPRD Tingkat II, dan BPD.
b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.

10 Menit






60 menit







10 menit



E.     Sumber Pembelajaran
  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 126—134.
  2. Artikel/berita media massa/media internet
  3. Foto tokoh pemerintahan
  4. UUD 1945

F.     Penilaian

      Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan keempat.
  1. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 127, 134). Untuk format, lihat Lampiran 1
  2. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 133)
  3. Tes uraian
      Contoh:
    1. Jelaskan pengertian kedaulatan!
    2. Bedakan makna kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar!
    3. Berdasarkan teori kedaulatan negara, apa teori yang digunakan oleh Indonesia? Tunjukan landasan hukumnya!
    4. Jelaskan makna kedaulatan rakyat!
    5. Sebutkan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat!
    6. Sebutkan tugas dan wewenang MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen!
    7. Sebutkan tugas dan wewenang DPR!
    8. Sebutkan hak-hak DPR!
    9. Jelaskan fungsi dan peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat!
    10. Sebutkan tugas DPD!

________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn



______________                                                                          __________________

No comments: