Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP IX Silabus 2,



PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN IX SILABUS 2
SILABUS

Nama Sekolah                  : ................................................
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)
Kelas                               : IX
Semester                         : II (dua)
Standar Kompetensi          : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

3.1.  Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia.




·      Pengertian globalisasi.











·      Proses terjadinya globalisasi.


·      Bentuk-bentuk globalisasi.






·      Arti penting globalisasi bagi Indonesia.

Melakukan kajian referensi dan diskusi untuk memahami pengertian, proses terjadinya, bentuk globalisasi, dan arti penting globalisasi bagi Indonesia.

·  Menjelaskan makna globalisasi.










·  Menjelaskan proses terjadinya globalisasi.

·  Menyebutkan bentuk-bentuk globalisasi.




·  Menjelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia.

Tes tulis dan berbicara

Tes tulis



Tes tulis dan berbicara


Tes tertulis




Penugasan



Tes tulis



Tes tulis



Diskusi



Uraian



Mengemukakan pendapat



Uraian




Penulisan laporan


Uraian



Uraian



Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 60)


Apa yang dimaksud globalisasi?


Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 66)



Jelaskan proses terjadinya globalisasi!



Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007),
hlm. 66)

Sebutkan contoh bentuk globalisasi dalam bidang ekonomi!

Jelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia!

4 x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78, media cetak dan media elektronik


3.2.  Mendeskripsikan politik luar negeri Indonesia dalam hubungan internasional di era global.


·    Politik luar
negeri bebas
aktif

·    Hubungan
internasional di era global


Melakukan studi pustaka tentang politik luar negeri bebas aktif dan hubungan internasional di era global.



·   Menjelaskan hakikat politik luar negeri bebas aktif.

·   Menjelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia.





·   Menunjukkan peranan Indonesia dalam dunia Internasional

Tes tulis





Tes tulis dan berbicara


Penugasan




Tes tulis




Tes
Uraian




Mengemukakan pendapat



Mencari
Informasi dan membuat laporan

Uraian





Jelaskan apa yang dimaksud dengan politik luar negeri bebas aktif!



Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 73)



Aktivitas (Buku
teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 73)


Sebutkan peranan Indonesia dalam hubungan internasional!



8 X 40


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78, media cetak dan elektronik


3.3     Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Mengamati dan mengkaji dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui diskusi.

Menguraikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.




Tes tulis dan berbicara





Tes tulis






























Mengemukakan pendapat


Mengemukakan pendapat dan berdiskusi

Uraian






























Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 69—70)

Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 12)


Sebutkan contoh dampak positif maupun negatif globalisasi terhadap masyarakat, berbangsa, dan bernegara!

























4 X 40


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78, media cetak dan elektronik


3.4     Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi.

Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan.

Mengamati dan mengkaji dampak globalisasi dalam bidang ekonomi, politik, dan budaya.












Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.




Tes lisan








Tes tulis dan berbicara

Tes kreativitas

Penugasan







Uraian








Mengemukakan pendapat


Unjuk karya


Tugas
rumah






Bacalah surat  
kabar menyangkut pengaruh asing dalam bidang ekonomi di Indonesia. Buatlah komentar atau penilaian pengaruh globalisasi dalam bidang tersebut!

Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 75—76 )

Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 76)

Buatlah karangan singkat degan tema “sikap saya terhadap dampak positif dan negatif globalisasi terhadap kehidupan sekolah atau terhadap gaya hidup remaja”!

4 X 40

Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78, artikel media massa

SILABUS

Nama Sekolah                             : ................................................
Mata pelajaran                   : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas                               : IX
Semester                          : II (dua)
Standar Kompetensi            : 4. Menampilkan  prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

4.1     Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa


·   Pengertian
prestasi diri.

·   Pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri dan bagi keunggulan bangsa.

Mengkaji informasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan prestasi diri.


·        Menjelaskan hakikat prestasi diri.



·        Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri.








·        Menjelaskan arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa.


Tes tulis dan berbicara

Tes tulis


Tes tulis dan berbicara


Penugasan


Tes tulis



Penugasan


Tes tulis











Diskusi


Uraian


Mengemukakan pendapat


Isian


Uraian



Mencari informasi

Uraian











Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 81—82

Jelaskan pengertian prestasi diri!

Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 87—88)

Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 88)

Jelaskan pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri!

Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 88)

Jelaskan arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa!

4 x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 79—88

4.2 Mengenal
potensi diri untuk
berprestasi sesuai
kemampuan.

Potensi diri
dan potensi bangsa.

Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang petensi diri dan potensi bangsa.


·        Mengidentifikasi potensi diri masing-masing.




·        Mengidentifikasi potensi bangsa.




·        Menjelaskan pentingnya menggali potensi diri.


Portofolio



Penugasan


Tes tulis dan berbicara

Tes tulis


Tes tulis






Dokumen prestasi


Diskusi


Mengemukakan pendapat

Uraian


Uraian






Kumpulkanlah bukti-bukti prestasi yang kamu miliki!


Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 93)

Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 93)

Sebutkan contoh potensi bangsa Indonesia!

Jelaskan pentingnya menggali potensi diri!


4 X 40


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 88—101, media cetak


4.3   Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.

Prestasi bagi keunggulan bangsa dan negara

Berperan aktif dalam kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi bagi keunggulan bangsa dan negara.

Menunjukkan berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.


Penugasan








Tes tulis dan berbicara


Tes kreativitas dan berbicara




Laporan








Mengemukakan pendapat


Unjuk karya dan diskusi

Sebutkan aktivitasmu untuk meningkatkan prestasi dalam berbagai organisasi untuk, baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalmu. Buatlah laporannya!

Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 98)


Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 99)






4 X 40

Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 88—101, organisasi atau perkumpulan penyaluran bakat dan minat

No comments: