PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN IX SILABUS 2
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)
Kelas : IX
Semester : II (dua)
Standar Kompetensi : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
3.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia. | · Pengertian globalisasi. · Proses terjadinya globalisasi. · Bentuk-bentuk globalisasi. · Arti penting globalisasi bagi | Melakukan kajian referensi dan diskusi untuk memahami pengertian, proses terjadinya, bentuk globalisasi, dan arti penting globalisasi bagi | · Menjelaskan makna globalisasi. · Menjelaskan proses terjadinya globalisasi. · Menyebutkan bentuk-bentuk globalisasi. · Menjelaskan arti penting globalisasi bagi | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis dan berbicara Tes tertulis Penugasan Tes tulis Tes tulis | Diskusi Uraian Mengemukakan pendapat Uraian Penulisan laporan Uraian Uraian | Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 60) Apa yang dimaksud globalisasi? Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 66) Jelaskan proses terjadinya globalisasi! Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 66) Sebutkan contoh bentuk globalisasi dalam bidang ekonomi! Jelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia! | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78, media cetak dan media elektronik |
3.2. Mendeskripsikan politik luar negeri Indonesia dalam hubungan internasional di era global. | · Politik luar negeri bebas aktif · Hubungan internasional di era global | Melakukan studi pustaka tentang politik luar negeri bebas aktif dan hubungan internasional di era global. | · Menjelaskan hakikat politik luar negeri bebas aktif. · Menjelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia. · Menunjukkan peranan Indonesia dalam dunia Internasional | Tes tulis Tes tulis dan berbicara Penugasan Tes tulis | Tes Uraian Mengemukakan pendapat Mencari Informasi dan membuat laporan Uraian | Jelaskan apa yang dimaksud dengan politik luar negeri bebas aktif! Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 73) Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 73) Sebutkan peranan | 8 X 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78, media cetak dan elektronik |
3.3 Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. | Dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. | Mengamati dan mengkaji dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui diskusi. | Menguraikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis | Mengemukakan pendapat Mengemukakan pendapat dan berdiskusi Uraian | Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 69—70) Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 12) Sebutkan contoh dampak positif maupun negatif globalisasi terhadap masyarakat, berbangsa, dan bernegara! | 4 X 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78, media cetak dan elektronik |
3.4 Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi. | Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan. | Mengamati dan mengkaji dampak globalisasi dalam bidang ekonomi, politik, dan budaya. | Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. | Tes lisan Tes tulis dan berbicara Tes kreativitas Penugasan | Uraian Mengemukakan pendapat Unjuk karya Tugas rumah | Bacalah surat kabar menyangkut pengaruh asing dalam bidang ekonomi di Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 75—76 ) Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 76) Buatlah karangan singkat degan tema “sikap saya terhadap dampak positif dan negatif globalisasi terhadap kehidupan sekolah atau terhadap gaya hidup remaja”! | 4 X 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78, artikel media |
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas : IX
Semester : II (dua)
Standar Kompetensi : 4. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
4.1 Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa | · Pengertian prestasi diri. · Pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri dan bagi keunggulan bangsa. | Mengkaji informasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan prestasi diri. | · Menjelaskan hakikat prestasi diri. · Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri. · Menjelaskan arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis dan berbicara Penugasan Tes tulis Penugasan Tes tulis | Diskusi Uraian Mengemukakan pendapat Isian Uraian Mencari informasi Uraian | Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 81—82 Jelaskan pengertian prestasi diri! Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 87—88) Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 88) Jelaskan pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri! Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 88) Jelaskan arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa! | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 79—88 |
4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan. | Potensi diri dan potensi bangsa. | Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang petensi diri dan potensi bangsa. | · Mengidentifikasi potensi diri masing-masing. · Mengidentifikasi potensi bangsa. · Menjelaskan pentingnya menggali potensi diri. | Portofolio Penugasan Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis | Dokumen prestasi Diskusi Mengemukakan pendapat Uraian Uraian | Kumpulkanlah bukti-bukti prestasi yang kamu miliki! Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 93) Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 93) Sebutkan contoh potensi bangsa Indonesia! Jelaskan pentingnya menggali potensi diri! | 4 X 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 88—101, media cetak |
4.3 Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa. | Prestasi bagi keunggulan bangsa dan negara | Berperan aktif dalam kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi bagi keunggulan bangsa dan negara. | Menunjukkan berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa. | Penugasan Tes tulis dan berbicara Tes kreativitas dan berbicara | Laporan Mengemukakan pendapat Unjuk karya dan diskusi | Sebutkan aktivitasmu untuk meningkatkan prestasi dalam berbagai organisasi untuk, baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalmu. Buatlah laporannya! Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 98) Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 99) | 4 X 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 88—101, organisasi atau perkumpulan penyaluran bakat dan minat |
No comments:
Post a Comment