PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar : 1.2 Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.
Indikator : · Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan bahwa nilai-nilai Pancasila digali dari budaya bangsa Indonesia sejak zaman nenek moyang;
2. menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila Pertama;
3. menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila kedua;
4. menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila ketiga;
5. menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila keempat;
6. menguraikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila kelima.
B. Materi Pembelajaran
Nilai-nilai Pancasila
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Tanya jawab
- Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti a. Secara berkelompok, siswa ditugaskan menelaah nilai-nilai Pancasila melalui berbagai buku sumber. b. Siswa mempresentasikan hasil telaah di depan kelas. Penutup a. Melakukan post test. b. Melakukan refleksi. c. Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempersiapkan presentasi untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
- Pertemuan II
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti a. Siswa menelaah acara televisi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan mendiskusikannya dalam kelompok. b. Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa. Penutup a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi. b. Melakukan refleksi. c. Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 19—24.
- Buku atau tulisan tentang Pancasila
- Media internet
F. Penilaian
- Mencari informasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 26)
- Tes pilihan ganda
Contoh:
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara
lain adalah ....
a. menghargai perbedaan pendapat
b. menghragai hasil karya orang lain
c. memiliki semangat gotong-royong
d. menjunjung tinggi prinsip persamaan derajat*
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 25)
- Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
Berikan 5 contoh sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila di lingkungan sekolah!
- Penugasan (Tugas Proyek dan Presentasi)
Bentuklah lima kelompok. Tugas setiap kelompok adalah mengidentifikasi dan menunjukkan berbagai adat istiadat, budaya, atau kebiasaan hidup sehari-hari dalam lingkungan kalian yang mencermin kan perwujudan salah satu sila dari Pancasila. Setiap kelompok mengidentifikasi sila yang berbeda. Laporkan hasil kerja kelompok kalian di hadapan kelompok lain!
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok/presentasi.
No | Nama | Aspek Penilaian | Total Nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan Mengemukakan Pendapat | Kerja sama | | | ||
| | | | | | | | |
Keterangan: nilai maksimal 20
_______, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PKn
No comments:
Post a Comment