01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VIII Silabus



PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN VIII SILABUS 2
SILABUS
Nama Sekolah                  : ................................................
Kelas                               : VIII
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Semester                          : II (dua)
Standar Kompetensi          : 4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN

WAKTU
SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

4.1     Menjelaskan hakikat demokrasi.



Hakikat demokrasi.


























Menelaah buku atau artikel tentang  demokrasi dan perkembangannya

·      Menjelaskan
pengertian demokrasi.













·      Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi.








·      Menguraikan macam-macam demokrasi.



Tes tulis dan berbicara

Penugasan


Tes tulis



Tes tulis dan berbicara




Tes tulis











Tes tulis








Diskusi


Mencari informasi

Tes
uraian


Mengemukakan pendapat

Membuat tulisan


Tes
Pilihan ganda










Tes
Pilihan ganda






(buku PKn Kls VIII-Esis, 2007,
hlm. 101)

Hunting (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 103)

Jelaskan pengertian demokrasi secara etimologis maupun terminologis!

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110)

Kreativitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110)

Pelaksanaan demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat  terlaksana karena ....
a. jumlah penduduk
    nya sedikit*
b. permasalahannya sederhana
c. kehidupan politik-nya stabil
d.  Masyarakatnya homogen
(buku PKn Kls VIII-Esis, 2007,
hlm. 122—123)


Demokrasi yang diterapkan di negara-negara Barat, seperti Amerika Serikat, adalah demokrasi ....
a.    rakyat
b.    liberal*
c.    totaliter
d.    terpimpin

4 x 40’



Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 100—118 (ESIS, 2007), artikel



4.2     Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.



Pentingnya kehidupan demokrasi

Menelaah buku dan mendiskusikan  pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbagsa dan bernegara.


·      Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi.



·       Menjelaskan akibat jika tidak menerapkan kehidupan demokratis.

Tes tulis dan berbicara

Tes tulis



Penugasan



Mengemukakan pendapat

Tes uraian



 Pengamatan dan penulisan laporan

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 117)

Jelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam menata kehidupan bersama!

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 118)

4x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 100—118 (ESIS, 2007), artikel, dan lain-lain



4.3     Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan


Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan.

Mengamati dan melaksanakan nilai-nilai demokratis dal kehidupan sehari-hari.

·      Memberi contoh nilai-nilai demokratis dalam kehidupan sehari-hari.

·      Memberi contoh nilai-nilai demokratis dalam kehidupan
sekolah.


·      Menampilkan sikap demokratis dalam kehidupan masyarakat.



Penugasan



Tes tulis



Tes tulis


Berbicara





Tes tulis dan berbicara

Tes kreativitas


Pengamatan dan penulisan laporan

Tes uraian



Tes uraian


Diskusi dan demontrasi




Mengemukakan pendapat

Unjuk karya



Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 121)


Tunjukkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari!


Tunjukan nilai-nilai demokrasi dalam berdiskusi!

Demontrasikan cara pemilihan pemimpin (ketua Osis, ketua kelas, dan lain-lain) secara demokratis.
Analisislah nilai-nilai demokrasi dalam pemilihan tersebut!

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 120)

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 121)


4 x 40’

Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 118—121 (ESIS, 2007), artikel/berita media massa


SILABUS
Nama Sekolah                  : ................................................
Kelas                               : VIII
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                          : II (dua)
Standar Kompetensi          : 5. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

5.1 Menjelaskan
      makna kedaulatan rakyat.



Kedaulatan rakyat.  

Melakukan kajian referensi dan
menelaah artikel dan gambar-gambar yang berkaitan dengan kedaulatan rakyat.



·     Merumuskan pengertian kedaulatan rakyat.


·     Menyebutkan landasan hukum kedaulatan rakyat di Indonesia.


·     Menjelaskan bahwa negara Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat.




Tes tulis dan berbicara

Tes tulis


Tes tulis





Tes tulis dan berbicara

Tes tulis




Tes tulis dan berbicara





Diskusi


Tes uraian


Tes uraian





Mengemukakan pendapat

Tes uraian




Diskusi

(buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 127)

Jelaskan pengertian kedaulatan rakyat!

Sebutkan landasan hukum yang terdapat dalam UUD 1945 bahwa negara Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 133)

Jelaskan dengan contoh negara Indonesia adalah negara yang berkedaulalatan rakyat

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 134)





4 x 40’



Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 126—134 (ESIS, 2007), UUD 1945, artikel/berita media massa



5.2.   Mendeskripsikan sistem
pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.


Kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan negara Indonesia.

Melakukan kajian referensi dan
menelaah UUD 145 yang berkaitan dengan pasal-pasal tentang lembaga-lembaga negara.

·     Mejelaskan sistem
pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945.


·     Menyebutkan lembaga-lembaga negara pelaksana kedaulatan rakyat.

·     Menjelaskan tugas lembaga-lembaga negara.


Tes tulis dan berbicara

Tes tulis




Tes tulis dan berbicara

Tes tulis



Penugasan



Tes tulis

Mengemukakan pendapat

Tes uraian




Mengemukakan pendapat

Tes uraian



Mencari informasi dan diskusi

Tes uraian

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 139)

Bagaimana sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 hasil amandemen?

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 144—145)

Sebutkan lembaga-lembaga negara pelaksana kedaulatan rakyat!

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 140 dan 145)

Sebutkan tugas dan wewenang MPR!

8 x 40’



Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 134—145 (ESIS, 2007), UUD  1945, artikel/berita media massa



5.3.   Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.


Sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.

Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap kedaulatan rakyat.

·     Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat.

·     Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia.


Tes tulis





Penugasan



Tes tulis



Tes uraian





Pengamatan dan penulisan laporan

Tes uraian



Setujukah kamu jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu dengan alasan penghematan keuangan negara? Berikan alasanmu!

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 146)


Bagaimana menurutmu tentang pendapat bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak wajib mematuhi kebijakan pemerintah?

4 x 40’

Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 145—146 (ESIS, 2007, artikel/berita media massa


No comments: