
PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN VIII SILABUS 2
SILABUS
Nama Sekolah                  : ................................................
Kelas                               : VIII
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Semester                          : II (dua)
Standar Kompetensi          : 4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan.
|      KOMPETENSI DASAR  |          MATERI POKOK  |          KEGIATAN PEMBELAJARAN  |          INDIKATOR  |          PENILAIAN  |          WAKTU  |          SUMBER PEMBELAJARAN  |    ||
|      TEKNIK  |          BENTUK  |          CONTOH INSTRUMEN  |    ||||||
|     4.1     Menjelaskan hakikat demokrasi.  |        Hakikat   demokrasi.  |        Menelaah   buku atau artikel tentang  demokrasi   dan perkembangannya  |        ·      Menjelaskan pengertian   demokrasi. ·        Menguraikan sejarah perkembangan   demokrasi. ·        Menguraikan macam-macam demokrasi.  |        Tes tulis dan berbicara Penugasan Tes tulis Tes tulis dan berbicara Tes   tulis Tes   tulis  |        Diskusi Mencari informasi Tes uraian Mengemukakan pendapat Membuat tulisan Tes Pilihan   ganda  Tes Pilihan   ganda  |        (buku   PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 101) Hunting (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 103) Jelaskan   pengertian demokrasi secara etimologis maupun terminologis! Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110) Kreativitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110) Pelaksanaan   demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat  terlaksana karena .... a.   jumlah penduduk     nya sedikit* b. permasalahannya sederhana c. kehidupan politik-nya   stabil d. Masyarakatnya homogen (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 122—123) Demokrasi   yang diterapkan di negara-negara Barat,   seperti Amerika Serikat, adalah demokrasi .... a.    rakyat b.    liberal* c.    totaliter d.    terpimpin  |        4 x 40’  |        Buku   Pendidikan   Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,  hlm. 100—118 (ESIS, 2007), artikel  |   
|     4.2     Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam   bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.  |        Pentingnya   kehidupan demokrasi   |        Menelaah   buku dan mendiskusikan  pentingnya   kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbagsa dan bernegara.  |        ·        Menjelaskan pentingnya kehidupan   demokrasi. ·         Menjelaskan akibat jika tidak menerapkan   kehidupan demokratis.  |        Tes tulis dan berbicara Tes   tulis Penugasan     |        Mengemukakan pendapat Tes uraian  Pengamatan   dan penulisan laporan  |        Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 117) Jelaskan   pentingnya kehidupan demokrasi dalam menata kehidupan bersama! Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 118)  |        4x 40’  |        Buku   Pendidikan   Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,  hlm. 100—118 (ESIS, 2007), artikel, dan lain-lain   |   
|     4.3     Menunjukkan   sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan  |        Demokrasi   dalam berbagai aspek kehidupan.  |        Mengamati   dan melaksanakan nilai-nilai demokratis dal kehidupan sehari-hari.  |        ·        Memberi contoh nilai-nilai   demokratis dalam kehidupan sehari-hari. ·      Memberi contoh nilai-nilai demokratis dalam kehidupan  sekolah.  ·        Menampilkan sikap demokratis dalam   kehidupan masyarakat.  |        Penugasan  Tes   tulis Tes tulis Berbicara Tes tulis dan berbicara Tes kreativitas  |        Pengamatan dan penulisan laporan Tes uraian Tes uraian Diskusi dan demontrasi Mengemukakan pendapat Unjuk karya  |        Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 121) Tunjukkan   nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari! Tunjukan   nilai-nilai demokrasi dalam berdiskusi! Demontrasikan   cara pemilihan pemimpin (ketua Osis,   ketua kelas, dan lain-lain) secara   demokratis. Analisislah   nilai-nilai demokrasi dalam pemilihan tersebut! Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 120) Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 121)  |        4 x 40’  |        Buku   Pendidikan   Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,  hlm. 118—121 (ESIS, 2007), artikel/berita media     |   
SILABUS
Nama Sekolah                  : ................................................
Kelas                               : VIII
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                          : II (dua)
Standar Kompetensi          : 5. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
|      KOMPETENSI DASAR  |          MATERI POKOK  |          KEGIATAN PEMBELAJARAN  |          INDIKATOR  |          PENILAIAN  |          WAKTU  |          SUMBER PEMBELAJARAN  |    ||
|      TEKNIK  |          BENTUK  |          CONTOH    INSTRUMEN  |    ||||||
|     5.1 Menjelaskan       makna   kedaulatan rakyat.  |        Kedaulatan   rakyat.    |        Melakukan kajian referensi dan menelaah artikel dan gambar-gambar   yang berkaitan dengan kedaulatan rakyat.  |        ·       Merumuskan pengertian kedaulatan   rakyat. ·     Menyebutkan   landasan hukum kedaulatan rakyat di Indonesia. ·     Menjelaskan   bahwa negara Indonesia adalah negara yang   berkedaulatan rakyat.  |        Tes tulis dan berbicara Tes   tulis Tes   tulis Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis dan berbicara  |        Diskusi Tes uraian Tes uraian Mengemukakan pendapat Tes uraian Diskusi   |        (buku   PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 127) Jelaskan   pengertian kedaulatan rakyat! Sebutkan   landasan hukum yang terdapat dalam UUD 1945 bahwa negara Indonesia adalah   negara yang berkedaulatan rakyat Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 133) Jelaskan   dengan contoh negara Indonesia adalah negara yang   berkedaulalatan rakyat Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 134)  |        4   x 40’  |        Buku   Pendidikan   Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,  hlm. 126—134 (ESIS, 2007), UUD 1945, artikel/berita media   |   
|     5.2.   Mendeskripsikan   sistem  pemerintahan Indonesia dan   peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.  |        Kedaulatan   rakyat dan sistem    pemerintahan negara     |        Melakukan kajian referensi dan  menelaah   UUD 145 yang berkaitan dengan pasal-pasal tentang lembaga-lembaga   negara.  |        ·       Mejelaskan sistem  pemerintahan Indonesia   berdasarkan UUD 1945. ·       Menyebutkan lembaga-lembaga negara   pelaksana kedaulatan rakyat. ·       Menjelaskan tugas lembaga-lembaga   negara.  |        Tes tulis dan berbicara Tes   tulis Tes tulis dan berbicara Tes   tulis Penugasan Tes tulis  |        Mengemukakan pendapat Tes uraian Mengemukakan pendapat Tes uraian Mencari informasi dan diskusi Tes uraian  |        Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 139) Bagaimana   sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 hasil   amandemen? Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 144—145) Sebutkan   lembaga-lembaga negara pelaksana kedaulatan rakyat! Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 140 dan 145) Sebutkan   tugas dan wewenang MPR!  |        8   x 40’  |        Buku   Pendidikan   Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,  hlm. 134—145 (ESIS, 2007), UUD  1945,   artikel/berita media   |   
|     5.3.   Menunjukkan   sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.  |        Sikap   positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.  |        Mengamati   dan mendiskusikan sikap terhadap kedaulatan rakyat.  |        ·       Menunjukkan sikap positif terhadap   kedaulatan rakyat. ·       Menunjukkan sikap positif terhadap   pemerintahan Indonesia.  |        Tes   tulis Penugasan Tes   tulis  |        Tes uraian Pengamatan dan penulisan laporan Tes uraian  |        Setujukah kamu   jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu dengan alasan penghematan keuangan   negara? Berikan alasanmu! Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 146) Bagaimana menurutmu tentang pendapat bahwa   setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak wajib mematuhi kebijakan   pemerintah?  |        4   x 40’  |        Buku   Pendidikan   Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,  hlm. 145—146 (ESIS, 2007, artikel/berita media     |   

No comments:
Post a Comment