PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN VIII SILABUS 2
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Kelas : VIII
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Semester : II (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
4.1 Menjelaskan hakikat demokrasi. | Hakikat demokrasi. | Menelaah buku atau artikel tentang demokrasi dan perkembangannya | · Menjelaskan pengertian demokrasi. · Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi. · Menguraikan macam-macam demokrasi. | Tes tulis dan berbicara Penugasan Tes tulis Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis | Diskusi Mencari informasi Tes uraian Mengemukakan pendapat Membuat tulisan Tes Pilihan ganda Tes Pilihan ganda | (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 101) Hunting (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 103) Jelaskan pengertian demokrasi secara etimologis maupun terminologis! Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110) Kreativitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110) Pelaksanaan demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat terlaksana karena .... a. jumlah penduduk nya sedikit* b. permasalahannya sederhana c. kehidupan politik-nya stabil d. Masyarakatnya homogen (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 122—123) Demokrasi yang diterapkan di negara-negara Barat, seperti Amerika Serikat, adalah demokrasi .... a. rakyat b. liberal* c. totaliter d. terpimpin | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 100—118 (ESIS, 2007), artikel |
4.2 Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. | Pentingnya kehidupan demokrasi | Menelaah buku dan mendiskusikan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbagsa dan bernegara. | · Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi. · Menjelaskan akibat jika tidak menerapkan kehidupan demokratis. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Penugasan | Mengemukakan pendapat Tes uraian Pengamatan dan penulisan laporan | Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 117) Jelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam menata kehidupan bersama! Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 118) | 4x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 100—118 (ESIS, 2007), artikel, dan lain-lain |
4.3 Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan | Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan. | Mengamati dan melaksanakan nilai-nilai demokratis dal kehidupan sehari-hari. | · Memberi contoh nilai-nilai demokratis dalam kehidupan sehari-hari. · Memberi contoh nilai-nilai demokratis dalam kehidupan sekolah. · Menampilkan sikap demokratis dalam kehidupan masyarakat. | Penugasan Tes tulis Tes tulis Berbicara Tes tulis dan berbicara Tes kreativitas | Pengamatan dan penulisan laporan Tes uraian Tes uraian Diskusi dan demontrasi Mengemukakan pendapat Unjuk karya | Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 121) Tunjukkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari! Tunjukan nilai-nilai demokrasi dalam berdiskusi! Demontrasikan cara pemilihan pemimpin (ketua Osis, ketua kelas, dan lain-lain) secara demokratis. Analisislah nilai-nilai demokrasi dalam pemilihan tersebut! Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 120) Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 121) | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 118—121 (ESIS, 2007), artikel/berita media |
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Kelas : VIII
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
5.1 Menjelaskan makna kedaulatan rakyat. | Kedaulatan rakyat. | Melakukan kajian referensi dan menelaah artikel dan gambar-gambar yang berkaitan dengan kedaulatan rakyat. | · Merumuskan pengertian kedaulatan rakyat. · Menyebutkan landasan hukum kedaulatan rakyat di Indonesia. · Menjelaskan bahwa negara Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis dan berbicara | Diskusi Tes uraian Tes uraian Mengemukakan pendapat Tes uraian Diskusi | (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 127) Jelaskan pengertian kedaulatan rakyat! Sebutkan landasan hukum yang terdapat dalam UUD 1945 bahwa negara Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 133) Jelaskan dengan contoh negara Indonesia adalah negara yang berkedaulalatan rakyat Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 134) | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 126—134 (ESIS, 2007), UUD 1945, artikel/berita media |
5.2. Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat. | Kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan negara | Melakukan kajian referensi dan menelaah UUD 145 yang berkaitan dengan pasal-pasal tentang lembaga-lembaga negara. | · Mejelaskan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945. · Menyebutkan lembaga-lembaga negara pelaksana kedaulatan rakyat. · Menjelaskan tugas lembaga-lembaga negara. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis dan berbicara Tes tulis Penugasan Tes tulis | Mengemukakan pendapat Tes uraian Mengemukakan pendapat Tes uraian Mencari informasi dan diskusi Tes uraian | Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 139) Bagaimana sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 hasil amandemen? Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 144—145) Sebutkan lembaga-lembaga negara pelaksana kedaulatan rakyat! Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 140 dan 145) Sebutkan tugas dan wewenang MPR! | 8 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 134—145 (ESIS, 2007), UUD 1945, artikel/berita media |
5.3. Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia. | Sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia. | Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap kedaulatan rakyat. | · Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat. · Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia. | Tes tulis Penugasan Tes tulis | Tes uraian Pengamatan dan penulisan laporan Tes uraian | Setujukah kamu jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu dengan alasan penghematan keuangan negara? Berikan alasanmu! Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 146) Bagaimana menurutmu tentang pendapat bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak wajib mematuhi kebijakan pemerintah? | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 145—146 (ESIS, 2007, artikel/berita media |
No comments:
Post a Comment