01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VII RPP 7



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VII RPP 7

                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                         :       SMP
Mata Pelajaran                           :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                          :       VII/I
Standar kompetensi                 :       2.     Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar                    :       2.4. Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi  kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama.

Indikator                                      :       Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan UUD konstitusi pertama.

Alokasi waktu                            :       4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan;
2. menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan;
3. menunjukkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuangannya);
4. menunjukkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.

B. Materi Pembelajaran
1. Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2. Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan.
3. Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuanganya).
4. Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.

C. Metode
Ceramah bervariasi dan penugasan.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
       1. Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1








2










3

Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan.
b.       Guru memberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat.
c.        Beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya, siswa lain menanggapi.
d.       Guru memberikan klarifikasi.
e.        Guru meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap makna kemerdekaan yang dirasakannya.
Penutup
Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilakukan.
10  menit








60 menit










10 menit



       2. Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan

1.








2.









3.


Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
  
Kegiatan  Inti
a.      Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang nilai-nilai 45 dan hubungannya dengan kehidupan masa kini.
b.      Guru membagi siswa dalam 8 kelompok.
c.       Tiap kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai 45 dalam mengisi kemerdekaan.
d.      Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
e.       Kelompok lain menanggapi.
f.        Guru memberikan klarifikasi

Penutup
a.       Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b.       Siswa mengisi kuesioner: check list (V)


10  menit








60 menit









10 menit


E.    Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS,
2007), hlm. 60—66
  • UUD 1945
  • Buku-buku litelatur yang berisi tentang Proklamasi
  • Artikel-artikel, teks Proklamasi

F.     Penilaian

Petunjuk: berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO
PERNYATAAN
YA
TDK
1
Proklamasi membawa kebebasan bagi bangsa Indonesia.


2
Di negara yang merdeka, setiap warga negara bebas melakukan apa saja.


3
Pada saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945, bangsa Indonesia belum mempunyai presiden.


4
UUD 1945 pertama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI.


5
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945



Keterangan:
Ya: sependapat dengan pernyataan  (skor 1 jika pernyataan positif; skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk: tidak sependapat dengan pernyataan (skor 0 jika pernyataan positif; skor 1 jika pernyataan negatif)

                                                                                                                                                              .............,     Juli  2007
                                    Mengetahui,                                                                                                                   
                                    Kepala SMP                                                                                                Guru Mata Pelajaran                                                        Guru Mata Pelajaran PK
                                               


                           __________________                                                                                     ___________________


G. Kunci Jawaban Evaluasi Bab 2
A. Pilihan Ganda (hlm. 53—54)

  1. c. ingin berdagang
  2. b. Budi utomo
  3. b. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
  4. b. BPUPKI
  5. b. PPKI
  6. c. titik puncak perjuangan rakyat Indonesia
  7. a. Alinea pertama
  8. d. Alinea keempat
  9. Ralat soal: tambahkan kata kecuali, jawaban a. cinta tanah air, sifat kesukuan, dan rela berkorban
  10. d. bangsa Indonesia

B. Soal Uraian (hlm. 54)
1.       Konstitusi adalah aturan-aturan yang menjadi pedoman, pengarah sekaligus yang menjiwai langkah bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan dan kedamaian. Konsitusi pertama Indonesia adalah UUD 1945 yang disusun oleh BPUPKI dan disahkan oleh PPKI.
2.       Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 mengandung makna sebagai pernyataan bahwa bangsa Indonesia yang sebelumnya terjajah menjadi bangsa yang merdeka; merupakan titik puncak perjuangan bagsa Indonesia; dan sebagai sumber lahirnya republik Indonesia.
3.       Proklamasi adalah titik awal yang merupakan pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dengan pernyataan tersebut, bangsa Indonesia yang semula terjajah menjadi bangsa yang merdeka. Sebagai bangsa yang merdeka, diperlukan aturan-aturan dalam sebuah konsitusi, yaitu UUD 1945.
4.       Karena pembukaan UUD 1945 berisi cita-cita, tujuan negara, makna perjuangan, dan lain sebagainya yang merupakan dasar kemerdekaan bangsa Indonesia. Mengubah isi pembukaan UUD 1945 berarti membubarkan negara hasil Proklamasi 17 Agustus 1945.
5.       Timbul rasa nasionalisme di dalam tubuh pemuda-pemuda Indonesia. Para pemuda berikrar untuk meleburkan segala perbedaan dalam satu identitas, yaitu Indonesia.



Kunci Jawaban Evaluasi Semester 1

A. Pilihan Ganda (hlm. 55-58)
  1. c. untuk mengatur hubungan atau interaksi antarsesama individu dalam masyarakat agar tercapai suatu keseimbangan antara kepentingan individu satu dengan individu lainnya.
  2. a. berbicara dengan sopan dan menggunakan pakaian yang rapi.
  3. c. norma sopan santun dan adat
  4. a. seseorang mencuri, kemudian dipenjara sebagai sanksi atas perbuatannya
  5. b. peraturan-peraturan hidup kemasyrakatan yang dapat memaksa orang untuk menaati tata tertib dalam amsyarakat serta memberi sanksi yang tegas (berupa hukuman) terhadap siapa saja yang tidak menaatinya
  6. d. menciptakan suasana yang dipenuhi oleh rasa keadilan
  7. c. sumbernya
  8. a. kebiasaan
  9. c. hukum traktat
  10. b. pidana
  11. c. keluarga
  12. d. mendukung terselenggaranya ketertiban dan kedisplinan di sekolah
  13. a. melakukan perintah Tuhan dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang agama
  14. a. ciptaan manusia berupa norma-norma yangberisikan petunjuk tingkah laku tentang apa yang boleh dilakukan, yang dilarang, dan dianjurkan untuk dilakukan
  15. a. hukum tertulis dan hukum tidak tertulis
  16. b. hukum yang memuat peraturan-peraturan yang mengatur kepentingan dan hubungan yang berwujud perintah dan larangan
  17. a. memperjuangkan kepentingan golongan, etnis, dan kedaerahan
  18. d. semangat patriotisme
  19. b. sebagai gambaran keunggulan ras Indonesia dibendingkan ras lain di dunia
  20. c. UUD 1945

B. Soal Uraian (hlm. 58)
  1. Yang dimaksud dengan norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat.
  2. Perbedaan norma, adat istiadat, peraturan, dan kebiasaan:
norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat; adat istidat adalah kaidah yang telah lama ada dan menjadi tradisi masyarakat; peraturan adalah tatanan yang sengaja dibuat untuk mengatur; sedangkan kebiasaan adalah hasil perbuatan yang dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan masyarakat tertentu.
  1. Perbedaan norma agama dan norma hukum:
norma agama bertujuan menyempurnakan manusia, asal usul dan sanksi berasal dari Tuhan ; sedangkan norma hukum bertujuan menertibkan masyarakat, asal usul berasal dari masyarakat.
  1.  Kita perlu hukum untuk menjamin ketertiban, mencapai keadilan, perdamaian, dan kesejahteraan masyarakat.
  2. Fungsi hukum bagi suatu negara adalah memberi kepastian bahwa hak-hak negara tidak dilanggar.
  3. Proklamasi merupakan titik puncak perjuangan bangsa dan sebagai sumber lahirnya Indonesia.
  4.  Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 mengandung makna sebagai pernyataan bahwa bangsa Indonesia yang sebelumnya terjajah menjadi bangsa yang merdeka.
  5. Pembukaan UUD 1945 yang terdiri dari empat alenia mengandung pernyataan yang menjadi cita-cita luhur dari Proklamasi.
  6. Sumpah Pemuda merupakan puncak dari tekad para pemuda untuk bersatu dan meleburkan segala perbedaan etnis, agama, dan golongan dalam satu identitas bersama, yaitu Indonesia.
  7. Menerapkan sikap nasionalisme, patriotisme, rela berkorban, pantang menyerah, berani membela kebenaran, dan musyawarah dalam kehidupan sehari-hari.

No comments: