PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IX RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 10
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : IX/I
Standar Kompetensi : 4. Menampilkan prestasi diri sesuai dengan kemampuan demi keunggulan bangsa.
Kompetensi Dasar : 4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan.
Indikator : · Mengidentifikasi potensi diri masing-masing.
· Mengidentifikasi potensi bangsa.
· Menjelaskan pentingnya menggali potensi diri.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- menjelaskan pengertian potensi diri;
- menyebutkan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri;
- menjelaskan pentingnya menggali potensi diri;
- mengidentifikasi potensi diri masing-masing;
- mengidentifikasi potensi bangsa;
- menjelaskan pentingnya menggali potensi bangsa.
B. Materi Pembelajaran
- Potensi diri.
- Potensi bangsa
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Tanya jawab
- Ceramah bervariasi
- Penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
- Pertemuan I
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
Kegiatan Inti a. Menggali informasi dengan tanya jawab tentang potensi diri. b. Siswa dibagi dalam 4 kelompok. c. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan:
d. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas; kelompok lain menanggapi. e. Guru memberi klarifikasi terhadap pendapat setiap kelompok. Penutup a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa. b. Post test. c. Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
- Pertemuan II
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan konsep umum potensi diri, cara mengidentifikasi potensi diri masing-masing, dan cara mengeluarkan potensi diri. b. Secara individu, siswa diminta untuk mengidentifikasi potensi diri masing-masing. c. Siswa bisa menjelaskan cara-cara mengeluarkan atau menerapkan potensi diri. d. Guru meminta beberapa siswa untuk membacakan bukti potensi diri di depan kelas. e. Guru memberikan klarifikasi tentang potensi diri dan cara mengeluarkannya. Penutup a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa. b. Post test. c. Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 88—101
- Artikel surat kabar tentang orang-orang yang berprestasi
- Buku-buku (sumber) lain yang relevan
F. Penilaian
- Diskusi (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 93). Format penilaian dapat dilihat pada Lampiran 1.
- Mengemukakan pendapat (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 93)
- Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Jelaskan pengertian potensi diri!
2. Sebutkan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri!
3. Jelaskan pentingnya menggali potensi diri!
4. Sebutkan potensi yang dimiliki bangsa Indonesia!
5. Jelaskan pentingnya menggali potensi bangsa!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PKn
______________ __________________
No comments:
Post a Comment