Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP IX RPP 10



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IX RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 10


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     IX/I
Standar Kompetensi         :     4.   Menampilkan prestasi diri sesuai dengan kemampuan demi keunggulan bangsa.
Kompetensi Dasar             :     4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan.
Indikator                           :     ·    Mengidentifikasi potensi diri masing-masing.
·         Mengidentifikasi potensi bangsa.
·         Menjelaskan pentingnya menggali potensi diri.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)


A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menjelaskan pengertian potensi diri;
  2. menyebutkan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri;
  3. menjelaskan pentingnya menggali potensi diri;
  4. mengidentifikasi potensi diri masing-masing;
  5. mengidentifikasi potensi bangsa;
  6. menjelaskan pentingnya menggali potensi bangsa.

B.     Materi Pembelajaran

  1. Potensi diri.
  2. Potensi bangsa

C.    Metode Pembelajaran

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Ceramah bervariasi
  4. Penugasan

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


  1. Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.
















3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Menggali informasi dengan tanya jawab tentang potensi diri.
b.      Siswa dibagi dalam 4 kelompok.
c.       Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan:
  • pengertian potensi diri;
  • faktor yang mendorong pengembangan potensi diri;
  • faktor yang menghambat pengembangan potensi diri;
  • pentingnya mengali potensi diri.
d.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas; kelompok lain menanggapi.
e.       Guru memberi klarifikasi terhadap pendapat setiap kelompok.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa.
b.      Post test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit









60 menit
















10 menit



  1. Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.











3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan konsep umum potensi diri, cara mengidentifikasi potensi diri masing-masing, dan cara mengeluarkan potensi diri.
b.      Secara individu, siswa diminta untuk mengidentifikasi potensi diri masing-masing.
c.       Siswa bisa menjelaskan cara-cara mengeluarkan atau menerapkan potensi diri.
d.      Guru meminta beberapa siswa untuk membacakan bukti potensi diri di depan kelas.
e.       Guru memberikan klarifikasi tentang potensi diri dan cara mengeluarkannya.
Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa.
b.      Post test.
c.       Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit









60 menit











10 menit



 

E.     Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 88—101
  2. Artikel surat kabar tentang orang-orang yang berprestasi
  3. Buku-buku (sumber) lain yang relevan


F.     Penilaian
  1. Diskusi (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 93). Format penilaian dapat dilihat pada Lampiran 1.
  2. Mengemukakan pendapat (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 93)
  3. Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan pengertian potensi diri!
2.      Sebutkan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri!
3.      Jelaskan pentingnya menggali potensi diri!
4.      Sebutkan potensi yang dimiliki bangsa Indonesia!
5.      Jelaskan pentingnya menggali potensi bangsa!





________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

No comments: