PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IX RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 3
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : IX/I
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara.
Kompetensi Dasar : 1.3 Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara.
Indikator : · Berpartisipasi langsung dalam kegiatan bela negara di lingkungan siswa.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- memberikan contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara;
- menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.
B. Materi Pembelajaran
1. Contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara.
2. Partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungan masing-masing.
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Demonstrasi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
- Pertemuan I
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan tindakan-tindakan dalam upaya pembelaan negara secara umum. b. Siswa berdiskusi dan membuat rencana kegiatan yang menunjukkan bela negara. c. Siswa mengajukan persetujuan rencana kegiatan kepada guru. Siswa melaksanakan rencana kegiatan yang akan dinilai pada pertemuan selanjutnya. Penutup a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa. b. Post test. c. Guru melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa membuat kegiatan yang berhubungan dengan bela negara. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. Pertemuan II
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
Kegiatan Inti a. Siswa mendemontrasikan kegiatan bela negara. b. Guru memfasilitasi tanya jawab hasil demontrasi. c. Guru memberikan klarifikasi mengenai partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya. Penutup a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa. b. Post test. c. Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk mempersiapkan demontrasi materi pertemuan selanjutnya. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
F. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 4—24
- UUD 1945 yang telah diamandemen
- UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara
- Artikel surat kabar
G. Penilaian
- Mengemukakan pendapat (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 19—20)
- Penugasan: melakukan pengamatan dan penulisan laporan (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 20)
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PKn
______________ __________________
No comments:
Post a Comment