Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP IX Silabus 1



PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN IX SILABUS 1
SILABUS

Nama Sekolah                  : ................................................
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                               : IX
Semester                         : I (satu)             
Standar Kompetensi           : 1. Menampilkan partisipasi  dalam usaha pembelaan negara.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara.










·         Pengertian negara.
·         Unsur-unsur negara.
·         Tujuan dan fungsi negara.

  






1.  Mengkaji buku teks hingga dapat siswa menjelaskan, pengertian negara, tujuan dan fungsi negara, unsur-unsur  negara, serta peraturan perundang-undangan tentang wajib bela negara.























2.  Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan pentingnya usaha membela negara.




·       Menjelaskan pengertian negara. 



·       Menjelaskan unsur-unsur negara.

·       Menjelaskan tujuan negara.


·       Menguraikan fungsi negara.

·       Menunjukkan peraturan tentang bela negara.













·       Menjelaskan pentingnya membela negara Indonesia.


Tes tulis dan berbicara



Tes tulis



Tes tulis




Tes tulis dan berbicara

Tes tertulis











Penugasan




Tes tulis dan berbicara

Tes kreativitas dan penugasan

Tes tulis

Diskusi


Uraian


Uraian



Uraian




Mengemukakan pendapat


Pilihan ganda











Mencari informasi



Mengemukakan pendapat


Unjuk karya dan mencari informasi


Uraian




Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 3.

Jelaskan pengertian negara!

Sebutkan 3 unsur-pokok berdirinya sebuah negara!


Sebutkan tujuan negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945!

Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 11)


Hak dan kewajiban warga negara dalam upaya pembelaan negara tercantum dalam UUD 1945 ...
a.        pasal  27 ayat (1)
b.        pasal 27 ayat (2)
c.        pasal 27 ayat (3)
d.        pasal 30 ayat (1)



Hunting (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 16)



Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 17)


Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 12)



Jelaskan pentingnya membela negara Indonesia!
Jelaskan arti bela negara!


4 x 40’













Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 4—24, UUD 1945,
UU No. 3 Th. 2002












1.2     Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara.
















·   Hak dan kewajian warga negara dalam bela negara.
·   Tindakan bela negara.
















1.   Mengkaji Undang-Undang No. 3 Th. 2002 pasal 9 ayat (2).





2.   Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan hak dan kewajiban bela negara dan bentuk-bentuk dalam pembelaan negara.


·       Menyebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara.










Tes tulis dan bicara

Tes tertulis





Tes kreativitas






Diskusi


Uraian





Unjuk karya




Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 17)

Sebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara!


Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 17)

Buatkah kliping tentang berbagai bentuk bela negara!

2 X 40



















Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 4—24, Undang-Undang No. 3 Tahun 2002 pasal 9 ayat (2), artikel media massa, lingkungan sekitar.












1.3 Menampilkan        peran serta dalam usaha pembelaan negara.


Peran serta warga negara dalam usaha pembelaan negara.

3.    Mengikuti
Kegiatan pembelaan
negara di lingkungan tempat tinggal siswa.



·       Berpartisipasi langsung dalam kegiatan bela negara di lingkungan tempat tinggal siswa.

Tes tulis dan bicara

Penugasan



Penugasan

Mengemukakan pendapat

Pengamatan dan penulisan laporan

Pengamatan dan penulisan laporan.






Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 19—20)

Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 20)


Bentuklah dua kelompok. Kemudian, buatlah kegiatan yang berhubungan dengan bela negara, misalnya melakukan penghijauan. Rencanakan langkah-langkah kegiatan tersebut bersama kelompokmu!


6 X 40

Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 4—24, lingkungan sekitar


SILABUS

Nama Sekolah                  : ................................................
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas                               : IX
Semester                         : I (satu)
Standar Kompetensi          : 2. Memahami pelaksanaan otonomi daerah.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

2.1.  Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah.


Pengertian otonomi daerah.






Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan hakikat otonomi daerah.



·       Menjelaskan pengertian otonomi daerah.

·       Menjelaskan tujuan otonomi daerah.











·       Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi otonomi daerah.








·       Menunjukkan dasar hukum penyelenggaraan otonomi daerah.


·       Menjelaskan prinsip-prinsip  penyelenggaraan otonomi daerah.

·       Mengidentifikasi hal yang menjadi urusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis dan berbicara

Tes kreativitas

Tes tulis dan berbicara

Tes tulis




Tes tulis



Tes tulis dan berbicara

Tes tulis




Penugasan




Tes tulis


Uraian



Uraian


Diskusi



Unjuk karya


Mengemukakan pendapat


Uraian




Uraian



Mengemukakan pendapat


Uraian




Wawacara dan menulis laporan



Uraian


Jelaskan pengertian otonomi daerah!


Jelaskan tujuan otonomi daerah!

Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 27


Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 31)

Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 31)


Jelaskan bahwa manusia merupakan faktor penting dalam penyelenggaraan otonomi daerah!

Sebutkan landasan hukum penyelenggaraan otonomi daerah!

Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 35)


Jelaskan otonomi daerah berdasarkan prinsip yang luas, nyata, dan bertanggung jawab!

Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 35)



Sebutkan urusan yang menjadi kewewenangan pemerintah pusat!

6 x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 26—35, UU No. 32 Tahun 2004


2.2.   Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah.


Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan otonomi daerah.

1.    Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan partisipasi masyarakat dalam otonomi daerah.


2.    Mendiskusikan partisipasi masyarakat  terhadap perumusan kebijakan publik.

·       Menguraikan partisipasi masyarakat dalam otonomi daerah.






·       Menjelaskan pengertian perumusan kebijakan publik.

·       Menyebutkan tahap-tahap perumusan  ke bijakan publik.





·       Menguraikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah.




Tes tulis dan berbicara



Tes tulis



Tes tulis




Tes tulis


Tes tulis dan berbicara



Penugasan


Tes tulis



Tes tulis dan berbicara

Penugasan







Mengemukakan pendapat

Diskusi


Uraian



Uraian




Tes uraian


Pengamatan dan diskusi




Mencari informasi

Mengemukakan pendapat


Mengemukakan pendapat


Wawancara dan penulisan laporan


Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 39)

Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 39)

Bagaimana cara masyarakat memberikan partisipasi dalam otonomi daerah?

Jelaskan pengertian kebijakan publik!



Sebutkan tahap-tahap perumusan kebijakan publik!

Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 50)




Hunting (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 47)

Mengapa partisipasi masyarakat penting dalam perumusan kebijakan publik?

Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 49)


Wawancarailah kepala daerah di lingkungan sekolahmu mengenai:
a.        struktur pemerintahan;
b.        tugas dan wewenangnya;
c.        kebijakan yang telah dikeluarkan;
d.        partisipasi terhadap pemerintahan.
Kemudian, buatlah laporannya.

2 x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 36—50, artikel media massa, lingkungan sekitar

No comments: