PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN IX SILABUS 1
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IX
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara. | · Pengertian negara. · Unsur-unsur negara. · Tujuan dan fungsi negara. | 1. Mengkaji buku teks hingga dapat siswa menjelaskan, pengertian negara, tujuan dan fungsi negara, unsur-unsur negara, serta peraturan perundang-undangan tentang wajib bela negara. 2. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan pentingnya usaha membela negara. | · Menjelaskan pengertian negara. · Menjelaskan unsur-unsur negara. · Menjelaskan tujuan negara. · Menguraikan fungsi negara. · Menunjukkan peraturan tentang bela negara. · Menjelaskan pentingnya membela negara | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis Tes tulis dan berbicara Tes tertulis Penugasan Tes tulis dan berbicara Tes kreativitas dan penugasan Tes tulis | Diskusi Uraian Uraian Uraian Mengemukakan pendapat Pilihan ganda Mencari informasi Mengemukakan pendapat Unjuk karya dan mencari informasi Uraian | Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 3. Jelaskan pengertian negara! Sebutkan 3 unsur-pokok berdirinya sebuah negara! Sebutkan tujuan negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945! Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 11) Hak dan kewajiban warga negara dalam upaya pembelaan negara tercantum dalam UUD 1945 ... a. pasal 27 ayat (1) b. pasal 27 ayat (2) c. pasal 27 ayat (3) d. pasal 30 ayat (1) Hunting (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 16) Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 17) Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 12) Jelaskan pentingnya membela negara Jelaskan arti bela negara! | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 4—24, UUD 1945, UU No. 3 Th. 2002 |
1.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara. | · Hak dan kewajian warga negara dalam bela negara. · Tindakan bela negara. | 1. Mengkaji Undang-Undang No. 3 Th. 2002 pasal 9 ayat (2). 2. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan hak dan kewajiban bela negara dan bentuk-bentuk dalam pembelaan negara. | · Menyebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara. | Tes tulis dan bicara Tes tertulis Tes kreativitas | Diskusi Uraian Unjuk karya | Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 17) Sebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara! Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 17) Buatkah kliping tentang berbagai bentuk bela negara! | 2 X 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 4—24, Undang-Undang No. 3 Tahun 2002 pasal 9 ayat (2), artikel media |
1.3 Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara. | Peran serta warga negara dalam usaha pembelaan negara. | 3. Mengikuti Kegiatan pembelaan negara di lingkungan tempat tinggal siswa. | · Berpartisipasi langsung dalam kegiatan bela negara di lingkungan tempat tinggal siswa. | Tes tulis dan bicara Penugasan Penugasan | Mengemukakan pendapat Pengamatan dan penulisan laporan Pengamatan dan penulisan laporan. | Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 19—20) Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 20) Bentuklah dua kelompok. Kemudian, buatlah kegiatan yang berhubungan dengan bela negara, misalnya melakukan penghijauan. Rencanakan langkah-langkah kegiatan tersebut bersama kelompokmu! | 6 X 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 4—24, lingkungan sekitar |
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas : IX
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami pelaksanaan otonomi daerah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
2.1. Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah. | Pengertian otonomi daerah. | Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan hakikat otonomi daerah. | · Menjelaskan pengertian otonomi daerah. · Menjelaskan tujuan otonomi daerah. · Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi otonomi daerah. · Menunjukkan dasar hukum penyelenggaraan otonomi daerah. · Menjelaskan prinsip-prinsip penyelenggaraan otonomi daerah. · Mengidentifikasi hal yang menjadi urusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. | Tes tulis Tes tulis Tes tulis dan berbicara Tes kreativitas Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis Tes tulis dan berbicara Tes tulis Penugasan Tes tulis | Uraian Uraian Diskusi Unjuk karya Mengemukakan pendapat Uraian Uraian Mengemukakan pendapat Uraian Wawacara dan menulis laporan Uraian | Jelaskan pengertian otonomi daerah! Jelaskan tujuan otonomi daerah! Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 27 Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 31) Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 31) Jelaskan bahwa manusia merupakan faktor penting dalam penyelenggaraan otonomi daerah! Sebutkan landasan hukum penyelenggaraan otonomi daerah! Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 35) Jelaskan otonomi daerah berdasarkan prinsip yang luas, nyata, dan bertanggung jawab! Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 35) Sebutkan urusan yang menjadi kewewenangan pemerintah pusat! | 6 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 26—35, UU No. 32 Tahun 2004 |
2.2. Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah. | Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan otonomi daerah. | 1. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan partisipasi masyarakat dalam otonomi daerah. 2. Mendiskusikan partisipasi masyarakat terhadap perumusan kebijakan publik. | · Menguraikan partisipasi masyarakat dalam otonomi daerah. · Menjelaskan pengertian perumusan kebijakan publik. · Menyebutkan tahap-tahap perumusan ke bijakan publik. · Menguraikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis dan berbicara Penugasan Tes tulis Tes tulis dan berbicara Penugasan | Mengemukakan pendapat Diskusi Uraian Uraian Tes uraian Pengamatan dan diskusi Mencari informasi Mengemukakan pendapat Mengemukakan pendapat Wawancara dan penulisan laporan | Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 39) Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 39) Bagaimana cara masyarakat memberikan partisipasi dalam otonomi daerah? Jelaskan pengertian kebijakan publik! Sebutkan tahap-tahap perumusan kebijakan publik! Aktivitas (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 50) Hunting (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 47) Mengapa partisipasi masyarakat penting dalam perumusan kebijakan publik? Opiniku (Buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 49) Wawancarailah kepala daerah di lingkungan sekolahmu mengenai: a. struktur pemerintahan; b. tugas dan wewenangnya; c. kebijakan yang telah dikeluarkan; d. partisipasi terhadap pemerintahan. Kemudian, buatlah laporannya. | 2 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 36—50, artikel media |
No comments:
Post a Comment