Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VIII RPP 9



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     3.   Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
Kompetensi Dasar             :     3.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan nasional.
·         Menguraikan jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
Alokasi Waktu                  :     2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan;
2.      menyebutkan jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional;
3.      menjelaskan fungsi kedudukan UUD 1945;
4.      menguraikan fungsi dan kedudukan UU;
5.      menguraikan fungsi dan kedudukan PP dan Perpu.

B.     Materi Pembelajaran

  1. Fungsi peraturan perundang-undangan
  2. Jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional

C.    Metode Pembelajaran

  1. Ceramah  bervariasi
  2. Tanya jawab

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran



No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Menjelaskan konsep fungsi peraturan perundang-undangan.
b.      Kajian pustaka mengenai bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.

Penutup
a.       Bersama siswa, guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
c.       Mengadakan post test.
d.      Melakukan refleksi pelaksanaan diskusi.
e.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
10 menit







60 menit





10 menit



10    menit



E.     Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII
(ESIS, 2007),  hlm. 54—63
  1. UU No. 10/ 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan
  2. UUD 1945

F.     Penilaian

  1. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 55, 63)
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerja sama















      Keterangan: nilai maksimal 20

  1. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 59)
  2. Isian singkat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 60)
  3. Unjuk karya (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 60)


Berikut ini format penilaian unjuk karya.

No
Nama Siswa
Kreativitas
Kerapian
Tampilan
Jumlah Nilai
1





2





dst.






  1. Mencari informasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 61)
  2. Tes uraian dan pilihan ganda
Contoh:
·         Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!
2.      Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan?
3.      Sebutkan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional menurut UU nomer 10 tahun 2004?
4.      Jelaskan mengapa presiden membuat peraturan pemerintah pengganti undang-undang!
5.      Berikan salah satu contoh peraturan daerah!

·         Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
Bentuk peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah undang-undang adalah ....
a.       Ketetapan MPR
b.      Peraturan Pemerintah*
c.       Peraturan Presiden
d.        Keputusan Presiden

________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

No comments: