Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP IX RPP 9



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IX RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 9


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     IX/I
Standar Kompetensi         :     4.   Menampilkan prestasi diri sesuai dengan kemampuan demi keunggulan bangsa.
Kompetensi Dasar             :     4.1 Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan hakikat prestasi diri.
·         Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri.
·         Menjelaskan arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)


A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menjelaskan pengertian prestasi diri;
  2. menjelaskan pentingnya prestasi diri;
  3. menyebutkan contoh cara  menggali prestasi diri;
  4. memberi contoh prestasi bangsa Indonesia;
  5. menjelaskan pentingnya prestasi bangsa Indonesia.

B.     Materi Pembelajaran

  1. Hakikat prestasi diri.
  2. Arti penting prestasi bagi bangsa Indonesia 

C.    Metode Pembelajaran

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Ceramah bervariasi
  4. Penugasan

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


  1. Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.






3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Tanya jawab dan menggali informasi prestasi diri masing-masing siswa.
b.      Mendiskusikan pentingnya prestasi diri.
c.       Tanya jawab dengan memotivasi siswa supaya lebih aktif.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa.
b.      Post test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit









60 menit






10 menit



  1. Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Tanya jawab untuk menggali prestasi bangsa Indonesia.
b.      Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan pentingnya prestasi bangsa Indonesia.
c.       Tanya jawab dan memotivasi siswa agar lebih aktif.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa.
b.      Post test.
c.       Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit









60 menit





10 menit



 

E.     Sumber Pembelajaran

1.      Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 79—88
2.      Artikel surat kabar
3.      Buku-buku (sumber) lain yang relevan



F.     Penilaian
  1. Mengemukakan pendapat (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 87—88)
  2. Penugasan: isian (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 88)
  3. Mencari indformasi (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 88)
  4. Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan penegertian prestasi diri!
2.      Jelaskan pentingya prestasi diri bagi masa depan seseorang!
3.      Sebutkan tiga cara menggali prestasi diri
4.      Jelaskan pentingnya prestasi bangsa Indonesia!
5.      Sebutkan tiga contoh prestasi yang telah dimiliki bangsa Indonesia dalam taraf internasional!




________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________


No comments: