PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN VIII SILABUS 1
SILABUS
Sekolah : ................................................
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
1.1. Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara. | Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. | Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara. | · Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara. · Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara. · Menuliskan rumusan Pancasila dalam Piagam Jakarta. · Menuliskan rumusan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945. | Tes tulis dan berbicara Penugasan Tes tulis Tes tulis Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Diskusi Mengemukakan pendapat Mencari informasi Isian singkat Tes pilihan ganda Mengemukakan pendapat Diskusi dan makalah Tes uraian Tes uraian Tes uraian | (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 3) Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 10) Hunting (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 7) Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 11) Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan .... A. menjadi bangsa yang kuat B. memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan* C. mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain D. mampu mempertahan- kan kelangsungan hidup bangsanya (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 50—52) Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 18) Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 19) Uraikan urutan usulan perumusan dasar negara yang disampaikan pada sidang BPUPKI pada 29 Mei—1 Juni 1945 Tuliskan rumusan Pancasila yang terdapat dalam Piagam Jakarta! Tuliskan rumusan Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945! | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 1—19 (ESIS, 2007), buku atau tulisan tentang Pancasila, dan media internet |
1.2. Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara. | Nilai-nilai luhur Pancasila. | Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan nilai-nilai luhur Pancasila. | · Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila. · Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia. | Tes tulis Tes tulis dan berbicara Penugasan | Mencari informasi Tes pilihan ganda Mengemukakan pendapat Proyek dan presentasi | Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 26) Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara lain adalah .... a. menghargai perbedaan pendapat b. menghragai hasil karya orang lain c. memiliki semangat gotong-royong d. menjunjung tinggi prinsip persamaan derajat (hlm. 26—28) Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 25) Bentuklah | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 19—24 (ESIS, 2007), buku atau tulisan tentang Pancasila, dan media internet |
1.3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. | Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. | Mengamati dan menunjukkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. | · Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila. · Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa | Tes tulis Tes tulis dan berbicara Tes tulis | Tes uraian Mengemukakan pendapat Tes uraian | Jelaskan pentingnya menerapkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara! Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 25) Berikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa! | 2 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 24—25 (ESIS, 2007), buku atau tentang Pancasila |
1.4. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. | Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. | Mengamati dan menampilkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. | Menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. | Penugasan | Pengamatan Tugas mandiri | Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 26) Tuliskan sikap/perilaku kalian yang sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila. Buatlah dalam format tabel (No, Sikap, Nilai-Nilai Pancasila: Sila ke-, tanda tangan dua orang teman dan wali kelas). | 2 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 25—26 (ESIS, 2007) dan buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila. |
SILABUS
Sekolah : ................................................
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.1. Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia. | · Pengertian konstitusi. · Berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia. | Menelaah isi buku tentang berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia (UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950). | · Menjelaskan pengertian konstitusi. · Menjelaskan sistem ketatanegaraan menurut Konstitusi RIS. · Menjelaskan sistem ketatanegaraan menurut UUDS 1950. | Tes tulis dan berbicara Tes kreativitas Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Diskusi Mengemukakan pendapat Unjuk karya Tes uraian Isian singkat Isian singkat | (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 32) Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 34) Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 35) Jelaskan pengertian konstitusi! Sistem pemerintahan berdasarkan konstitusi RIS adalah .... Berdasarkan UUDS Tahun 50, dalam menjalankan tugasnya, menteri bertanggung jawab kepada .... | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 29—44 (ESIS, 2007), UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.2. Menganalisis penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia. | Berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia. | Mengkaji penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD. | · Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945—1949. · Menunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi. · Menjelaskan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD. | Tes tulis Tes tulis dan Berbicara Tes tulis Tes tulis Tes tulis dan berbicara | Tes pilihan ganda Mengemukakan pendapat Tes uraian Tes uraian Mengemukakan pendapat Diskusi | Bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949 adalah .... a. pemberlakuan UUDS b. berlakunya sistem parlementer* c. pembubaran Konstituante d. penangkatan Presiden seumur hidup (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 51—51) Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 34) Tunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 setelah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi! Jelaskan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD! Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 44) Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 44) | 2 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 29—44 (ESIS, 2007), buku tentang perkembangan ketatanegaraan Republik | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.3. Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945. | UUD 1945 hasil amandemen. | Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan hasil-hasil amandemen UUD 1945. | · Menjelaskan kesepakatan MPR terhadap perubahan UUD 1945. · Menunjukkan pasal-pasal hasil amandemen UUD 1945. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis | Mengemukakan pendapat Tes uraian Tes uraian | Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 47) · Sebutkan kesepakatan MPR dalam perubahan UUD 1945! · Mengapa Pembukaan UUD 1945 tidak diubah dan tetap dipertahankan? · Sebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 yang dihapus! · Tuliskan bunyi pasal 1 ayat 2 UUD 1945 hasil amandemen! · Tuliskan sistematika UUD 1945 sebelum dan sesudah amandemen! | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 44—47 (ESIS, 2007), UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.4 Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen. | Sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen. | Mengidentifikasi respon masyarakat terhadap amandemen UUD 1945. | Menampilkan sikap perilaku sesuai dengan UUD 1945. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis dan berbicara Tes skala sikap | Wawancara dan diskusi Mengemukakan pendapat Mengemukakan sikap | Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 49) Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 49) Berilah tanda V (centang) pada kolom sebelah kanan.
Keterangan: 1 = selalu 2 = sering 3 = kadang-kadang 4 = pernah 5 = tidak pernah | 2 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 47—50 (ESIS, 2007), UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945 |
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Kelas : VIII
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
3.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional. | Peraturan Perundang-undangan nasional. | Melakukan kajian referensi UU No. 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. | · Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan. · Menguraikan jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis Tes kreativitas Tes tulis Tes tulis dan berbicara Penugasan | Diskusi Mengemukakan pendapat Tes uraian Isian singkat Unjuk karya Tes uraian Diskusi Mencari informasi | (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 55) Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 59) Jelaskan fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara! Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 60) Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 60) Jenis peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah undang-undang adalah .... a. Ketetapan MPR b. Peraturan Pemerintah* c. Peraturan Presiden d. Keputusan Presiden Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 63) Hunting (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 61) | 2 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 54—63 (ESIS, 2007), buku UU No. 10/ 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan |
3.2. Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional. | UU No. 10 Tahun 2004 | Mengkaji proses pembuatan peraturan perundang-undangan. | · Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang. · Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan daerah. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Penugasan Tes tulis dan berbicara | Mengemukakan pendapat Tes uraian Tugas rumah Diskusi | Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 69) Sebutkan tahap-tahap pembuatan UU! Jelaskan proses pembuatan peraturan daerah, mulai dari pengajuan rancangan peraturan daerah hingga pengesahannya! Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 70) | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 63—70 (ESIS, 2007), artikel |
3.3. Menaati peraturan perundang-undangan nasional. | Peraturan Perundang-undangan nasional. | Mendiskusikan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan. | · Menjelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan. · Menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis dan berbicara Penugasan | Mengemukakan pendapat Tes uraian Mengemukakan pendapat Tugas rumah | Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 73) Jelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan! Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 73) Buatlah identifikasi tentang sikap atau perbuatan yang menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan! Kemukakan secara tertulis, minimal 10 contoh. | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 70—74 (ESIS, 2007), artikel surat kabar |
3.4. Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. | Tindak pidana korupsi | Mengamati pemberitaan media massa tentang kasus korupsi dan pemberantasan korupsi. | · Mengidentifikasi kasus korupsi di daerah. · Menunjukkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. | Tes tulis dan berbicara Tes kreativitas Penugasan Penugasan dan berbicara Tes kreativitas | Diskusi Mengemukakan pendapat Unjuk karya Tugas rumah Mencari informasi dan mengemukakan pendapat Unjuk karya | (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 79) Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 83) Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 84) Buatlah identifikasi kasus korupsi di daerahmu yang sedang disidangkan atau telah divonis oleh pengadilan! Jelaskan pengaruh Undang- Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia! Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 87) Kreativitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 87) | 2 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 77—87 (ESIS, 2007), artikel/berita media |
3.5. Mengidentifikasi pengertian antikorupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) antikorupsi di Indonesia. | Peraturan hukum tentang tindak pidana korupsi. | Mengkaji UU No. 29 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN dan UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. | · Merumuskan pengertian korupsi. · Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi. · Menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi. | Tes tulis dan berbicara Tes tulis Tes tulis Penugasan dan berbicara Tes tulis | Mengemukakan pendapat Tes uraian Tes uraian Mencari informasi dan diskusi Tes uraian | Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 91) Jelaskan makna korupsi menurut pengertianmu! Sebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi di Indonesia! Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 92) Sebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi di Indonesia! | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, hlm. 87—92 (ESIS, 2007), UU No. 29 Thn 1999 UU No. 31 Thn 1999 |
No comments:
Post a Comment