Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VII RPP 1



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VII RPP 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                           :
Mata Pelajaran                           :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                         :       VII/satu
Standar Kompetensi                :       1.     Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar                    :       1.1  Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat.
I n d i k a t o r                              :       ·      Menjelaskan hakikat norma.
·         Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat.
·         Menguraikan macam-macam norma.
Alokasi Waktu                           :    8 x 40 menit ( 4 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
·         menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan;
·         menjelaskan tujuan norma;
·         menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
·         menguraikan macam-macam norma.

B. Materi Pembelajaran
·                     Pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan.
·                     Macam-macam norma.

C. Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan, dan diskusi kelas.

D.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
       
1. Pertemuan I
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.








2.






Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan,       kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan       pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c.   Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Mengadakan kajian referensi tentang norma-norma kebiasaan dan adat istiadat di masyarakat.
b.       Membagi siswa dalam kelompok.
c.        Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
d.       Meminta tanggapan dari kelompok lain.
e.        Guru mengklarifikasi tentang hakikat norma dalam masyarakat.
10  menit








60 menit






3.
Penutup
a.       Mengadakan post test.
b.       Guru memberi tugas rumah kepada siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya.

10 menit


        2. Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.








2.







3.

Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang  akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.      Membentuk kelompok.
b.      Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya.
c.      Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
d.     Meminta tanggapan dari kelompok lain.
e.      Guru mengklarifikasi tentang macam-macam norma dan sanksinya.

Penutup
a. Mengadakan post test.
b.   Memberi tugas berupa pengamatan terhadap penerapan norma di sekolah untuk dipresentasikan pada minggu berikutnya.
10  menit








60 menit







10 menit




3. Pertemuan III

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.




3.

Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan  pertanyaan tentang tugas yang diberikan.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan  Inti
a.       Mengatur kelompok diskusi.
b.       Meminta siswa mempresentasikan hasil pengamatan penerapan norma di sekolah.
c.        Guru mengklarifikasi dan menyimpulkan pentingnya penerapan norma.
Penutup
a.      Mengadakan post test
b.      Memberi tugas rumah untuk mempersiapkan materi berikutnya.

10  menit







60 menit




10 menit


E. Alat/Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS,
2007), hlm. hlm 1—12
·                     Artikel/berita di media massa

F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sementara itu, untuk pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-3, penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan pengerjaan tugas-tugas. Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda, tes uraian, dan proyek kerja.
Contoh:
  1. Bagian I: Pilihan Ganda
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat!                                              
1.       Norma yang sanksinya berupa rasa menyesal disebut norma ....
    1. kesusilaan
    2. kemasyarakatan
    3. agama
    4. kesopanan
2.       Kelebihan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya adalah manusia dikaruniai ….
A.      bentuk fisik yang sempurna
B.       rasa malu
C.      akal pikiran
D.      hati nurani
3.       Manusia dapat membentuk kelompok dan menciptakan pakaian dengan
menggunakan ….
A.      nalurinya
B.       daya pikirnya
C.      rasa estetikanya
D.      etika dan khayalannya
4.       Pada hakikatnya, manusia mempunyai dua hasrat, yaitu  ingin ….
A.      bahagia dan jaya
B.       dihormati dan terhormat
C.      menjadi satu dengan manusia lain dan alam sekitarnya
D.      sempurna dan bahagia
5.          Kaidah hidup yang paling tua adalah norma ….
A.      kesusilaan
B.       adat atau kemasyarakatan
C.      agama
D.      hukum
6.       Kaidah atau norma yang jenis sanksinya berupa pengusiran dari kelompoknya disebut kaidah ….
A.      kesusilaan
B.       adat atau kemasyarakatan
C.      agama
D.      hukum
7.           Di antara kaidah hidup di bawah ini, yang mempunyai sanksi paling tegas, baik di dunia maupun di akhirat, adalah ….
A.      kesusilaan
B.       adat atau kemasyarakatan
C.      agama
D.      hukum
8.           Tujuan yang paling mendasar diciptakannya kaidah atau norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan ….
A.      kepastian hukum
B.       ketertiban dalam masyarakat
C.      keadilan sosial
D.      kebahagiaan bagi masyarakat
9.           Salah satu ciri norma hukum bila dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya, yaitu ….
A.      sudah ditentukan terlebih dahulu
B.       tegas dan keras
C.      tidak memandang siapa yang bersalah
D.      dibuat oleh lembaga kemasyarakatan
10.        Norma mempunyai fungsi yang sangat penting dalam masyarakat, yaitu untuk ....
A.          menegakkan keadilan
B.           menegakkan kebenaran
C.          menciptakan ketertiban
D.          mewujudkan kebersamaan

  1. Bagian II: Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat, dan jelas!
1.       Jelaskan hakikat norma yang berlaku dalam masyarakat!
2.       Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara!
3.       Uraikanlah macam–macam norma yang berlaku dalam masyarakat!
4.       Jelaskan perbedaan norma dilihat dari sumber, kekuatan mengikat, dan jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya!
5.       Berikan contoh perbuatan yang menjunjung tinggi norma yang berlaku di masyarakat!

  1. Bagian III: Proyek Kerja
Proyek kerja bertujuan menilai kerja, karya, dan juga perilaku siswa. Melalui kegiatan aktivitas yang ada dalam buku ini, penilaian itu dapat dilakukan. Format penilaian dapat dilihat pada bagian penilaian yang dilampirkan dalam silabus ini.

No comments: