PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IX RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 8
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : IX/I
Standar Kompetensi : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara negara.
Kompetensi Dasar : 3.4 Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi.
Indikator : · Menguraikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan sikap positif terhadap dampak globalisasi di berbagai bidang kehidupan;
2. menjelaskan sikap negatif terhadap dampak globalisasi di berbagai bidang kehidupan;
3. memberikan contoh dampak positif akibat dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan dilihat dari budaya, ekonomi, maupun sosial;
4. memberikan contoh dampak negatif akibat dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan.
B. Materi Pembelajaran
Dampak globalisasi di berbagai kehidupan.
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Tanya jawab
- Ceramah bervariasi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
- Pertemuan I
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
Kegiatan Inti a. Penjelasan konsep hakikat politik luar negeri bebas aktif secara umum. b. Siswa dibagi dalam 8 kelompok. c. Masing-masing kelompok mendiskusikan materi untuk presentasi. d. Setiap kelompok mempresentasikan materi yang telah didiskusikan dalam kelompok. e. Kelompok lain menanggapi. Penutup a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa. b. Post test. c. Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
- Pertemuan II
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
Kegiatan Inti a. Penjelasan konsep dampak positif dan negatif globalisasi di berbagai bidang kehidupan secara umum. b. Siswa dibagi dalam 8 kelompok. c. Setiap kelompok mengumpulkan bahan dan mendiskusikannya untuk dipresentasikan. d. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka; kelompok lain menanggapi. e. Guru memberikan klarifikasi tentang dampak positif dan negatif globalisasi. Penutup a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa. b. Post test. c. Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78
- Artikel surat kabar
- Buku-buku (sumber) lain yang relevan
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan kedua, sedangkan untuk pertemuan pertama penilaian dilakukan melalui kegiatan diskusi.
- Mengemukakan pendapat (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 75—76)
- Unjuk karya (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 76) Format penilaian unjuk karya dapat dilihat pada Lampiran 1.
- Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Jelaskan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan sosial budaya!
2. Jelaskan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan sosial budaya!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PKn
______________ __________________
No comments:
Post a Comment