01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VII RPP 12



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VII RPP 12

                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                           :       ……..………………………..
Mata Pelajar                                :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester                       :       VII/2
Standar Kompetensi                :       4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat.
Kompetensi dasar                     :       4.1 Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
Indikator                                      :       ·      Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk mengemukakan pendapat di depan umum.
·         Menganalisis akibat perbatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat.
·         Mendeskripsikan konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa batas atau tidak bertanggung jawab.
Alokasi Waktu                           : 2 x 40 Menit (1 x pertemuan)

 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.       menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan besar;
2.       mengidentifisikasikan bentuk-bentuk mengemukakan pendapat di depan umum secara benar;
3.       menganalisis akibat pembatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara benar;
4.       mendeskripsikan konsekuensi mengemukakan pendapat tanpa batas atau tidak bertanggung jawab dengan benar.

B. Materi Pemberlajaran
1.       Hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
2.       Bentuk-bentuk mengemukakan pendapat di depan umum.
3.       Akibat pembatasan mengemukakan pendapat.
4.       Konsekuensi mengemukakan pendapat batas atau tidak bertanggung jawab.

C. Metode

      Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I

No
Kegiatan
Waktu
Keterangan
1.







2.




















3.
Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti

a.    Penjelasan konsep secara umum tentang hakikat kemerdekaan mengeluarkan pendapat di depan umum, dikaitkan dengan kejadian di lingkungan sekitar.
b.    Siswa mengkaji UUD 1945 Pasal 28 dan UU  No. 9 Tahun 1998.
c.    Menjelaskan bentuk-bentuk mengemukakan pendapat di depan umum.
d.   Membagi siswa dalam 8 kelompok.
e.    Dari 8 kelompok, 4 kelompok mendiskusikan tentang “akibat yang dapat ditimbulkan jika kebebasan mengemukakan pendapat dibatasi” dan 4 kelompok lainnya mendiskusikan tentang  “akibat dari penyampaian pendapat yang dilakukan dengan tidak bertanggung jawab”.
f.     Dua kelompok dengan topik yang berbeda menyampaikan persentasinya di depan kelas.
g.    Kelompok lain menaggapinya.
h.   Semua kelompok mengumpulkan laporan hasil diskusi.
i.     Guru mengklasifikasi tentang dampak dari pembatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat dan konsekuensi dari mengemukakan pendapat yang tidak bertanggung jawab.

 

Penutup

a.    Bersama guru, siswa menyimpulkan materi untuk pembelajaran  post test.
b.    Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah untuk persiapan materi selanjutnya dengan membuat tugas resume arti penting kemerdekaan mengemukakan pendapat dari buku teks.
10 menit







60 menit




















10 menit


E. Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS,
2007), hlm. 94—103  
  • Buku UUD 1945
  • UU No. 9 Tahun 1998
  • Artikel, berita

 

F. Penilaian

Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sementara itu, untuk pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-3, penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan pengerjaan tugas-tugas. Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian berstruktur.
Contoh:
1.    Bagian I
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang paling tepat!
1.       Kemerdekaan mengemukakan pendapat kedepan umum adalah hak setiap ....
a.       WNI
b.       WNA
c.        penduduk
d.       manusia
2.       Kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat di depan umum, baik lisan maupun tulisan dijamin oleh pasal ....
a.       27 UUD 1945
b.       28 UUD 1945
c.        30 UUD 1945
d.       31 UUD 1945
3.       Perhatikan pernyataan berikut!
1.      Meningkatkan kesejahteraan
2.      Mewujudkan kebebasan yang bertanggung jawab
3.      Mewujudkan perlindungan hukum
4.      Mewujudkan iklim yang kondusif
Dari pernyataan di atas, yang termasuk tujuan pengaturan kemerdekaan mengeluarkan pendapat ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
a.       1, 2, dan 3
b.       1, 2, dan 4
c.        1, 3, dan 4
d.       2, 3, dan 4
4.       Bentuk–bentuk mengemukakan pendapat di depan umum adalah ....
a.       unjuk rasa, pawai, diskusi, rapat umum,
b.       pawai, unjuk rasa, rapat umum, mimbar bebas
c.        dialog, demonstrasi, pawai, rapat
d.       ceramah, dialog, unjuk rasa, pawai
5.       Kemerdekaan mengeluarkan pendapat di batasi oleh ....
a.       hakim
b.       kejaksaan
c.        kepolisian
d.       kepentingan umum
6.       Perhatikan pernyataan berikut!
1. Menghormati aturan moral yang diakui umum.
2. Menjaga keamanan dan ketertiban umum.
3. Mengutamakan kepentingan orang lain.
4. Menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa.
5. Memperhatikan lingkungan setempat
    Kewajiban dan tanggung jawab warga negara menyampaikan pendapat di depan umum di tunjukkan oleh pernyataan nomor ....
a.       1, 2, dan 3
b.       1, 2, dan 4
c.        2, 3, dan 5
d.       2, 4, dan 5

2.       Bagian II
1.    Bagaimana pendapatmu jika dalam kebebasan mengemukakan pendapat ada pembatasan-       pembatasan?
2.   Apakah akibat yang ditimbulkan jika kebebasan mengemukakan pendapat dilakukan   dengan tidak bertanggung jawab?


                                                                                                                                                             ..............,     Juli  2007
                                    Mengetahui,                                                                                                                   
                                    Kepala SMP                                                                                                Guru Mata Pelajaran                                                        Guru Mata Pelajaran PK




                           __________________                                                                                     ___________________
                   

No comments: