PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VII RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar kompetensi : 2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi Dasar : 2.3. Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945.
Indikator : Mendiskripsikan hubungan proklamasi dengan UUD 1045.
Alokasi waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. menjelaskan hubungan Proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945;
2. menjelaskan hubungan Proklamasi dengan pasal-pasal UUD 1945;
3. menguraikan makna setiap alinea dalam Pembukaan UUD 1945.
B. Materi Pembelajaran
1. Hubungan antara Proklamasi dan UUD 1945
C. Metode
Ceramah bervariasi dan diskusi.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket | |
1. 2. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti a. Tanya jawab tentang isi Pembukaan UUD 1945. b. Melakukan kajian pustaka dengan menelaah hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945 serta menelaah makna alinea Pembukaan UUD 1945. c. Membagi siswa menjadi 4 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang. d. Masing-masing kelompok membahas dan mendiskusikan materi tersebut. e. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya. f. Guru melakukan klarifikasi atas materi yang dibahas. | 10 menit 60 menit | | |
3. | Penutup a. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi. b. Post test sebagai umpan balik. c. Melakukan refleksi dan tindak lanjut dengan pemberian tugas untuk mempersiapkan materi berikutnya. | 10 menit | | |
E. Sumber belajar
- Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS,
2007), hlm. 50—54
- Buku-buku teks resmi tentang Proklamasi
- Artikel-artikel, teks Proklamasi
- Naskah Pidato sidang PPKI
- Narasumber (saksi sejarah yang masih hidup)
- UUD 1945
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sementara itu, untuk pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-3, penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan pengerjaan tugas-tugas. Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian berstruktur.
Contoh:
Soal-Soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1. Jelaskan makna Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga!
2. Jelaskan hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945!
............., Juli 2007
Mengetahui,
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran Guru Mata Pelajaran PK
__________________ ___________________
No comments:
Post a Comment