Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VIII RPP 14



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     4.   Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan.
Kompetensi Dasar             :     4.1 Menjelaskan hakikat demokrasi.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan pengertian demokrasi.
·         Menguraikan sejarah perkembangan dan demokrasi.
·         Menguraikan macam-macam demokrasi.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x Pertemuan)


A.    Tujuan pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan pengertian demokrasi;
2.      menguraikan sejarah perkembangan demokrasi;
3.      menguraikan macam-macam demokrasi.

B.     Materi Pembelajaran

  1. Pengertian demokrasi.
  2. Sejarah perkembangan demokrasi.
  3. Macam-macam demokrasi.

 

C.    Metode

  1. Ceramah bervariasi
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


1.         Pertemuan I
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.







3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.      Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.
b.      Membagi siswa menjadi 8 kelompok diskusi yang telah ditentukan.
c.      Meminta siswa melaksanakan diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan.

Penutup
a.       Mengumpulkan hasil diskusi.
b.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
c.       Melakukan refleksi.
d.      Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa untuk mempersiapkan presentasi pada pertemuan selanjutnya.

10 menit








60 menit






10 menit


2.                                                            Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; kemudian kelompok lain menanggapi.
b.      Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban siswa.

 Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
b.      Melakukan refleksi.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit








60 menit




10 menit


E.     Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 100—118.
  2. Artikel/berita media massa
  3. LKS (jika ada)

F.     Penilaian
  1. Diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 101)
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerja sama















      Keterangan: nilai maksimal 20

  1. Mencari informasi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 103)
  2. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110)
  3. Membuat tulisan (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 110)
  4. Tes uraian dan pilihan ganda.
Contoh:
·         Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan pengertian demokrasi?
2.      Jelaskan sejarah perkembangan demokrasi?
3.      Uraikan macam-macam demokrasi.?

·         Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
    1. Pelaksanaan demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat terlaksana
      karena....
                                                             a.      jumlah penduduknya sedikit*
                                                            b.      permasalahannya sederhana
                                                             c.      kehidupan politik-nya stabil
                                                            d.      masyarakatnya homogen
2.      Demokrasi yang diterapkan di negara-negara Barat, seperti Amerika            serikat, adalah demokrasi ....
a.       rakyat
b.      liberal*
c.       totaliter
d.      terpimpin

    1. Di bawah ini yang merupakan penerapan demokrasi langsung adalah pemilihan ….
a. kepala desa
b. camat
c. ketua pengadilan
d. ketua DPRD
    1. Dasar hukum demokrasi di di Indonesia terdapat dalam UUD 1945 pasal….
a.       1 ayat 1
b.      1 ayat 2
c.       2 ayat 1
d.      2 ayat 2





________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn



______________                                                                          __________________

No comments: