PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 18
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/II
Standar Kompetensi : 5. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi Dasar : 5.2 Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia.
Indikator : · Membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer.
· Menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia.
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan pengertian system pemerintahan presidensial;
2. menjelaskan pengertian system pemerintahan parlementer;
3. membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer;
4. menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia ;
5. menunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial.
B. Materi Pokok
1. Pengertian sistem pemerintahan presidensial.
2. Pengertian sistem pemerintahan parlementer.
3. Perbedaan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer.
4. Sistem pemerintahan Indonesia .
C. Metode
- Telaah buku
- Tanya jawab
- Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran. b. Siswa membentuk kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan. c. Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan. Kegiatan Inti a. Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer. b. Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok-kelompok yang telah dibentuk. c. Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya; kelompok lain menyimak dan memberi tanggapan. d. Siswa memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru. Penutup a. Dibimbing guru, siswa membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi. b. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan sistem pemerintahan presidensial dengan parlemen. | 10 Menit 60 Menit 10 menit | |
2. Pertemuan II
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran. b. Siswa membentuk kelompok diskusi. c. Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi. Kegiatan Inti a. Siswa melakukan kegiatan diskusi tentang sistem pemerintahan presidensial dan parlemen. b. Siswa membuat rangkuman hasil diskusi kelompoknya. Penutup a. Siswa menjawab beberapa pertanyaan mengenai sistem pemerintahan presidensial dengan parlemen. b. Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi. | 10 Menit 60 Menit 10 Menit | |
3. Pertemuan III
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran. b. Siswa membentuk kelompok diskusi. c. Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi. Kegiatan Inti a. Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan sistem pemerintahan Indonesia. b. Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok-kelompok lain. c. Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya; kelompok lain menyimak dan menanggapi. d. Siswa memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru. Penutup a. Guru membimbing siswa membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi. b. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan materi sistem pemerintahan Indonesia. | 10 Menit 60 Menit 10 Menit | |
4. Pertemuan IV
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran. b. Siswa membentuk kelompok diskusi. c. Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi. Kegiatan Inti a. Siswa berdiskusi tentang sistem pemerintahan Indonesia. b. Siswa membuat rangkuman hasil diskusi kelompoknya. Penutup a. Siswa menjawab beberapa pertanyaan sekitar sistem pemerintahan Indonesia. b. Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi. | 10 Menit 60 menit 10 menit | |
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 134—145.
2. Artikel/berita media massa/media internet/perpustakaan
3. Foto tokoh pemerintahan
F. Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan keempat.
1. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 139, 144, 145)
2. Penugasan: mencari informasi dan diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 140, 145). Untuk format penilaian, lihat Lampiran 1
3. Tes uraian
Contoh:
1. Jelaskan pengertian sistem pemerintahan presidensial!
2. Jelaskan pengertian sistem pemerintahan parlementer!
3. Bandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer
4. Jelaskan sistem pemerintahan Indonesia !
5. Tunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PKn
______________ __________________
No comments:
Post a Comment