PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 18
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     5.   Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     5.2 Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia.
Indikator                           :     ·    Membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer.
·         Menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia.
Alokasi Waktu                  :     8 x 40 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan pengertian system pemerintahan presidensial;
2.      menjelaskan pengertian system pemerintahan parlementer;
3.      membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer;
4.      menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia  ;
5.      menunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia   adalah sistem presidensial.
B. Materi Pokok
1.      Pengertian sistem pemerintahan presidensial.
2.      Pengertian sistem pemerintahan parlementer.
3.      Perbedaan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer.
4.      Sistem pemerintahan Indonesia  .
C. Metode
- Telaah buku
 - Tanya jawab
 - Diskusi
 
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Pertemuan I
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan  a.       Siswa menyimak penjelasan guru tentang   indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran. b.      Siswa membentuk kelompok diskusi dengan   topik yang telah ditentukan.   c.       Siswa menyiapkan bahan yang akan   didiskusikan.  Kegiatan Inti a.       Siswa mencermati materi dalam buku yang   berkaitan dengan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer. b.      Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya   dengan kelompok-kelompok yang telah dibentuk. c.       Siswa menyiapkan hasil diskusi   kelompoknya; kelompok lain menyimak dan memberi tanggapan. d.      Siswa memperhatikan klarifikasi yang   diberikan guru. Penutup  a.       Dibimbing guru, siswa membuat rangkuman   yang telah mendapat klarifikasi.  b.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang   diajukan guru berkaitan dengan sistem   pemerintahan presidensial dengan parlemen.  |        10 Menit 60 Menit  10 menit  |        |   
2.         Pertemuan II
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan  a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai   indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran. b.      Siswa membentuk kelompok diskusi. c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi. Kegiatan Inti a.       Siswa melakukan kegiatan diskusi tentang   sistem   pemerintahan presidensial dan parlemen. b.        Siswa   membuat rangkuman hasil diskusi kelompoknya. Penutup a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan   mengenai sistem pemerintahan   presidensial dengan parlemen. b.      Siswa mendapat tugas mandiri sebagai bahan   pendalaman materi.   |         10 Menit  60 Menit 10 Menit  |        |   
3.         Pertemuan III
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan  a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai   indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran. b.      Siswa membentuk kelompok diskusi. c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi. Kegiatan Inti a.       Siswa mencermati materi dalam buku yang   berkaitan dengan sistem pemerintahan Indonesia. b.      Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya   dengan kelompok-kelompok lain. c.       Siswa menyiapkan hasil diskusi   kelompoknya; kelompok lain menyimak dan menanggapi. d.      Siswa memperhatikan klarifikasi yang   diberikan guru. Penutup a.        Guru   membimbing siswa membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi. b.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang   diajukan guru berkaitan dengan materi sistem pemerintahan Indonesia.  |         10 Menit  60 Menit 10 Menit  |        |   
4.         Pertemuan IV
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan  a.       Siswa menyimak penjelasan guru mengenai   indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran. b.      Siswa membentuk kelompok diskusi. c.       Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi. Kegiatan Inti  a.       Siswa berdiskusi tentang sistem pemerintahan Indonesia. b.      Siswa membuat rangkuman hasil diskusi   kelompoknya. Penutup  a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan   sekitar sistem pemerintahan Indonesia. b.        Siswa   mendapat tugas mandiri sebagai bahan pendalaman materi.  |        10 Menit  60 menit  10   menit  |        |   
E.     Sumber Pembelajaran
1.      Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 134—145.
2.      Artikel/berita media massa/media internet/perpustakaan
3.      Foto tokoh pemerintahan
F.     Penilaian
        Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan keempat.
1.      Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 139, 144, 145)
2.      Penugasan: mencari informasi dan diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 140, 145). Untuk format penilaian, lihat Lampiran 1
3.      Tes uraian
Contoh:
1.      Jelaskan pengertian sistem pemerintahan presidensial!
2.      Jelaskan pengertian sistem pemerintahan parlementer!
3.      Bandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer
4.        Jelaskan sistem pemerintahan Indonesia  !
5.      Tunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan                            bahwa sistem pemerintahan di Indonesia   adalah sistem presidensial!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn
______________                                                                          __________________


No comments:
Post a Comment