PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar : 1.4 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.
Indikator : · Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- Memberikan contoh dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Menampilkan sikap perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah.
B. Materi Pembelajaran
Sikap Positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
C. Metode Pembelajaran
- Analisis kasus
- Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti a. Tanya jawab tugas minggu sebelumnya. b. Mengumpulkan hasil tugas. c. Melakukan refleksi. Penutup a. Melakukan post test. b. Melakukan tindak lanjut dengan menugasi siswa mempersiapkan presentasi untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII, (ESIS, 2007), hlm. 25—26
- Buku atau tulisan tentang Pancasila
F. Penilaian
- Pengamatan (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 26)
- Penugasan (Tugas Proyek dan diskusi)
Contoh:
Pendukung calon Kepala Daerah yang mau menerima kekalahan dengan sportif dapat dipandang sebagai sikap positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya! Diskusikan dalam kelompok dan laporkan hasilnya!
- Tes uraian
Contoh:
Berikan contoh sikap positif positif terhadap Pancasila di lingkungan sekolah!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PKn
______________ __________________
No comments:
Post a Comment