PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
Kompetensi Dasar : 3.5 Mendeskripsikan pengertian antikorupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) antikorupsi di Indonesia.
Indikator : · Merumuskan pengertian korupsi.
· Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi.
· Menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- merumuskan pengertian korupsi.
- menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi.
- menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi.
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian korupsi.
- Landasan hukum pemberantasan korupsi.
- Lembaga-lembaga pemberantasan korupsi.
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
Kegiatan Inti a. Memberi penjelasan umum tentang kasus korupsi, landasan hukum pemberantasan korupsi, dan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi yang ada di Indonesia. b. Memberi tugas pengkajian bahan pustaka secara berkelompok. c. Menugasi siswa berdiskusi tentang landasan hukum dan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi di Indonesia. d. Meminta siswa berpresentasi secara berkelompok. Penutup a. Guru membimbing siswa menyimpulkan hasil diskusi. b. Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan. c. Mengadakan post test. d. Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas. | 10 menit 60 menit 10 menit 10 enit | |
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII
(ESIS, 2007), hlm. 87—92
- UU No. 29 Thn 1999, UU No. 31 Thn 1999
F. Penilaian
- Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 91)
- Mencari informasi dan diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 92). Untuk format penilaian diskusi, lihat Lampiran 1
- Tes uraian
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PKn
______________ __________________
No comments:
Post a Comment