Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VII RPP 10



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VII RPP 10

                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                         :
Mata Pelajaran                           :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                          :       VII/I     
Standar kompetensi                 :       3.     Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM).
Kompetensi Dasar                    :       3.3 Menghargai  upaya perlindungan HAM.
Indikator                                      :       Menjelaskan upaya-upaya perlindungan HAM.
Alokasi waktu                            :       2 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.    Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.       menjelaskan pentingnya perlindungan HAM;
2.       menjelaskan upaya pemerintah dalam perlindungan HAM;
3.       menjelaskan upaya lembaga-lembaga HAM dalam perlindungan HAM;
4.       menunjukkan sikap terhadap hak asasi orang lain.

B.    Materi Pembelajaran
Upaya perlindungan terhadap HAM.

C.    Metode
        Tanya jawab, diskusi, dan ceramah bervariasi.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
        1. Pertemuan 1

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.




Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
a.       Guru melakukan tanya jawab mengenai sikap menghargai HAM.
b.       Guru membantu mendiskusikan upaya-upaya perlindungan HAM.
c.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi secara berkelompok.
d.      Bersama guru, siswa menyimpulan hasil diskusi.
10  menit









60 menit





3.
Penutup
Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
10 menit


 E.   Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS,
2007), hlm. 83—90
  • Buku UUD 1945
  • UU No. 39 Tahun 1999, UU No. 23 Tahun 2002, dan UU No. 23 Tahun 2004
F.     Penilaian
Uraian
1.       Mengapa HAM perlu dilindungi?
2.       Jelaskan upaya pemerintah dalam perlindungan HAM!
3.       Jelaskan upaya Komnas HAM dan Komisi Perlindungan Anak dalam melindungi HAM?
4.       Bagaimana sikapmu terhadap hak asasi orang lain?
5.       Sebutkan 2 contoh upaya perlindungan  HAM yang kalian lakukan!

                                                                                                                                                              ............,     Juli  2007
                                    Mengetahui,                                                                                                                   
                                    Kepala SMP                                                                                                Guru Mata Pelajaran                                                        Guru Mata Pelajaran PK




                           __________________                                                                                     ___________________

No comments: