PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VII RPP 10
                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                                         : 
Mata Pelajaran                           :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                          :       VII/I      
Standar kompetensi                 :       3.     Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM).
Kompetensi Dasar                    :       3.3 Menghargai  upaya perlindungan HAM.
Indikator                                      :       Menjelaskan upaya-upaya perlindungan HAM.
Alokasi waktu                            :       2 x 40 menit (2 x pertemuan)
A.    Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.       menjelaskan pentingnya perlindungan HAM;
2.       menjelaskan upaya pemerintah dalam perlindungan HAM;
3.       menjelaskan upaya lembaga-lembaga HAM dalam perlindungan HAM;
4.       menunjukkan sikap terhadap hak asasi orang lain.
B.    Materi Pembelajaran
Upaya perlindungan terhadap HAM.
C.    Metode
        Tanya jawab, diskusi, dan ceramah bervariasi.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
        1. Pertemuan 1
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   |
|     1. 2.  |        Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b.     Memotivasi Melakukan   penjajakan kesiapan belajar   siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.  c.    Memberikan   informasi tentang kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti a.         Guru melakukan tanya   jawab mengenai sikap menghargai HAM. b.         Guru membantu   mendiskusikan upaya-upaya perlindungan HAM. c.         Siswa mempresentasikan   hasil diskusi   secara berkelompok. d.        Bersama guru, siswa menyimpulan hasil diskusi.  |        10  menit 60 menit  |        |   |
|     3.  |        Penutup Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran.  |        10 menit  |        |   |
 E.   Sumber Pembelajaran
- Buku teks Pendidikan      Kewarganegaraan:      untuk SMP dan MTs Kelas VII      (ESIS,
 
2007), hlm. 83—90
- Buku UUD 1945
 - UU No. 39 Tahun 1999, UU No. 23 Tahun 2002, dan UU No. 23 Tahun 2004
 
F.     Penilaian
Uraian
1.       Mengapa HAM perlu dilindungi?
2.       Jelaskan upaya pemerintah dalam perlindungan HAM!
3.       Jelaskan upaya Komnas HAM dan Komisi Perlindungan Anak dalam melindungi HAM?
4.       Bagaimana sikapmu terhadap hak asasi orang lain?
5.       Sebutkan 2 contoh upaya perlindungan  HAM yang kalian lakukan!
                                                                                                                                                              ............,     Juli  2007
                                    Mengetahui,                                                                                                                    
                                    Kepala SMP                                                                                                Guru Mata Pelajaran                                                        Guru Mata Pelajaran PK
                           __________________                                                                                     ___________________


No comments:
Post a Comment