Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VIII RPP 8



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     2.   Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia.
Kompetensi Dasar             :     2.4 Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen.
Indikator                           :     ·    Menerapkan perilaku sesuai dengan pasal-pasal dalam UUD 1945.
Alokasi Waktu                  :     2 x 40 menit


A.    Tujuan pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menjelaskan manfaat dan pentingnya menerapkan UUD 1945;
  2. menampilkan sikap mematuhi UUD 1945.

B.     Materi Pembelajaran

Sikap Positif terhadap UUD 1945.

C.    Metode

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.







2.





3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Tanya jawab tentang pasal pasal UUD 1945.
b.      Ceramah bervariasi pentingnya mentaati UUD 1945.
c.       Tanya jawab tentang contoh sikap perilaku terhadap UUD 1945 hasil amandemen.

Penutup
a.       Bersama siswa, guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.      Post test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR).
10 menit







60 menit





10    menit


E.     Sumber Pembelajaran
  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(ESIS, 2007), hlm. 44—47
  1. Buku tentang perkembangan ketatanegaraan Republik Indonesia
  2. UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950
  3. Artikel surat kabar tentang amandemen

F.     Penilaian

  1. Wawancara dan diskusi (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 49)
  2. Mengemukakan pendapat (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 49)
  3. Tes skala sikap
Contoh:
Berilah tanda V (centang) pada kolom sebelah kanan.
No
Sikap
1
2
3
4
5
1
Mengikuti upacara bendera





2.
Masuk sekolah tepat waktu





3.
Menghormati guru





4.
Menghormati teman





5.
Berpartisipasi  dalam kegiatan sekolah





6.
Menghormat bendera dengan khidmat





Keterangan:
1 = selalu
2 = sering
3 = kadang-kadang
4 = pernah
5 = tidak pernah
  1. Tes uraian (akhir kegiatan pembelajaran)


________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

No comments: