01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VII RPP 9



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VII RPP 9

                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                         :
Mata Pelajaran                           :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                          :       VII/I
                                               
Standar kompetensi                 :       3.     Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM).
Kompetensi Dasar                    :       3.2. Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakan HAM.
Indikator                                      :       ·      Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
·         Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM.
Alokasi waktu                            :       4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
        1. memberi contoh pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga dan masyarakat;
2. memberi contoh pelanggaran HAM di negara Indonesia;
3. menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM;
4. mengemukakan cara-cara penanganan terhadap pelanggaran HAM.

B.    Materi Pembelajaran
Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.

C.    Metode
        Ceramah bervariasi, penugasan, dan telaah buku.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
        1. Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.










2.













Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.     Guru menjelaskan tentang pelaksanaan kegiatan, yaitu memecahkan masalah pelanggaran HAM di lingkungan  keluarga (lingkungan masing-masing).
b.     Menampilkan gambar kasus pelanggaran HAM oleh aparat keamanan dan konflik pemekaran Papua.
c.     Siswa menjawab pertanyaan mengapa perlu memberi tanggapan terhadap pelanggaran HAM di negara kita.
d.    Mengekspresikan tanggapan tanggapan dalam bentuk tulisan/gambar.
e.     Secara berkelompok, siswa membaca uraian kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
f.      Siswa mengemukakan tanggapan terhadap uraian dan gambar kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
10  menit










60 menit











3.
Penutup
a.     Siswa membuat kesimpulan tentang pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
b.     Siswa melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.     Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk membaca materi pelajaran yang akan datang.
10 menit


1.       Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.












2.









3.

Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan secara lisan tentang cara-cara menangani pelanggaran HAM dan mengaitkannya dengan materi yang sudah diajarkan.
 c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
 d. Membagi siswa dalam 8 kelompok.

Kegiatan Inti
a.      Menjelaskan konsep tentang cara-cara penanganan pelanggaran HAM secara umum.
b.      Siswa menganalis beberapa kasus pelanggaran HAM dan cara-cara menanganinya secara berkelompok.
c.      Presentasi hasil analisis oleh masing-masing kelompok.
d.     Meminta kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
e.      Klarifikasi dari  guru tentang  materi yang telah dipresentasikan oleh masing-masing kelompok

Penutup
a.      Bersama guru, siswa menyimpulkan hasil pengamatan gambar palanggaran HAM.
b.      Dengan bimbingan guru,  masing-masing wakil kelompok  memberikan refleksi terhadap materi  yang telah ditampilkan oleh masing masing kelompok
c.       Mengadakan post test.
d.      Guru memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya.

10  menit












60 menit









10 menit


E.    Sumber Belajar
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS,
2007), hlm. 79—83
·         UUD 1945
·         UU No. 39 Tahun 1999
·         Surat kabar (edisi lama atau baru) yang menyajikan kasus pelanggaran HAM
F. Penilaian
Contoh:                                     
I. Tes Lisan
1.       Mengapa suatu perbuatan dikategorikan dalam pelanggaran HAM?
2.       Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan keluarga, masyasrakat, dan sekolah!
II. Tugas
a.       Buatlah klipping dari surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM!
b.       Lakukan wawancara dengan anggota kepolisian setempat tentang upaya yang mereka lakukan dalam menangani kasus pelanggaran HAM yang terjadi di wilayahnya.


                                                                                                                                                             ..............,     Juli  2007
                                    Mengetahui,                                                                                                                   
                                    Kepala SMP                                                                                                Guru Mata Pelajaran                                                        Guru Mata Pelajaran PK




                           __________________                                                                                     ___________________


No comments: