PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VII RPP 9
                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                                         : 
Mata Pelajaran                           :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                          :       VII/I
Standar kompetensi                 :       3.     Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM).
Kompetensi Dasar                    :       3.2. Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakan HAM.
Indikator                                      :       ·      Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
·         Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM.
Alokasi waktu                            :       4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
        1. memberi contoh pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga dan masyarakat;
2. memberi contoh pelanggaran HAM di negara Indonesia;
3. menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM;
4. mengemukakan cara-cara penanganan terhadap pelanggaran HAM.
B.    Materi Pembelajaran
Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
C.    Metode
        Ceramah bervariasi, penugasan, dan telaah buku.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
        1. Pertemuan I 
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   |
|     1. 2.  |        Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b.     Memotivasi Melakukan   penjajakan kesiapan belajar   siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.  c.    Memberikan   informasi tentang kompetensi yang akan dicapai. Kegiatan Inti a.     Guru menjelaskan tentang pelaksanaan kegiatan, yaitu memecahkan masalah pelanggaran HAM di lingkungan    keluarga (lingkungan masing-masing). b.     Menampilkan gambar kasus pelanggaran HAM oleh aparat keamanan dan   konflik pemekaran Papua. c.     Siswa menjawab pertanyaan mengapa perlu memberi tanggapan   terhadap pelanggaran HAM di negara kita. d.    Mengekspresikan tanggapan tanggapan dalam bentuk tulisan/gambar. e.     Secara berkelompok, siswa membaca uraian kasus-kasus   pelanggaran HAM di Indonesia. f.      Siswa mengemukakan tanggapan terhadap uraian dan gambar   kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.  |        10  menit 60 menit  |        |   |
|     3.  |        Penutup a.     Siswa   membuat kesimpulan tentang pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan   keluarga, sekolah, dan masyarakat. b.     Siswa   melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaksanakan. c.     Guru   memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk membaca materi pelajaran yang   akan datang.  |        10 menit  |        |   |
1.       Pertemuan II
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b.     Memotivasi Melakukan   penjajakan kesiapan belajar   siswa dengan memberikan pertanyaan secara lisan tentang cara-cara menangani   pelanggaran HAM dan mengaitkannya dengan materi yang sudah diajarkan.  c.    Memberikan   informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.  d. Membagi siswa dalam 8 kelompok.  Kegiatan Inti a.        Menjelaskan konsep   tentang cara-cara penanganan pelanggaran HAM secara umum. b.        Siswa menganalis beberapa kasus pelanggaran HAM dan cara-cara   menanganinya secara berkelompok. c.        Presentasi hasil   analisis oleh masing-masing kelompok. d.       Meminta kelompok lain   menanggapi   presentasi tersebut. e.        Klarifikasi   dari  guru tentang  materi yang telah dipresentasikan oleh   masing-masing kelompok Penutup a.        Bersama guru, siswa menyimpulkan hasil pengamatan gambar palanggaran   HAM. b.        Dengan bimbingan   guru,  masing-masing wakil   kelompok  memberikan refleksi terhadap materi    yang telah ditampilkan oleh masing masing kelompok   c.         Mengadakan post test. d.        Guru memberi tugas rumah   berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya.  |        10  menit 60 menit 10 menit  |        |   
E.    Sumber Belajar
- Buku teks Pendidikan      Kewarganegaraan:      untuk SMP dan MTs Kelas VII      (ESIS,
 
2007), hlm. 79—83
·         UUD 1945
·         UU No. 39 Tahun 1999
·         Surat   kabar (edisi lama atau baru) yang menyajikan kasus pelanggaran HAM
F. Penilaian
Contoh:                                      
I. Tes Lisan 
1.       Mengapa suatu perbuatan dikategorikan dalam pelanggaran HAM?
2.       Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan keluarga, masyasrakat, dan sekolah!
II. Tugas
a.       Buatlah klipping dari surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM!
b.       Lakukan wawancara dengan anggota kepolisian setempat tentang upaya yang mereka lakukan dalam menangani kasus pelanggaran HAM yang terjadi di wilayahnya.
                                                                                                                                                             ..............,     Juli  2007
                                    Mengetahui,                                                                                                                    
                                    Kepala SMP                                                                                                Guru Mata Pelajaran                                                        Guru Mata Pelajaran PK
                           __________________                                                                                     ___________________


No comments:
Post a Comment