PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN VII SILABUS 1
SILABUS
Sekolah : ................................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi: 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa an, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat. | Norma -norma dalam masyarakat | · kajian referensi dan mendiskusikan norma dari berbagai sumber tentang norma-norma , kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat, misalnya di Minangkabau, Batak, dll. · Perbedaan macam-macam norma yang berlaku dalam masyarakat. · Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat. | · Menjelaskan hakikat norma. · Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat. · Menguraikan macam-macam norma. | Tes tulis | Tes uraian | 1. Jelaskan yang dimaksud dengan norma! 2. Mengapa norma memiliki peran penting dalam masyarakat ? 3. Uraikan macam-macam norma yang ada dalam masyarakat! | 8 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS, 2007), artikel/berita di media massa, dan lain-lain. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.2. Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara. | Norma hukum | · Mencari informasi dari berbagai sumber tentang: o pengertian dan pembagian hukum; o perbedaan hukum publik dan hukum privat. · Mendiskusikan tujuan dan fungsi hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. | · Menjelaskan pengertian hukum. · Menjelaskan pembagian hukum menurut sifat, bentuk, dan isinya. · Pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara. · Menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara. | Tes lisan Tes tulis Tes tulis | Daftar pertanyaan Uraian Tes pilihan ganda dan uraian | Jelaskan pengertian hukum Jelaskan pembagian hukum menurut: 1. sifatnya 2. bentuknya 3. isinya Alasan masyarakat memerlukan norma hukum adalah …. a. ingin berbuat yang terbaik bagi dirinya b. belum semua kepentingan terwadahi dalam norma yang lain c. tidak semua orang mentaati norma yang ada d. hendak mewujudkan kepastian hukum | 8 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS, 2007), contoh UU, PP, atau Perda, artikel/berita di media | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.2 Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. | Norma -norma dalam masyarakat | · Melakukan pengamatan dan membuat laporan terhadap penerapan norma di sekolah. | · Menganalisis penerapan norma-norma di sekolah. · Melaksanakan norma di sekolah. | Nontes | Pengamatan | Lakukan pengamatan tentang penerapan norma oleh teman-teman di kelasmu dalam format seperti berikut.
1 = selalu 2 = sering 3 = kadang-kadang 4 = pernah 5 = tidak pernah Dari hasil pengamatanmu, buatlah analisis/ kesimpulan bagaimana penerapan norma-norma yang ada di kelasmu! Lalu, presentasikanlah di depan kelas! | 4 x 40’ | Lingkungan sekolah |
SILABUS
Sekolah : ................................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | ||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||||||||||||||||||||||||||
2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan. | Proklamasi kemerdekaan Indonesia | Kajian referensi dan mendiskusikan isi tulisan tentang sejarah penjajahan bangsa asing di Indonesia. | · Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. · Mendiskusikan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa. · Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan. | Tes tulis Tes tulis Tes Tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian | Sebutkan perlawanan-perlawanan yang dilakukan setelah tahun 1908 dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia! Jelaskan makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi martabat dan kesejahteraan dan suatu bangsa! Mengapa jiwa atau semangat proklamasi tetap diperlukan sepanjang hayat? Tunjukkan contoh semangat proklamasi dalam kehidupan dewasa ini! | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS, 2007), artikel, dan lain-lain. | ||||||||||||||||||||||||
2.2 Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama. 2.3.Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945 | · UUD 1945 sebagai konstitusi pertama · Pokok pikiran pembukaan UUD 1945 Hubungan Proklamasi dengan UUD 1945 | · Mendiskusikan dan mensimulasikan suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945. · Kajian referensi dan mendiskusikan hubungan proklamasi dengan UUD 1945. Kajian referensi dan mendiskusikan hubungan proklamasi dengan UUD 1945 | · Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945. · Mendeskripsikan sidang BPUPKI tanggal 10—17 Juli 1941. · Menguraikan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945. · Menjelaskan hubungan proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945 · Menguraikan makna alinea yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes pilihan ganda Uraian | Uraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945! Uraikan pokok-pokok pikiran pembukaan UUD 1945 ! UUD 1945 sebagai konstitusi pertama dibentuk oleh: a. BPUPKI b. PPKI c. MPR d. Presiden Sebutkan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 ! Jelaskan hubungan Proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945! Jelaskan makna yang terkandung dalam alinea ke-3 Pembukaan UUD 1945! | 4 x 40’ 4 X 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS, 2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan, dan teks Proklamasi. | ||||||||||||||||||||||||
2.4. Menunjukkan sikap positif terha dap makna proklamasi kemerde kaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama. | Proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945 | Mencari informasi dari berbagai sumber, menelaah, dan mendiskusikan tentang makna proklamasi bagi kehidupan bangsa. | · menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama. | Kuesioner | Daftar check list | Petunjuk: berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan: Ya: sependapat dengan pernyataan (skor 1 jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif) Tdk: tidak sependapat dengan pernyataan (skor 0 jika pernyataan positif, dan skor 1 jika pernyataan negatif) | 4 x 40’ | Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS, 2007), buku pengayaan, UUD 1945 hasil perubahan. |
No comments:
Post a Comment