PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII PROGRAM TAHUNAN
PROGRAM TAAHUNAN
Mata Pelajaran | : | PKn |
Satuan Pendidikan | : | SMP |
Kelas | : | VIII |
Tahun Pelajaran | : | 2006/2007 |
Standar Kompetensi
§ Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
§ Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia.
§ Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
§ Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan.
§ Memahami kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan di Indonesia.
No. | Semester | Kompetensi Dasar | Alokasi waktu |
1. | I | 1.1 Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara. 1.2 Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara. 1.3 Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 1.4 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyakat. | 4 jam 2 jam 1 jam 1 jam |
2. | | 2.1 Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia. 2.2 Menganalisis penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia. 2.3 Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945. 2.4 Menampilkan sikap positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen. | 2 jam 2 jam 1 jam 1 jam |
3. | | 3.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional. 3.2 Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional. 3.3 Mentaati peraturan perundang-undangan nasional. 3.4 Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. 3.5 Mendeskripsikan pengertian antikorupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) antikorupsi di Indonesia. | 2 jam 4 jam 2 jam 2 jam 2 jam |
JUMLAH | 26 jam | ||
4. | II | 4.1 Menjelaskan hakikat demokrasi. 4.2 Menjelaskan pentingnya kehidupan demokratis dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 4.3 Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan. | 4 jam 4 jam 2 jam |
5. | | 5.1 Menjelaskan makna kedaulatan rakyat. 5.2 Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat. 5.3 Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia. | 4 jam 4 jam 4 jam 2 jam |
JUMLAH | 24 jam |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_______________ _________________
PROGRAM TAHUNAN
BERDASARKAN KALENDER PENDIDIKAN
Mata Pelajaran | : | PKn |
Satuan Pendidikan | : | SMP/MTs |
Kelas | : | VIII |
Tahun Pelajaran | : | 2006/2007 |
A. Jumlah Minggu dalam Satu Semester
1. Semester Gasal
No. | Nama Bulan | Jumlah Minggu |
1. | Juli | 2 |
2. | Agustus | 5 |
3. | September | 4 |
4. | Oktober | 4 |
5. | November | 5 |
6. | Desember | 3 |
Jumlah | 23 |
2. Semester Genap
No. | Nama Bulan | Jumlah Minggu |
1. | Januari | 4 |
2. | Februari | 4 |
3. | Maret | 4 |
4. | April | 4 |
5. | Mei | 5 |
6. | Juni | 4 |
Jumlah | 25 |
B. Jumlah Minggu Tidak Efektif dalam Satu Tahun
1. Semester Gasal
No. | Nama Bulan | Jumlah Minggu | Keterangan |
1. | Juli | 1 | MOS (Masa Orientasi Siswa) |
2. | Agustus | - | |
3. | September | - | |
4. | Oktober | 3 | Minggu Mid, 2 minggu libur menjelang dan sesudah hari Raya |
5. | November | - | |
6. | Desember | 2 | Ulangan Semester dan Nilai Rapor |
Jumlah | 6 | |
2. Semester Genap
No. | Nama Bulan | Jumlah Minggu | Keterangan |
1. | Januari | - | |
2. | Februari | - | |
3. | Maret | 1 | Uji coba Ujian Nasional (UN) 1 |
4. | April | 1 | Ulangan Mid Semester |
5. | Mei | 2 | Ujian Sekolah, UN |
6. | Juni | 2 | Ulangan Semester dan Nilai Rapor |
Jumlah | 6 | |
C. Jumlah Minggu Efektif dalam Satu Tahun
1. Semester Gasal
23 Minggu - 6 Minggu = 17 Minggu
2. Semester Genap
25 Minggu - 6 Minggu = 19 Minggu
D. Jumlah Jam Belajar Efektif
1. Semester Gasal
17 Minggu x 2 jam pelajaran = 34 jam pelajaran
2. Semester Genap
19 minggu x 2 jam pelajaran = 38 pelajaran
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_________________ __________________
No comments:
Post a Comment