01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VIII Program Tahunan



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN VIII PROGRAM TAHUNAN
PROGRAM TAAHUNAN


Mata Pelajaran
:
PKn
Satuan Pendidikan
:
SMP
Kelas
:
VIII
Tahun Pelajaran
:
2006/2007

Standar Kompetensi
§  Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
§  Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia.
§  Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
§  Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan.
§  Memahami kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan di Indonesia.

No.
Semester
Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
1.
I
1.1  Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.
1.2  Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.
1.3  Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
1.4  Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyakat.
4 jam

2 jam

1 jam

1 jam

2.

2.1  Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia.
2.2  Menganalisis penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia.
2.3  Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945.
2.4  Menampilkan sikap positif terhadap pelaksanaan        UUD 1945 hasil amandemen.
2 jam

2 jam

1 jam
1 jam

3.

3.1  Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
3.2  Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional.
3.3  Mentaati peraturan perundang-undangan nasional.
3.4  Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.
3.5  Mendeskripsikan pengertian antikorupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) antikorupsi di Indonesia.
2 jam

4 jam

2 jam
2 jam

2 jam
JUMLAH
26 jam
4.
II
4.1  Menjelaskan hakikat demokrasi.
4.2  Menjelaskan pentingnya kehidupan demokratis dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.3  Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan.
4 jam
4 jam

2 jam
5.

5.1  Menjelaskan makna kedaulatan rakyat.
5.2  Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.
5.3  Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia.
4 jam
4 jam
4 jam

2 jam

JUMLAH
24 jam




                    Mengetahui,
                  Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran

                             

               _______________                                                    _________________


PROGRAM TAHUNAN
BERDASARKAN KALENDER PENDIDIKAN


Mata Pelajaran
:
PKn
Satuan Pendidikan
:
SMP/MTs
Kelas
:
VIII
Tahun Pelajaran
:
2006/2007


A.    Jumlah Minggu dalam Satu Semester
1.      Semester Gasal

No.
Nama Bulan
Jumlah Minggu
1.
Juli
2
2.
Agustus
5
3.
September
4
4.
Oktober
4
5.
November
5
6.
Desember
3
Jumlah
23

2.      Semester Genap

No.
Nama Bulan
Jumlah Minggu
1.
Januari
4
2.
Februari
4
3.
Maret
4
4.
April
4
5.
Mei
5
6.
Juni
4
Jumlah
25

B.     Jumlah Minggu Tidak Efektif dalam Satu Tahun
1.      Semester Gasal

No.
Nama Bulan
Jumlah Minggu
Keterangan
1.
Juli
1
MOS (Masa Orientasi Siswa)
2.
Agustus
-

3.
September
-

4.
Oktober
3
Minggu Mid, 2 minggu libur menjelang dan sesudah hari Raya
5.
November
-

6.
Desember
2
Ulangan Semester dan Nilai Rapor
Jumlah
6

2.      Semester Genap

No.
Nama Bulan
Jumlah Minggu
Keterangan
1.
Januari
-

2.
Februari
-

3.
Maret
1
Uji coba Ujian Nasional (UN) 1
4.
April
1
Ulangan Mid Semester
5.
Mei
2
Ujian Sekolah, UN
6.
Juni
2
Ulangan Semester dan Nilai Rapor
Jumlah
6


C.    Jumlah Minggu Efektif dalam Satu Tahun
1.      Semester Gasal
23 Minggu - 6 Minggu = 17 Minggu
2.      Semester Genap
25 Minggu - 6 Minggu = 19 Minggu

D.    Jumlah Jam Belajar Efektif
1.      Semester Gasal
17 Minggu x 2 jam pelajaran = 34 jam pelajaran
2.      Semester Genap
19 minggu x 2 jam pelajaran = 38 pelajaran



                             
                    Mengetahui,
                  Kepala Sekolah                                                    Guru Mata Pelajaran


             _________________                                              __________________

No comments: