
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IX RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 4
Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     IX/I
Standar Kompetensi         :     2. Memahami pelaksanaan otonomi daerah.
Kompetensi Dasar             :     2.1 Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan pengertian otonomi daerah.
·         Menjelaskan tujuan otonomi daerah.
·         Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi otonomi daerah.
·         Menunjukkan dasar hukum pelakasanaan otonomi daerah.
·         Menjelaskan prinsip-prinsip penyelengaraan otonomi daerah.
·         Mengidentifikasi hal yang menjadi urusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Alokasi Waktu                  :     6 x 40 menit (3 x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- menjelaskan pengertian otonomi daerah;
 - menjelaskan hakikat otonomi daerah;
 - menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi otonomi daerah;
 - menjelaskan bahwa manusia adalah faktor yang mempengaruhi otonomi daerah;
 - menyebutkan peraturan perundangan-undngan otonomi daerah;
 - menyebutkan prinsip-prinsip penyelenggaraan otonomi daerah;
 - menjelaskan otonomi dilaksanakan secara bertanggung jawab;
 - menyebutkan urusan yang menjadi wewenang pemerintah pusat dan yang menjadi wewenang pemerintah darah.
 
B.     Materi Pembelajaran
- Pengertian otonomi daerah
 - Hakikat otonomi daerah
 - Asas-asas/prinsip otonomi daerah
 - Dasar hukum penyelenggaraan otonomi daerah
 - Hal yang menjadi wewenang pemerintah pusat dan pemerintah daerah
 
C.    Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
 - Tanya jawab
 - Penugasan
 
D.    Langkah-Langkah Pembelajaran
- Pertemuan I
 
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan   kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b.   Memotivasi ·           Melakukan penjajakan kesiapan   belajar siswa dengan memberikan   pertanyaan tentang materi yang diajarkan. 
 Kegiatan   Inti a.     Mengkaji materi melalui telaah pustaka dan   mendiskusikan hakikat otonomi daerah. b.     Ceramah bervariasi.  c.     Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab. Penutup a.         Dengan bimbingan guru, siswa membuat   kesimpulan materi untuk pemahaman siswa. b.        Post test. c.         Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk persiapan materi pertemuan selanjutnya.  |        10 menit 60 menit 10 menit 10      enit  |        |   
- Pertemuan II
 
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan   kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b.   Memotivasi ·           Melakukan penjajakan kesiapan   belajar siswa dengan memberikan   pertanyaan tentang materi yang diajarkan. 
 Kegiatan Inti  d.    Melanjutkan diskusi tentang hakikat   otonomi daerah. e.     Tanya jawab mengenai materi yang   telah disampaikan.  Penutup a.         Dengan bimbingan guru, siswa membuat   kesimpulan materi untuk pemahaman siswa. b.        Post test. c.         Guru melakukan   tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk   mempersiapkan demontrasi materi pertemuan selanjutnya.  |        10 menit 60 menit 10 menit  |        |   
2.      Pertemuan III
|     No  |        Kegiatan Belajar  |        Waktu  |        Keterangan  |   
|     1. 2. 3.  |        Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan   kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b.   Memotivasi ·           Melakukan penjajakan kesiapan   belajar siswa dengan memberikan   pertanyaan tentang materi yang diajarkan. 
 Kegiatan Inti  a.         Mengkaji buku teks tentang pemerintah daerah b.        Mengkaji buku teks dan   mendiskusikan wewenang pemerintah pusat dan pemerintah daerah. c.         Tanya jawab Penutup a.         Dengan bimbingan guru, siswa membuat   kesimpulan materi untuk pemahaman siswa. b.        Post test. c.         Guru melakukan   tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk   mempersiapkan demontrasi materi pertemuan selanjutnya.  |        10 menit 60 menit 10 menit 10    menit  |        |   
E.     Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 26—35
 - UUD 1945 yang telah diamandemen
 - UU No. 22 Tahun 1999 jo. UU No. 32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah
 - Artikel surat kabar
 - Buku-buku (sumber) lain yang relevan
 
F.     Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ketiga. Pada pertemuan ke-1 dan pertemuan ke-2, penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas saat diskusi, dan pengerjaan tugas-tugas. Teknik penilaian yang digunakan, antara lain tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda dan  uraian, diskusi, serta unjuk karya.
- Diskusi (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 27). Format penilaian diskusi dapat dilihat di Lampiran 1.
 - Unjuk karya (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 31). Format penilaian unjuk karya dapat dilihat di Lampiran 1.
 - Mengemukakan pendapat (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 31, 35)
 - Penugasan: wawancara dan penulisan laporan (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 35)
 - Tes uraian 
 
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan pengertian otonomi daerah!
2.      Jelaskan tujuan otonomi daerah!
3.      Jelaskan pengertian manusia merupakan faktor yang turut menentukan dalam penyelenggaraan otonomi daerah!
4.      Sebutkan hal yang menjadi wewenang pemerintah daerah!
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn
______________                                                                          __________________

No comments:
Post a Comment