Google Web Search Gadget

Facebook Share

01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VIII Silabus 1



 PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN VIII SILABUS 1
SILABUS
Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VIII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Semester                : I (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

1.1.  Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.




Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan  pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.



·      Menjelaskan  pentingnya ideologi  bagi suatu bangsa dan negara.



























·      Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

·      Menuliskan rumusan  Pancasila dalam Piagam Jakarta.

·      Menuliskan rumusan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945.

Tes tulis dan berbicara





Penugasan


Tes tulis

Tes tulis

















Tes tulis dan berbicara




Tes tulis






Tes tulis





Tes tulis

Diskusi



Mengemukakan pendapat

Mencari informasi

Isian singkat

Tes
pilihan ganda
















Mengemukakan pendapat

Diskusi dan makalah

Tes uraian






Tes uraian





Tes uraian

 (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 3)


Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 10)


Hunting (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 7)


Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 11)

Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan ....
A.    menjadi bangsa yang kuat
B.   memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan*
C.   mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain
D.   mampu mempertahan- kan kelangsungan hidup
bangsanya
 (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 50—52)

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 18)

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 19)

Uraikan urutan usulan perumusan dasar negara yang disampaikan pada sidang BPUPKI  pada 29 Mei1 Juni 1945


Tuliskan rumusan Pancasila yang terdapat dalam Piagam Jakarta!



Tuliskan rumusan Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945!



4 x 40’



Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 1—19 (ESIS, 2007),
buku atau tulisan tentang Pancasila, dan media internet



1.2.  Menguraikan  nilai-nilai Pancasila  sebagai  dasar negara  dan ideologi negara.



Nilai-nilai luhur Pancasila.

Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan nilai-nilai luhur Pancasila.


·      Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.












·      Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia.










Tes tulis
















Tes tulis dan berbicara

Penugasan

Mencari informasi

Tes pilihan ganda












Mengemukakan pendapat

Proyek dan presentasi


Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 26)

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara lain adalah ....
a.       menghargai perbedaan pendapat
b.       menghragai hasil karya orang lain
c.        memiliki semangat gotong-royong
d.       menjunjung tinggi prinsip persamaan derajat
(hlm. 26—28)

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 25)

Bentuklah lima kelompok. Tugas setiap kelompok  adalah mengidentifikasi dan menunjukkan berbagai adat istiadat, budaya, atau kebiasaan hidup sehari-hari dalam lingkungan kalian yang mencermin kan perwujudan salah satu sila dari Pancasila. Setiap kelompok mengidentifikasi sila yang berbeda. Laporkan hasil kerja kelompok kalian di hadapan kelompok lain!

4 x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 19—24 (ESIS, 2007),
buku atau tulisan tentang Pancasila, dan media internet


1.3.  Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mengamati dan menunjukkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.


·      Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila.






·      Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa


Tes tulis










Tes tulis dan berbicara

Tes tulis






Tes uraian










Mengemukakan pendapat

Tes
uraian





Jelaskan pentingnya menerapkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!






Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 25)


Berikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa!




2 x 40’



Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 24—25 (ESIS, 2007), buku atau tentang Pancasila



1.4.  Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.


Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Mengamati dan menampilkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.


Penugasan










Pengamatan


Tugas mandiri








Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 26)

Tuliskan sikap/perilaku kalian yang sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila. Buatlah dalam format tabel (No, Sikap, Nilai-Nilai Pancasila: Sila ke-, tanda tangan dua orang teman dan wali kelas).

2 x 40’



Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 25—26 (ESIS, 2007)
dan buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila.


SILABUS
Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VIII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Semester                : I (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

2.1.  Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia.


·       Pengertian konstitusi.




·       Berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia.

Menelaah isi buku tentang berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia (UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950).


·     Menjelaskan pengertian konstitusi.








·      Menjelaskan sistem ketatanegaraan menurut Konstitusi RIS.
·      Menjelaskan sistem ketatanegaraan menurut UUDS 1950.







Tes tulis dan berbicara



Tes kreativitas


Tes tulis


Tes tulis




Tes tulis


Diskusi


Mengemukakan pendapat

Unjuk karya



Tes
uraian

Isian singkat




Isian singkat

(buku PKn Kls VIII-Esis, 2007,
hlm. 32)

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 34)

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 35)

Jelaskan pengertian konstitusi!


Sistem pemerintahan berdasarkan konstitusi RIS adalah ....



Berdasarkan UUDS Tahun 50, dalam menjalankan tugasnya, menteri bertanggung jawab kepada ....

4 x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 29—44 (ESIS, 2007), UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950



2.2.   Menganalisis penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia.


Berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia.

Mengkaji penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD.


·      Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode
19451949.









·      Menunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi.

·      Menjelaskan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD.



Tes tulis










Tes tulis dan Berbicara

Tes tulis











Tes tulis



Tes tulis dan berbicara

Tes
pilihan ganda









Mengemukakan pendapat


Tes uraian











Tes uraian



Mengemukakan pendapat

Diskusi

Bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949 adalah ....
a.        pemberlakuan UUDS
b.        berlakunya sistem parlementer*
c.        pembubaran Konstituante
d.        penangkatan Presiden seumur hidup
(buku PKn Kls VIII-Esis, 2007,
hlm. 51—51)

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 34)


Tunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 setelah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi!








Jelaskan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD!

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 44)

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 44)


2 x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 29—44 (ESIS, 2007), buku tentang perkembangan
ketatanegaraan
Republik Indonesia



2.3.   Menunjukkan  hasil-hasil amandemen UUD 1945.



UUD 1945 hasil amandemen.

Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan hasil-hasil amandemen UUD 1945.


·       Menjelaskan kesepakatan MPR terhadap perubahan UUD 1945.





·      Menunjukkan pasal-pasal hasil amandemen UUD 1945.

Tes tulis dan berbicara

Tes tulis





Tes tulis







Mengemukakan pendapat


Tes
uraian




Tes
uraian






Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 47)


·       Sebutkan kesepakatan MPR dalam perubahan UUD 1945!
·       Mengapa Pembukaan UUD 1945 tidak diubah dan tetap dipertahankan?

·       Sebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 yang dihapus!
·       Tuliskan bunyi pasal 1 ayat 2 UUD 1945 hasil amandemen!
·       Tuliskan sistematika UUD 1945 sebelum dan sesudah amandemen!

4 x 40’



Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 44—47 (ESIS, 2007), UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945


2.4 Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen.

Sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen.

Mengidentifikasi respon masyarakat terhadap amandemen UUD 1945.


Menampilkan sikap perilaku sesuai dengan UUD 1945.

Tes tulis dan berbicara

Tes tulis dan berbicara

Tes skala sikap
 
Wawancara dan diskusi


Mengemukakan pendapat


Mengemukakan sikap

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 49)


Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 49)


Berilah tanda V (centang) pada kolom sebelah kanan.
No
Sikap
1
2
3
4
5
1
Mengikuti upacara bendera





2.
Masuk sekolah tepat waktu





3.
Menghormati guru





4.
Menghormati teman





5.
Berpartisipa-si  dalam kegiatan sekolah





6.
Menghormat bendera dengan khidmat






Keterangan:
1 = selalu
2 = sering
3 = kadang-kadang
4 = pernah
5 = tidak pernah

2 x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 47—50 (ESIS, 2007),  UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945
SILABUS
Nama Sekolah                  : ................................................
Kelas                               : VIII
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Semester                          : 1 (satu)
Standar Kompetensi          : 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN

WAKTU
SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

3.1   Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.

Peraturan Perundang-undangan nasional.

Melakukan kajian referensi  UU No. 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.



·     Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan.





·     Menguraikan jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.


Tes tulis dan berbicara




Tes tulis



Tes tulis


Tes kreativitas


Tes tulis








Tes tulis dan berbicara

Penugasan

Diskusi


Mengemukakan pendapat


Tes
uraian


Isian singkat


Unjuk karya



Tes
uraian







Diskusi



Mencari informasi

(buku PKn Kls VIII-Esis, 2007,
hlm. 55)

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 59)


Jelaskan fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 60)

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 60)


Jenis peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah undang-undang adalah ....
a.    Ketetapan MPR
b.    Peraturan Pemerintah*
c.    Peraturan Presiden
d.    Keputusan Presiden

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 63)


Hunting (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 61)

2 x 40’



Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 54—63 (ESIS, 2007),  buku
UU No. 10/ 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan



3.2.  Mendeskripsikan proses
        pembuatan peraturan perundang-undangan nasional.


UU No. 10
Tahun 2004

Mengkaji proses pembuatan peraturan perundang-undangan.



·     Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang.



·     Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan daerah.

Tes tulis dan berbicara

Tes tulis


Penugasan





Tes tulis dan berbicara

Mengemukakan pendapat


Tes uraian


Tugas rumah





Diskusi

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 69)


Sebutkan tahap-tahap pembuatan UU!

Jelaskan proses pembuatan peraturan daerah, mulai dari pengajuan rancangan peraturan daerah hingga pengesahannya!

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 70)

4 x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 63—70 (ESIS, 2007), artikel surat kabar



3.3.  Menaati peraturan perundang-undangan nasional.
















Peraturan Perundang-undangan nasional.

Mendiskusikan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.




·     Menjelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.


·     Menunjukkan ketaatan terhadap peraturan  perundang-undangan.

Tes tulis dan berbicara

Tes tulis




Tes tulis dan berbicara

Penugasan


Mengemukakan pendapat


Tes
uraian



Mengemukakan pendapat


Tugas rumah


Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 73)


Jelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan!

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 73)


Buatlah identifikasi tentang sikap atau perbuatan yang menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan! Kemukakan secara tertulis, minimal 10 contoh.

4 x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 70—74 (ESIS, 2007), artikel
surat kabar



3.4.  Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.





Tindak pidana korupsi


Mengamati pemberitaan media massa tentang kasus korupsi dan pemberantasan korupsi.



·     Mengidentifikasi kasus korupsi di daerah.

















·     Menunjukkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.


Tes tulis dan berbicara



Tes kreativitas

Penugasan











Penugasan dan berbicara


Tes kreativitas

Diskusi


Mengemukakan pendapat

Unjuk karya


Tugas rumah











Mencari informasi dan mengemukakan pendapat

Unjuk karya


(buku PKn Kls VIII-Esis, 2007,
hlm. 79)

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 83)

Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 84)

Buatlah identifikasi kasus korupsi  di daerahmu yang  sedang disidangkan atau telah divonis oleh pengadilan!
Jelaskan pengaruh Undang- Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia!

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 87)



Kreativitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 87)



2 x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 77—87 (ESIS, 2007), artikel/berita media massa



3.5.  Mengidentifikasi pengertian antikorupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) antikorupsi di Indonesia.


Peraturan hukum tentang tindak pidana korupsi.

Mengkaji UU No. 29 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas

dari KKN dan
UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


·     Merumuskan pengertian korupsi.




·     Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi.

·     Menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi.

Tes tulis dan berbicara

Tes tulis


Tes tulis




Penugasan dan berbicara

Tes tulis


Mengemukakan pendapat


Tes
uraian

Tes
uraian



Mencari informasi dan diskusi

Tes
uraian

Opiniku (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 91)


Jelaskan makna korupsi menurut pengertianmu!

Sebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi di Indonesia!


Aktivitas (buku PKn Kls VIII-Esis, 2007, hlm. 92)


Sebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi di Indonesia!

4 x 40’

Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 87—92 (ESIS, 2007), UU No. 29 Thn

1999
UU No. 31 Thn 1999

No comments: