Google Web Search Gadget

Facebook Share

14 November 2011

UNIVERSITAS BRAWIJAYA ( UNBRA )


UNIVERSITAS BRAWIJAYA ( UNBRA )




Universitas Brawijaya

World Class Entrepreneurial University
Didirikan
5 Januari 1963
Jenis
Universitas Negeri
Rektor
Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito
Mahasiswa
30.278
Kampus
1.813.664m²
Lokasi
Malang, Indonesia
Warna
Biru 
Julukan
UB
Maskot
Join UB, Be The Best
Situs web
www.ub.ac.id
  
Universitas Brawijaya adalah sebuah universitas negeri di Kota Malang, Indonesia.
Universitas Brawijaya (disingkat UB) diresmikan sebagai Universitas Negeri pada tahun 1963. Saat ini UB merupakan salah satu universitas negeri yang terkemuka di Indonesia yang mempunyai jumlah mahasiswa lebih dari 30 ribu orang dari berbagai strata mulai ProgramPendidikan Vokasi (Diploma), Program Sarjana, Program Magister dan Program Doktor selain Program Spesialis dan Program Pendidikan Profesi yang tersebar dalam 12 Fakultas dan 2 Program.

Sejarah
Kampus UB berada di kota Malang Jawa Timur, dengan lokasi yang mudah terjangkau oleh kendaraan umum. Kampusnya sangat asri karena banyaknya pepohonan dan ditunjang oleh hawa sejuk kota Malang. Sejarah membuktikan keberadaan Kota Malang sebagai kota pendidikan tempat UB tumbuh dan berkembang pesat. Ini tidak terjadi dengan sendirinya tapi seakan merupakan proses sejarah yang tidak terpisahkan dari kejayaan Jawa Timur di masa lampau.

Berdasarkan SK Presiden Nomor 59 tahun 1982 tanggal 7 September 1982 tentang struktur organisasi Universitas Brawijaya, Fakultas Perikanan (FPi) menjadi fakultas tersendiri karena sejak tahun 1977 digabung menjadi satu dengan Fakultas Peternakan dengan nama Fakultas Peternakan dan Perikanan. Sebagai catatan bahwa Fakultas Perikanan telah berdiri sejak tahun 1963 di Probolinggo yang merupakan Jurusan dari FKHP Universitas Brawijaya. Fakultas Kedokteran (FK) secara resmi berada di bawah Universitas Brawijaya sejak tahun 1974 setelah sejak berdirinya tahun 1963 dibawah Yayasan Perguruan Tinggi Jawa Timur. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0371/O/1993 tanggal 21 Oktober 1993. Universitas Brawijaya menambah satu lagi fakultas yaitu Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang merupakan peningkatan status dari Jurusan Teknologi Pertanian yang sebelumnya berada di Fakultas Pertanian.

Logo UB
Makna yang terkandung di dalam logo tersebut, kalimat “Join UB be the Best” merupakan moto Universitas Brawijaya yang berupaya menjadi yang terbaik. Berikut ini adalah makna lain yang terkandung di dalam logo UB: - Tulisan “UB” dalam bulatan menggambarkan keberadaan Universitas Brawijaya selalu dinamis dalam masyarakat dunia.
- Sayap berjumlah 3 buah mengelilingi bulatan bola dunia, menunjukkan tiga pilar Tridharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) yang bertaraf internasional.
- Warna emas pada huruf dan gambar mengandung arti kebijaksanaan dan kejayaan.
- Warna biru sebagai latar belakang menggambarkan bahwa Universitas Brawijaya bersifat universal.
- Bingkai (frame) berbentuk bujur sangkar (seimbang pada semua sisi) memberi arti berkeadilan (fairness).

Fakultas
* Fakultas Hukum
  •  
§  Ilmu Hukum
* Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  •  
§  Ilmu Ekonomi
§  Manajemen
§  Akuntansi
§  Ekonomi Islam
§  Keuangan Perbankan
* Fakultas Ilmu Administrasi
  •  
§  Ilmu Administrasi Bisnis
§  Ilmu Administrasi Publik
§  Administrasi Pembangunan
§  Administrasi Pemerintahan
§  Administrasi Perpajakan
§  Bisnis Internasional
* Fakultas Pertanian
  •  
§  Agribisnis
§  Agroekoteknologi
* Fakultas Peternakan
  •  
§  Peternakan
* Fakultas Teknik
  •  
§  Teknik Elektro
§  Teknik Mesin
§  Teknik Informatika
§  Teknik Komputer
§  Sistem Informasi
§  Teknik Pengairan
§  Teknik Sipil
§  Teknik Industri
§  Teknik Arsitektur
§  Perencanaan Wilayah dan Kota
§  Teknik Kimia
* Fakultas Kedokteran
  •  
§  Pendidikan Dokter
§  Ilmu Keperawatan
§  Ilmu Gizi
§  Pendidikan Dokter Gigi
§  Farmasi
§  Kebidanan
* Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  •  
§  Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
§  Teknologi Hasil Perikanan
§  Budidaya Perairan
§  Ilmu Kelautan
§  Manajemen Bisnis Kelautan dan Perikanan
* Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  •  
§  Kimia
§  Fisika
§  Instrumentasi
§  Geofisika
§  Biologi
§  Matematika
§  Statistika
§  Ilmu Komputer
* Fakultas Teknologi Pertanian
  •  
§  Teknologi Hasil Pertanian
§  Teknologi Industri Pertanian
§  Teknik Pertanian
§  Agroindustri Hasil Hutan
§  Teknik Sumberdaya Alam & Lingkungan
§  Bisnis Pangan
* Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  •  
§  Sosiologi
§  Komunikasi
§  Hubungan Internasional
§  Psikologi
§  Ilmu Politik
§  Ilmu Pemerintahan
* Fakultas Ilmu Budaya
  •  
§  Sastra Inggris
§  Sastra Jepang
§  Bahasa dan Sastra Perancis
§  Sastra Cina
§  Seni Rupa
§  Antropologi
§  Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
§  Pendidikan Bahasa & Sastra Inggris
§  Pendidikan Bahasa & Sastra Jepang
* Program Kedokteran Hewan
  •  
§  Pendidikan Dokter Hewan
* Program Pendidikan Vokasi
* Program Pascasarjana
Peringkat Perguruaan Tinggi Dan Jumlah Dosen.
Universitas Brawijaya pada 10 Januari 2009 mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melalui Keputusan BAN PT No. 015/BAN-PT/Ak-II/Inst/I/2009. Dengan demikian, UB adalah 1 dari 2 perguruan tinggi di Jawa Timur yang terakreditasi A yaitu bersama ITS.
Peringkat Universitas Brawijaya pada tahun 2010 adalah peringkat 2026 di dunia dan peringkat 10 di Indonesia versi Webometrics, peringkat 500-600 di dunia dan peringkat 10 di Indonesia versi The QS, peringkat 972 di dunia dan peringkat 6 di Indonesia versi 4 ICU.
Pada Jumlah Dosen Tetap 1.424 orang, dengan jenjang pendidikan tertinggi : S-1 : 315 orang S-2 : 768 orang S-3 : 341 orang

Organisasi Kemahasiswaan
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Menwa 803 Universitas Brawijaya "Bhirawa Yudha Cendekia"
Resimen Mahasiswa (Menwa) adalah sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan keikutsertaan dalam upaya bela negara yang disusun, diorganisasikan dan dibentuk secara wilayah pada setiap Propinsi Daerah Tingkat I, dan sebagai Satuan Resimen Mahasiswa (Satmenwa) di Perguruan Tinggi. Sat Menwa 803 Universitas Brawijaya berdiri pada Tahun 1977. Tujuan Resimen Mahasiswa
1.  Sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga negara dalam bela negara.
2.  Mempersiapkan mahasiswa yang memiliki sikap disiplin, pengetahuan, fisik dan mental agar mampu melaksanakan tugas bela negara serta menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.
3.  Mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam rangka Sishankamrata.
Kegiatan Menwa "Mahasurya" Jawa Timur
1. Kegiatan Periodik a. Dikltsar Menwa b. Suskalak c. Suskapin d. Dik Provost dan Dik Polmen e. Satgas Timtim f. Kegiatan keputrian (khusus Menwa Putri) tiap bulan Korwil Surabaya dan Korwil Malang. g. Raid Berret gabungan h. HUT MENWA Mahasurya 1 Juni i. Rakerda dan Rakernas Menwa j. Upacara Parade Surya Senja tiap bulan k. DIKSAR Linmas perkotaan dan Gurila l. Sus Pelatih Menwa m. Dll

2. Kegiatan-kegiatan Insidental a. Keterlibatan dalam Upacara Peringatan : - Hari Kartini - HUT Hansip - Hardiknas - Harkitnas - HUT Bhayangkara - HUT Proklamasi - Hapsak - HUT ABRI - Hari Sumpah Pemuda - Hari Pahlawan - HUT Kodam - Hari Ibu dan Kowad - HKSN - AKRN
b. Pembinaan Satuan dan Personil - Rapat Dansat se-Jatim - Latihan Pemantapan (Lantap) - Latihan Peningkatan (Latpen) - Kursus Dasar Staf (KDS) - Spara Dasar - Menembak Mahir - Menyelam - Kunjungan Korwil di satuan - Dll
c. Pengabdian Masyarakat - Bhakti Sosial - KKBM-TNI dan POLRI - Peringatan Hari Ibu Panti Asuhan - Dll

http://satmenwa803.multiply.com

Impala UB
Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Brawijaya berdiri sebagai unit aktivitas kegiatan mahasiswa yang bernaung di bawah panji Universitas Brawijaya berdasarkan SK DEMA No. II/DMUB/1975. Pada tanggal 29 Mei 1976, SK tersebut mengalami pembaharuan dan akhirnya pada tanggal tersebut disepakati sebagai hari kelahiran Impala UB.

Pola Kegiatan Mendasarkan pada pola RESOSIL Rekreasi, Olah Raga dan Sosial. Pada operasional kegiatan terbagi menjadi beberapa divisi, Divisi Gunung Hutan, Rock Climbing, Caving, Arung Jeram, Penalaran dan Pengabdian Masyarakat
Dan selain bidang-bidang kegiatan yang ada, Impala UB juga mempunyai wadah lain bagi pengembangan tibadi anggota dan organisasi melalui media jurnalistik BRAVO, yaitu buletin sebagai sarana informasi dan komu-nikasi kepencintaalaman dan lingkungan hidup dan didistribusikan secara nasional. Kenggotaan Dalam membina dan mengembangkan anggota IMPALA UNIBRAW terbagi dalam status keanggotaan yaitu : anggota muda, anggota biasa, anggota kehormatan dan anggota luar biasa. Sistem pendidikan yang digunakan bersifat khusus dan berkesinambungan:
1.  Sistem rekruitmen, dengan menggunakan suatu Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) sekali dalam setahun. Diklatsar ini terbagi menjadi diklat forum untuk teori dan diklat lapangan sebagai aplikasinya.
2.  Pendidikan dan pengembangan fase orientasi umum, setelah lulus Diklatsar dan diterima sebagai anggota muda IMPALA UNIBRAW, diadakan pengenalan pengenalan lanjutan meliputi lingkungan hidup, materi keorganisasian dan olahraga alam bebas.
3.  Pendidikan dan pengembangan fase spesialisasi, setelah melampaui fase orientasi umum, anggota muda dapat memilih bidang olahraga yang diminati atau sosial ilmiah untuk mendapatkan materi-materi pendalaman. Untuk materi keorganisasian adalah materi wajib yang harus dipelajari.
4.  Fase pengembangan bagi anggota secara keseluruhan melalui kegiatan-kegiatan IMPALA UNIBRAW.

YES UB

Young Entrepreneur Society University of Brawijaya"
Young Entrepreneur Society University of Brawijaya (YES UB) adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang kewirausahaan / entrepreneurship. YES UB merupakan organisasi pelopor bidang UKM pertama di Indonesia pada tingkat perguruan tinggi yang khusus menekuni bidang kewirausahaan. YES UB berdiri sejak tahun 2007 dan secara resmi melalui SK Rektor Universitas Brawijaya No. 028/SK/2010 pada tanggal 3 Februari 2010

Organisasi Lain

LSO Riset dan Teknologi (Ristek) EM UB

1. Sekilas LSO Riset dan Teknologi EM UB
Ristek dipimpin oleh seorang Direktur. Direktur tidak berdiri sendiri, didukung penuh pengurus harian LSO RISTEK yang mengalami sedikit modifikasi dengan format baru struktur organisasi guna optimalisasi kinerja. Berbeda dengan struktur organisasi periode sebelumnya, jika sebelumnya di setiap divisi hanya terdiri dari Kadiv, Sekdiv dan staf, maka untuk periode ini di setiap divisi dibentuk Badan Penasehat Harian (BPH), hal ini bertujuan agar kegiatan dalam setiap divisi lebih fokus dan efektif. Divisi Human Resources Development tetap sebagai pengawal dan pembina kader. Pada Community Development, sub divisi dalam divisi Public Relation, juga ditambahkan sekretaris dan anggota yang membantu kerja dari kabid. Divisi Researchtetap berperan dalam pengembangan riset/penelitian dan penulisan dan divisiTechnology berperan dalam pengembangan teknologi. Sedikit modifikasi juga terjadi pada bendahara (treasury), untuk kepengurusan periode ini bendahara memiliki dua spesifikasi kerja yang berbeda yang dipisahkan. Pertama, sebagai pengontrol kas organisasi, Kedua sebagai inisiator entrepeneur. Konsekuensinya diperlukan dua orang untuk menangani masing-masing spesifikasi kerja. Kemudian, Director, Secretary dan Administration akan berkolaborasi dan terus berkoordinasi baik untuk internal maupun eksternal organisasi.
2. Visi
“Mengembangkan Pemikiran Mahasiswa Universitas Brawijaya yang Kritis, Inovatif dan Solutif Melalui Ristek dan Teknologi Universitas Brawijaya”
3. Misi
Meningkatkan peran Riset dan Teknologi dalam kegiatan mahasiswa Mendorong mahasiswa untuk berinovasi di bidang Riset dan Teknologi Membuat dan mengadakan kerjasama dengan lembaga keilmiahan yang lain Mencetak Kader yang Kompeten dalam Bidang Riset dan Teknologi Melakukan Kegiatan Riset dan Pengembangan Teknologi yang Bermanfaat bagi Mahasiswa dan Masyarakat

Sekilas UPPTI - UB
Unit Pengkajian dan Penerapan Teknologi Informasi - Universitas Brawijaya atau disingkat UPPTI - UB , merupakan sebuah unit khusus, yang selanjutnya di berikan kepercayaan untuk dapat mandiri berdiri sendiri untuk membiayai operasional kegiatannya.UPPTI-UB bergerak dalam riset, pengembangan dan penerapan Teknologi Informasi.
Dibentuk secara khusus oleh Universitas Brawijaya melalui "SK Rektor No 009/SK/2001" pada tanggal 6 Februari 2001 sebagai bentuk keseriusan Universitas Brawijaya dalam pengembangan teknologi informasi.

Meskipun baru dibentuk secara resmi pada tahun 2001, UPPTI-UB telah melakukan riset dan pengembangan dibidang TI sejak tahun 1997. Dan sejak tahun 1998, staf-staf UPPTI telah dipercaya sebagai rekanan Pusat Komputer Universitas Brawijaya yang khusus dibidang TI. Saat ini, UPPTI-UB telah memiliki Sumber Daya Manusia yang qualified dibidangnya dan memiliki pengalaman dalam pengembangan Teknologi Informasi selama 6 tahun terakhir.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Brawijaya
www.ub.ac.id/

Related Post :

No comments:

Finance Tip of the Day

Online shop