16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 9



BAHASA INGGRIS XII RPP 9
UNIT 3                  POLITICS                                                                                                              (halaman 44 s.d 63)
 
 


RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 9


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
6 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Memahami makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan  menyatakan berbagai sikap
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan mampu menjawab pertanyaan terkait teks
Mampu menjawab pertanyaan terkait report sidang parlemen Inggris
Mampu menjawab pertanyaan dari teks monolog pidato para pemimpin dunia
Mampu menjawab pertanyaan terkait dialog lisan yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement
Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang teks explanation
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tulis rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, dan daftar pertanyaan tentang parlemen Inggris
Teks report lisan tentang sidang parlemen Inggris dan daftar pertanyaan terkait
Teks monolog para pemimpin dunia, daftar pertanyaan
Dialog lisan yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement, daftar pertanyaan terkait
Penjelasan dan contoh teks explanation


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang perpolitikan di Indonesia
Siswa berdiskusi tentang capres dan cawapres Indonesia pada pemilu 2009
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa mendengarkan teks report lisan tentang sidang parlemen Inggris dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan monolog pidato para pemimpin dunia dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan dialog lisan yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan pembacaan teks explanation dan menjawab pertanyaan terkait
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa mempraktekkan dialog yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement
Menyimpulkan materi pelajaran

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 45, 46, 47, 49, 57, 59
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Pertanyaan lisan tentang materi teks explanation yang baru diperdengarkan
Pertanyaan tentang ungkapan agreement dan disagreement
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah, Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan  menyatakan berbagai sikap, Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan, Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Pertanyaan lisan tentang materi teks explanation yang baru diperdengarkan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Pertanyaan tentang ungkapan agreement dan disagreement
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: